6 Cara Mudah Membedakan Bedak Kelly yang Asli dan Palsu

ulinulin.com – Bagi kaum wanita tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk kecantikan Kelly. Produk yang populer pada tahun 1990-an ini hingga sekarang masih memiliki banyak peminatnya. Bahkan, tidak sedikit anak milenial menggunakan kosmetik legendaris ini.

Produk kecantikan Kelly terbilang sukses di pasar Tanah Air. Meskipun pernah heboh karena isu mengandung bahan merkuri, namun akhirnya, produk Kelly terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia sehingga aman digunakan untuk kosmetik.

Meski demikian, ada saja oknum nakal yang membuat bedak Kelly palsu. Tentu ini sangat merugikan perusahaan dan konsumen. Memakai produk palsu tidak hanya kerugian materil yang didapat, akan tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan pemakainya.

Lalu, bagaimana cara membedakan bedak Kelly asli dan palsu? Yuk, simak infonya berikut ini. Baca sampai bawah ya!

Kandungan Bedak Kelly

Kelly Pearl Cream merupakan salah satu bedak kecantikan andalan PT Kelly International Cosmetic. Bedak satu ini mengandung bahan-bahan yang aman digunakan. Selain berfungsi sebagai bedak, produk ini bisa juga diaplikasikan untuk foundation. Bedak serba guna Kelly Pearl Cream memang banyak digandrungi karena bentuknya sederhana dan mungil, sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Dari dulu kemasan Kelly terbilang konsisten dengan bentuk bulat dan warna merah cerah. Bedak ini juga memiliki varian lainnya, yaitu ada Kelly Beauty Powder. Produk yang satu ini lebih mirip bedak padat pada umumnya. Warnanya kuning langsat dan lembut saat digunakan.

Untuk kandungannya, bedak Kelly mengandung mineral oil, beeswax, vitamin E, lanolin, titanium dioksida. Kemudian, white petroleum jelly, talc, squalane, tocopheryl acetate, benzophenone-3, pewangi, dan propylparaben. Semua bahan tersebut aman digunakan pada kulit wajah. Pemakaian yang rutin dapat membuat kulit tampak lebih bersih bersinar.

Cara Membedakan Bedak Kelly Asli dan Palsu

Adanya produk bedak Kelly palsu tentunya meresahkan. Makanya banyak konsumen yang lebih berhati-hati bahkan enggan membeli produk satu ini. Tapi jangan khawatir, agar kamu tidak salah membeli, berikut cara mudah membedakan bedak Kelly asli atau palsu.

1. Bedakan dari Warna Bedak

* sumber: shopee.co.id

Warna dari bedak dapat membantu membedakan produk asli atau palsu. Bedak Kelly yang asli memiliki warna cenderung kuning langsat, sementara bedak Kelly palsu warnanya lebih terlihat kuning, seperti kunyit. Selain itu, baunya agak menyengat karena terdapat bahan kimia berbahaya.

Bedak palsu yang mengandung merkuri memiliki warna abu-abu. Jadi, sebelum membeli, alangkah baiknya cek terlebih dahulu warna dari bedak. Jika warnanya mencurigakan sebaiknya tidak membeli produk tersebut karena bisa dipastikan bahwa itu merupakan produk bedak Kelly yang palsu.

2. Cek Sertifikat BPOM

* sumber: khairunnisanisa-blog.blogspot.com

Produk kosmetik sebelum diedarkan ke pasaran sudah melakukan pengujian terlebih dahulu. Pengujian ini dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika suatu produk sudah terdapat tanda BPOM, bisa dipastikan aman digunakan dan terjamin keasliannya.

Semua produk Kelly sudah terdaftar resmi di BPOM, dengan nomor registrasi yang tertera di bagian belakang kemasan bedak. Sedangkan bedak palsu tidak memiliki tanda BPOM, karena itu bagian belakang kemasan cenderung polos dengan tulisan tinta hitam yang mudah luntur.

3. Coba Aplikasikan pada Kulit Tangan

* sumber: www.cosmopolitan.co.id

Untuk membedakan bedak Kelly asli atau palsu. Kamu bisa memakai cara oleskan di tangan. Lalu, usap pada bagian tangan dan diamkan selama beberapa menit. Jika bagian yang diusap terasa gatal atau panas, produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

Namun, apabila pada tangan tidak terasa apa-apa, produk tersebut kemungkinan besar asli dan aman untuk digunakan. Pasalnya, bedak Kelly yang asli sudah pasti tidak menimbulkan rasa gatal maupun panas. Malah saat diaplikasikan di tangan, bedak terasa lebih lembut dan halus.

4. Lihat Tanggal Kedaluwarsa

* sumber: shopee.co.id

Sebelum membeli bedak Kelly, kamu sebaiknya mengecek tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu. Tanggal expired ini bisa kamu temukan pada bagian belakang kemasan. Rata-rata produk kecantikan mampu bertahan maksimal 2 tahun, begitu pula dengan bedak Kelly yang memiliki batas kedaluwarsa selama 2 tahun sejak masa pemasaran pertama.

Biasanya pada produk bedak Kelly palsu tertulis bisa bertahan selama 3 tahun. Tentunya ini hal yang tidak wajar karena melebihi batas waktu expired rata-rata kosmetik. Jika kamu menemukan produk tersebut, lebih baik jangan membelinya.

5. Perhatikan Tekstur

* sumber: id.pinterest.com

Tekstur dapat membantu membedakan produk asli atau palsu. Bedak Kelly yang asli memiliki tekstur lembut dan agak lengket. Baunya tidak menyengat dan aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.