5 Tips untuk Menyeimbangkan Freelance dengan Bekerja Full Time

ulinulin.com – Kamu seorang pekerja lepas sekaligus bekerja secara penuh waktu? Pasti sering terpikir bagaimana cara menyeimbangkan antara bekerja full time dengan freelance.

Beberapa orang merasa tidak cukup jika hanya mengandalkan satu pekerjaan saja untuk memenuhi keuangan sehari-hari. Dengan begitu, jangan heran jika ada orang yang bekerja full time sambil menjadi seorang freelancer.

Namun, permasalahan yang sering dihadapi oleh orang-orang seperti itu adalah bagaimana cara menyeimbangkannya dengan baik.

Terkadang, mereka merasa waktunya bertabrakan dan mengakibatkan pekerjaan freelance dan full time jadi berantakan.

Lantas bagaimana tips supaya dapat menyeimbangkan kedua hal tersebut? Tenang saja, berikut Glints akan merangkumnya untukmu.

1. Beri tahu atasan mengenai pekerjaan freelance

© Freepik.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan memberi tahu atasan mengenai pekerjaan freelance.

Dilansir dari The Muse, beri tahu mereka dengan jujur terkait kegiatan di luar perusahaan yang kamu lakukan seperti freelance.

Dengan begitu, perusahaan akan mengerti mengenai keadaanmu. Jangan lupa untuk yakinkan atasan bahwa kamu memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan pekerjaan full time dan tidak akan pernah meninggalkannya.

Terlepas dari itu semua, ada beberapa perusahaan yang melarang dengan tegas karyawannya memiliki pekerjaan lain.

Oleh karena itu, sebelum ambil pekerjaan lepas, perhatikan dulu peraturan perusahaanmu, ya!

2. Buat jadwal yang spesifik

© Freepik.com

Penting untuk membuat jadwal yang spesifik jika kamu seorang freelancer sekaligus bekerja secara full time.

Dilansir dari CNBC, buat jadwal yang spesifik saat kamu hendak melakukan pekerjaan lepas dan penuh waktu.

Sebagai contoh, kamu bekerja full time dari pagi sampai sore. Maka, mau tidak mau di malam harinya kamu harus berusaha untuk menyelesaikan proyek freelance yang belum diselesaikan pada hari itu.

Jika tidak, kamu dapat mengerjakan setengah pekerjaan freelance di pagi harinya sebelum melaksanakan pekerjaan full time.

Intinya, tetap buat jadwal yang spesifik supaya freelance dan full time dapat berjalan dengan baik.

3. Utamakan full time

© Freepik.com

Apapun yang terjadi, kamu harus mengutamakan full time karena itu merupakan masalah rasa komitmenmu terhadap perusahaan.

Jangan sampai freelance malah mengganggu pekerjaan full time-mu sehingga membuatmu terkena teguran dari atasan dan mengakibatkan kamu dikenai pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain soal kontrak yang telah disetujui di awal, pekerjaan full time juga merupakan salah satu sumber keuangan yang sudah pasti sehingga sebaiknya diprioritaskan.

4. Ketahui batasmu

© Freepik.com

Jangan ragu untuk menolak salah satu proyek jika kamu sudah tidak kuat lagi. Godaan terbesar dari seorang freelancer adalah mengiyakan segala proyek yang datang kepadanya.

Oleh karena itu, ketahui batasmu dengan baik. Ingat, utamakan pekerjaan full time terlebih dahulu. Jika merasa masih kuat menjalankan proyek freelancer, baru ambil dengan senang hati.

5. Cintai apa yang kamu kerjakan

© Freepik.com

Hal penting yang harus ditanamkan sejak awal adalah cintai apa yang kamu kerjakan, baik itu freelance maupun full time.

Saat mencintai sesuatu kamu tidak akan merasakan beban saat kamu mengerjakannya. Dilansir dari Skill Crush, kamu cenderung bersemangat ketika mencintai sesuatu pekerjaan.

Penting untuk memilih pekerjaan freelance yang memang kamu cintai. Sebagai contoh, jika suka menulis kamu bisa menjadi seorang freelance writer.

Itu dia 5 tips supaya kamu dapat menyeimbangkan antara freelance dengan bekerja full time. Menjalankan keduanya memang tidak mudah. Namun dengan semangat yang tinggi kamu dapat melakukannya dengan baik.

Jika tertarik untuk berbagi perihal freelance dan full time yang sedang kamu geluti saat ini, kamu bisa lho gabung ke Glints Komunitas sekarang juga.

Glints Komunitas merupakan wadah di mana kamu dapat berdiskusi secara langsung dengan pengguna perihal dunia kerja.

Selain mendapatkan wawasan baru, tentunya kamu juga akan mendapatkan saran-saran yang hebat dari berbagai orang di dalam Glints Komunitas mengenai cara menyeimbangkan kedua hal tersebut.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu sekarang juga!

Sumber

    7 Steps for Taking on Freelance Projects Without Pissing Off Your Boss

    3 tips for balancing a side hustle with a full-time job

    How to Freelance With a Full-time Job

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”