6 Tips Mewujudkan Komunikasi Efektif Bersama Tim Kerja

ulinulin.com – – Pekerjaan yang dikerjakan sebuah tim akan memberikan hasil yang maksimal ketika terjalin komunikasi secara efektif. Masing-masing anggota tim bisa saling bertukar saran, berdiskusi, dan memahami apa yang dibutuhkan oleh tim.

Sayangnya, menjaga komunikasi efektif bukanlah hal yang mudah dilakukan, tapi bukan berarti tidak mungkin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips mewujudkan komunikasi bersama tim kerja secara efektif.

Misalnya, berdiskusi atau ngobrol santai di jam istirahat dengan topik bahasan yang lebih umum. Selain itu, bersikaplah ramah selama proses pendekatan dilakukan agar tercipta rasa nyaman dengan rekan kerja.

Cara tersebut akan sangat membantu mengembangkan hubungan yang baik antara anggota tim. Selanjutnya memfasilitasi komunikasi efektif selama bekerja bersama akan menjadi hal yang cukup mudah dilakukan. Seperti dilansir simak 6 tips mewujudkan komunikasi efektif bersama tim kerja berikut ini:

1. Perlihatkan Dukungan

Ketika anggota tim tengah menyampaikan ide maupun saran mereka, penting untuk memberikan perhatian dan mempertimbangkan apa yang dijabarkan. Jika ide yang disampaikan cukup menarik dan ada kemungkinan berjalan, mulailah untuk mendiskusikannya dengan anggota tim lainnya.

Namun, jika ide atau saran tersebut sangat sulit diterapkan, maka jelaskan apa alasan penolakannya. Penting untuk memberikan kesempatan anggota tim untuk mengemukakan ide atau sarannya dan jangan mengabaikannya.

Hal ini bisa jadi dorongan bagi anggota tim lainnya agar mau menyampaikan ide yang dimiliki. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan produktivitas, bahkan mendorong komunikasi yang efektif dalam sebuah tim.

2. Ajak Bertemu Secara Individu

Tak hanya berkomunikasi saja, terhubung dengan anggota tim secara individu juga termasuk hal yang cukup penting. Ini bisa dilakukan dengan mengatur jadwal pertemuan dengan masing-masing anggota tim.

Kegiatan seperti ini cukup bermanfaat, sekaligus bisa menjelaskan bahwa kamu seseorang yang sangat terbuka untuk didekati kapan saja saat tim membutuhkan. Langkah tersebut juga bermanfaat untuk mendorong mereka menjadi lebih mudah percaya diri ketika berinteraksi dengan sesama anggota tim.

3. Berikan Umpan Balik

Dalam menjaga hubungan baik dengan seluruh anggota tim, penting untuk dapat memberikan feedback dalam komunikasi. Umpan balik ini penting, agar anggota tim mampu berjalan sesuai arah dan tujuan, serta memahami kinerjanya.

Jangan diam ketika anggota tim memiliki kinerja yang optimal, beri tahu mereka dan berikan dorongan semangat. Di sisi lain, ketika performa mereka menurun, jangan buru-buru menghakimi tetapi berikan saran yang tepat agar mereka bisa meningkatkan kinerjanya.

4. Jadilah Seorang Pendengar yang Baik

Jika kamu tak mau mendengarkan, maka jangan harap bisa memahami bagaimana perspektif orang lain. Selain memlerhatikan hal yang disampaikan, perhatikan pula ekspresi dan bahasa tubuh dari lawan bicara.

Hal tersebut sangatlah penting dalam komunikasi internal, sebab keduanya bisa saja lebih jujur daripada kata-kata yang diucapkan.

5 . Selipkan Humor Ringan

Dalam komunikasi internal, humor bisa jadi daya tarik yang bisa membuat suasana lebih cair. Humor yang dilontarkan bahkan mampu menghilangkan hambatan dalam berkomunikasi, dan menghilangkan jarak antara rekan kerja.

Tetapi sebaiknya pilih jenis humornyang ringan, tanpa perlu menyinggung masalah apapun. Pastikan untuk memahami situasi dan karakter masing-masing anggota tim agar humor yang dilontarkan bisa diterima. Sehingga membuat suasana kerja tim menjadi lebih membaur bersama dan tidak kaku, dengan begitu kerja sama yang dilakukan bisa lebih efektif.

6. Paham Bagaimana Menerima dan Mengelola Kritik

Mendapatkan kritikan bisa jadi hal yang cukup sulit dihadapi, terlebih ketika kamu sudah mencurahkan semuanya untuk suatu pekerjaan.

Hal mendasar yang perlu diingat, bahwa kritikan bukan mengarah pada persoalan pribadi. Melalui kritik seseorang akan bertumbuh menjadi lebih baik, sebab kritikan yang diterimanya bisa membantu mengkoreksi kesalahannya.

Tak satupun orang sukses dunia yang tak pernah berbuat kesalahan, mereka berkembang karena mampu mengelola kritikan yang diterimanya. Fokuslah pada kritikan yang membangun, abaikan saja komentar nyinyir yang tak berfaedah.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”