6 Cara Menjaga Sistem Imun Anak, Penting Perhatikan Asupan Nutrisinya

ulinulin.com – Di dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, terdapat masa-masa emas yang akan menentukan kondisinya di masa mendatang, Bunda. Masa ini disebut dengan 1.000 hari pertama kehidupan.

1.0000 hari pertama kehidupan merupakan hari yang penting pada anak karena terjadi percepatan sel-sel tubuh yang akan menentukan status gizinya. Tak hanya itu, hari-hari ini juga akan menjadi masa pertumbuhan sel-sel otak yang menentukan tingkat kognisi, perilaku, serta tingkat kecerdasan anak.

Menurut Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Alergi Imunologi, dr. Molly Dumakuri Oktarina, Sp. A(K), pada 1.000 hari pertama kelahiran, sel-sel imun juga akan terbentuk.

“Juga terjadi perkembangan sel-sel imun atau daya tahan tubuh yang menentukan apa anak akan tahan terhadap patogen atau lemah (di kemudian hari),” tuturnya dalam Webinar Bicara Gizi Danone: Optimalisasikan Perkembangan Kognitif Anak dengan Daya Tahan Tubuh yang Kuat dan Stimulasi yang Tepat, Rabu (26/10/2022).

Lebih lanjut, Molly juga mengatakan sistem imun memiliki fungsi yang serupa dengan pertahanan suatu negara atau daerah, Bunda. Karena itu, sistem imun sangat penting dimiliki bagi tubuh.

“Sistem imun tidak begitu berbeda fungsinya dengan sistem keamanan sistem pertahanan suatu daerah atau negara. Anggap negara adalah tubuh kita, maka pertahanan dilakukan oleh sistem imun tubuh,” jelasnya.

“Fungsi utama sistem imun untuk melindungi tubuh itu sendiri baik patogen atau tubuh itu sendiri seperti sel-sel kanker,” sambung Molly.

Cara menjaga sistem imun anak

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk bantu menjaga sistem imun tubuh Si Kecil. Berikut ini deretannya:

1. Pada masa kehamilan

Molly mengatakan, Bunda bisa menjaga sistem imun Si Kecil sejak mereka masih berada dalam kandungan. Hal yang paling penting adalah selalu melakukan kontrol kehamilan baik ke bidan atau dokter.

“Diminta untuk melakukan kontrol kehamilan secara teratur baik di bidan atau dokter,” tuturnya.

Tak hanya itu, Bunda juga bisa menjaga imun Si Kecil dengan mencegah berbagai macam infeksi selama kehamilan, menjaga nutrisi lengkap dan seimbang, serta menghindari stres. Bekerja sama juga dengan suami untuk menghindari alkohol dan asap rokok.

2. Masa melahirkan

Saat melahirkan Si Kecil, Molly menyarankan untuk melakukan persalinan secara normal atau pervaginam, Bunda. Hal ini dianjurkan bagi Bunda yang tidak memiliki kontra indikasi medis.

“Apabila tidak terdapat kontra indikasi medis untuk melahirkan secara normal, maka lakukanlah secara normal atau pervaginam. Hindari kelahiran caesar jika hanya untuk mendapatkan tanggal cantik,” ungkap Molly.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya ya, Bunda!

    18 Obat Demam Anak Pengganti Paracetamol, Bahan Alami hingga Saran Pembaca HaiBunda

    Menkes Rilis Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak, Ini Makanan yang Harus Dihindari

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”