6 Tips Agar Makeup Tidak Mudah Luntur Saat Rayakan Lebaran

ulinulin.com – Menyambut datangnya hari lebaran pasti membuat banyak orang merasa excited. Apalagi bagi para wanita, pasalnya hari lebaran juga bisa dijadikan ajang untuk memperlihatkan penampilan. Momen lebaran biasanya dijadikan ajang untuk menunjukkan penampilan baru yang spesial. Seperti memakai makeup di hari lebaran untuk pertama kali atau menunjukkan keahlian makeup-mu.

Meski sudah berhasil menunjukkan gaya makeup yang membuatmu terlihat cantik, ada satu hal yang selalu mengganggu, yaitu ketika makeup luntur. Saat berlebaran biasanya kita akan sering bergerak untuk bersilaturahmi dengan orang-orang. Karena terlalu banyak bergerak inilah bisanya membuat makeup jadi mudah luntur dan penampilanmu tampak gagal total.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat makeup bisa tahan lama dan anti luntur saat lebaran? Simak pembahasan berikut!

1. Kompres Wajah Dengan Es Batu

Metode satu ini mungkin jarang didengar oleh para wanita, apalagi untuk para beginner makeup. Pasalnya mengompres wajah dengan es memang tidak sering di lakukan karena terasa agak ribet. Apalagi jika dilakukan setiap pagi. Tapi demi momen khusus seperti lebaran, mengompres kulit wajah dengan es akan menghasilkan makeup yang tahan lama. Pengorbananmu pun akan terbayarkan.

Lalu apa manfaat mengompres kulit wajah memakai es? Jawabannya adalah untuk membuat pori-pori wajah menjadi tampak lebih kecil. Pasalnya jika pori-pori wajah mengecil maka kulit akan mengurangi produksi minyak dan keringat berlebih. Apalagi di cuaca yang panas, kamu pasti akan semakin lebih mudah untuk berkeringat.

Caranya untuk mengompres kulit dengan es pun sangat mudah, sama seperti sedang mengompres orang yang demam. Cukup simpan beberapa balok es kecil ke handuk bersih, lalu diamkan sejenak handung es di kulit. Pastikan juga setiap bagian wajah terkompres dengan baik, agar hasilnya jadi lebih maksimal.

2. Gunakan Moisturizer

Siapa yang bilang kalau moisturizer hanya sekedar skincare untuk membuat kulit lebih lembab? Hal ini tidak salah tapi tidak benar juga. Pasalnya moisturizer ternyata dapat membantu untuk membuat makeup jadi tahan lama. Hal ini juga sering diingatkan oleh banyak makeup artist, bahwa moisturizer penting digunakan untuk menjaga makeup agar tetap tahan lama.

Moisturizer juga akan membuat kulit kering menjadi lebih lembab, sehingga riasan dapat menempel lebih sempurna. Moisturizer akan menjaga tekstur kulit, sehingga makeup bisa menutupi daerah yang tidak sempurna dengan baik. Selain itu kamu juga harus memperhatikan moisturizer yang akan digunakan.

Jika tidak ingin makeup mudah luntur, pastikan kamu memilih moisturizer yang tidak mengandung minyak. Hasilnya kamu bisa tampil cantik karena makeup yang kamu gunakan bertahan lama. Selain itu kamu juga tidak perlu cemas lagi keringat akan membuat makeup menjadi luntur dan merubah wajah menjadi sangat berminyak.

3. Pakai Makeup Primer

Produk yang banyak sekali dianggap kurang penting dan terlupakan oleh banyak wanita adalah primer. Alasannya karena banyak yang tidak tahu kapan harus menggunakan produk tersebut. Padahal primer sangat penting jika kamu ingin makeup bisa bertahan seharian tanpa luntur. Memakai primer akan membuat kulitmu jadi lebih halus dan menyamarkan pori-pori yang besar.

Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk menggunakan primer? Jawabannya adalah setelah memakai pelembab atau moisturizer. Kenapa? Karena primer akan menjadi pembatas antara kulit dan makeup. Tanpa primer, ada kesempatan partikel makeup masuk ke pori-pori dan mengakibatkan penyumbatan. Lalu terjadilah jerawat dan komedo di wajah.

Memakai primer itu penting jika kamu ingin memiliki tampilan makeup yang terlihat sempurna. Jadi pastikan untuk membeli dan jangan sampai skip memakai primer saat lebaran nanti. Kalau tidak, bisa-bisa makeup-mu jadi luntur.

4. Kunci dengan Bedak Tabur

Sudah memakai moisturizer dan primer, kamu bisa langsung memakai foundation dan concealer di wajah. Tapi pernahkah kamu merasa setelah memakai concealer dan foundation terkadang wajah terasa agak oily atau mengkilap? Untuk mengurangi kesan mengkilap tersebut, kamu bisa mengunci makeup dengan penggunaan bedak tabur.

Mengapa demikian, karena minyak yang menempel di wajah akan membuat makeup mudah luntur. Maka dari itu kamu harus memakai bedak tabur untuk menyerap minyak. manfaat bedak tabur bukan hanya untuk mengunci makeup di wajah saja lho, masih ada manfaat lainnya. Pernah mengalami eyeliner yang mudah hilang padahal eyeliner itu waterproof? kamu bisa mengatasi hal ini juga dengan bantuan bedak tabur.

Cukup oleskan bedak tabur ke kelopak mata, biarkan sebentar lalu bersihkan bedak di mata. Setelah itu kamu bisa langsung memakai eyeliner. Dijamin eyeliner akan bertahan seharian tanpa luntur. Jadi kamu bisa bebas beraktivitas tanpa memperdulikan makeup yang luntur. Kamu bisa tampil cantik dan fresh seharian karena makeup yang kamu pakai bisa bertahan seharian tanpa sering-sering touch up.

5. Gunakan Produk Waterproof

Tentu jika ingin makeup yang tahan lama, kamu pasti memerlukan makeup yang berlabel waterproof. Apalagi kini sudah banyak sekali produsen kosmetik dan skincare yang memiliki produk dengan kemampuan tahan air. Meski memang memakai produk waterproof membuat kita harus repot-repot membersihkannya. Pasalnya jika tidak dibersihkan dengan benar akibatnya akan membuat kulit iritasi hingga berjerawat.