6 Daftar Artis Indonesia yang Perankan Tokoh Pahlawan Tanah Air dalam Film, Aktingnya Karismatik!

ulinulin.com – Salah satu cara terseru untuk memahami sejarah dan perjuangan para pahlawan Indonesia di masa penjajahan adalah dengan menonton film. Lewat film-film biopik tentang para pahlawan nasional, sineas perfilman Indonesia seolah dapat kembali menghidupkan sosok mereka.

Tampaknya, soal pemilihan kemiripan fisik para pemain dengan tokoh aslinya menjadi nomor dua. Sebab, yang utama adalah bagaimana aktor atau aktris tersebut mampu melakoni karakter besar dan terhormat dari seorang tokoh pahlawan bangsa.

Di bawah ini, ada sederet aktor dan aktris kondang Tanah Air yang dipercaya untuk memerankan tokoh pahlawan nasional dalam film. Seperti apa peran mereka?

1. Christine Hakim

Christine Hakim ialah seorang aktris senior Indonesia yang telah berkarier di dunia seni peran sejak tahun 1973. Pada tahun 1988, Christine Hakim didapuk untuk memerankan tokoh pemimpin gerilya Aceh, Cut Nyak Dhien pada film Tjoet Nja’ Dhien karya Eros Djarot.

Film ini menceritakan tentang seorang pahlawan perempuan asal Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Christine menggambarkan perannya itu sebagai suatu kehormatan besar dan sangat menantang. Ditambah lagi, memerankan tokoh Cut Nyak Dhien menurutnya menjadi tapak tilas leluhur, sebab Christine sendiri memiliki darah keturunan Aceh.

Peran tersebut pun lantas berhasil mengantarkan Christine meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 1989 untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

2. Ario Bayu

Soekarno (2013) merupakan film biopik yang mengisahkan kehidupan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno sejak kecil sampai menjadi sang proklamator bangsa.

Film Soekarno karya sutradara Hanung Bramantyo ini menampilkan Ario Bayu sebagai sosok Bung Karno. Aktor kelahiran 1985 itu mengaku terbebani dengan ekspektasi orang lain saat melakoni tokoh Presiden Soekarno. Pasalnya, selama ini dirinya belum pernah memerankan karakter seseorang yang benar-benar ada di kehidupan nyata.

3. Adipati Dolken

Bagi Adipati Dolken, memainkan tokoh pahlawan nasional sebagai Jenderal Soedirman dalam film biopik Jenderal Soedirman (2015) tidaklah mudah.

Beruntung, Adipati Dolken mendapat dukungan positif dari keluarga Jenderal Sudirman. Mereka dengan senang hati mau meluangkan waktu untuk memperkenalkan karakter sang Jenderal kepada Adipati Dolken.

Film ini mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman di tengah sakit kerasnya yang memimpin perang gerilya, saat melawan pemerintah Belanda yang berkhianat terhadap perjanjian Renville.

4. Reza Rahadian

Aktor watak Reza Rahadian dikenal begitu piawai dalam menjiwai berbagai karakter yang ia mainkan dalam film. Salah satunya, Reza pernah berperan sebagai tokoh nasional Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam judul Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015).

Film garapan Garin Nugroho tersebut menceritakan kisah H.O.S. Tjokroaminoto, pahlawan nasional yang merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, Sarekat Islam (SI). Beliau dikenal sebagai guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

Dalam film itu, Reza Rahadian beradu peran bersama beberapa seniman Tanah Air terbaik, seperti Christine Hakim, alm. Didi Petet, Alex Komang, hingga Sujiwo Tedjo.

5. Dian Sastrowardoyo

Aktris kawakan Dian Sastrowardoyo juga pernah berkesempatan menjadi pemeran utama dalam film Kartini (2017). Hanung Bramantyo, sebagai sutradara film itu menilai, Dian Sastro sangat pas memerankan sosok Kartini bukan hanya karena dia cantik, tetapi juga pintar, berbakat, dan peduli terhadap isu-isu perempuan.

Film Kartini menampilkan tokoh pahlawan emansipasi perempuan, Raden Ajeng Kartini saat masih kecil dan remaja yang berada dalam kungkungan tradisi keluarga bangsawan. Bersama dua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), Kartini berupaya memperjuangkan kesetaraan hak pendidikan bagi semua orang.

6. Lukman Sardi

Dari puluhan judul film layar lebar yang dibintanginya, Lukman Sardi diketahui telah beberapa kali terjun di dalam film bertema kepahlawanan.

Pada 2010, Lukman Sardi berperan sebagai tokoh pendiri organisasi Islam Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah. Lewat film karya Hanung Bramantyo tersebut, Lukman Sardi tampil secara total dengan kumis dan jenggot putih serta mengenakan sorban layaknya K.H. Ahmad Dahlan. Akting Luman Sardi dinilai cukup sukses, meski diawal dirinya merasa terbebani dengan peran tersebut.

Tak hanya itu, Lukman Sardi juga pernah menjadi Mohammad Hatta dalam film Soekarno (2013) bersama Ario Bayu, yang berperan sebagai Soekarno.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website beautynesia.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”