7 Macam Bentuk Bibir dan Cara Meriasnya Agar Semakin Menarik

ulinulin.com – Bentuk bibir setiap orang berbeda-beda. Ada yang bibir atas dan bawah terlihat tebal bervolume seperti Kylie Jenner, ada juga yang memiliki bibir atas dan bawah dengan ukuran kecil seperti Kirsten Dunst. Hal ini membuktikan bahwa Tuhan memang menciptakan setiap orang berbeda-beda. Semirip-miripnya satu orang dengan yang lainnya, pasti ada satu hal yang membedakan keduanya.

Beda bentuk bibir ternyata beda juga cara meriasnya, lho. Kamini akan mengajakmu untuk mengenal bentuk-bentuk bibir dan tips untuk meriasnya agar terlihat menarik. Temukan bentuk bibirmu dan panduan meriasnya di sini, yuk!

1. Bibir Atas Lebih Tebal (Top Heavy Lips)

* sumber: www.womensok.com

Coba perhatikan bentuk bibirmu, apakah bibirmu termasuk jenis bibir yang lebih tebal di bagian atasnya? Bentuk bibir yang satu ini dimiliki oleh sebagian besar wanita India. Namun, di Indonesia juga ada yang memiliki bentuk bibir ini.

Berikut ini adalah tips merias bibir bagi kamu yang memiliki bentuk bibir atas yang lebih tebal dari yang bagian bawah:

    Usapkan lip balm atau base terlebih dahulu pada seluruh permukaan bibir.

    Oleskan lipstik berwarna cerah di bagian bawah bibir dan untuk bagian atas gunakan lipstik dengan warna yang lebih gelap. Trik ini berguna untuk memberikan ilusi tampilan bibir atas yang lebih kecil.

    Jika ingin menggunakan warna lipstik yang sama di bagian bawah dan atas bibir, tambahkan lip liner atau eyeshadow berwarna putih di bagian bibir bawah saja.

    Tips lainnya adalah menggambar garis bibir (ikuti sesuai bentuknya saja) dengan lip liner, lalu lanjutkan dengan memakai lipstik di bagian yang tidak digambar dengan lip liner.

    Selalu gunakan lipstik dengan warna yang gelap karena bisa memberikan efek bibir atas yang terlihat lebih kecil.

2. Bibir Bawah Lebih Tebal (Bottom Heavy Lips)

* sumber: www.stylecraze.com

Sering merasa kurang percaya diri akibat bibir bawah yang terlalu tebal? Bentuk bibir ini memang sering dinilai “memble” bagi sebagian orang. Padahal, jika dirias dengan baik, bibir bawah yang lebih tebal juga bisa terlihat seksi, lho.

Buat kamu yang ingin membuat bibir bawah yang tebal terlihat lebih proporsional dengan bibir atasnya, ikuti tips meriasnya berikut ini:

    Pakai lipstik dengan warna yang sama di bibir atas dan bawah.

    Tambahkan lip liner putih atau eyeshadow berwarna nude di bagian tengah bibir atas untuk memberikan efek proporsional antara bibir atas dan bawah.

3. Bibir Atas dan Bawah Tidak Rata (Uneven Lips)

* sumber: advisemystyle.com

Bagaimana bisa kita mengetahui bahwa bentuk bibir ternyata tidak rata? Kamu bisa mengaca dan memperhatikan bagian bibir. Bibir atas dan bawah yang tidak rata akan terlihat sangat jelas. Bukan hanya ketebalannya saja, sudut-sudut bibir juga jadi terlihat tidak simetris.

Tak perlu berkecil hati jika kamu memiliki bentuk bibir yang tidak rata, coba trik merias bibir berikut ini untuk membuat bibir tetap terlihat cantik:

    Gunakan lip pencil untuk meratakan sudut-sudut bibir yang kurang simetris. Jangan ragu untuk membuat garis di tepi-tepi bibir agar hasilnya proporsional.

    Lanjutkan dengan mengusapkan lip liner di bagian sisi bibir untuk memperhalus tampilan bentuk bibir yang tadi sudah dilukis dengan lip pencil.

    Pilih lipstik yang senada dengan warna lip liner yang dipakai. Pasalnya, jika perbedaan warnanya terlalu mencolok justru bibirmu yang tidak rata bakal terlihat semakin jelas.

4. Bibir Datar (Flat Lips)

* sumber: www.beautycrew.com.au

Ciri bibir datar adalah bibir yang terlihat tidak memiliki lekukan yang jelas. Bibir akan nampak tidak memiliki dimensi atau kedalaman dan tidak ada garis yang menonjol. Penggunaan lipstik yang berwarna gelap justru akan membuat bibir semakin terlihat kecil.

Solusi untuk merias bibir datar adalah dengan tips-tips berikut:

    Gunakan lip pencil untuk mempertegas bentuk bibir. Sama dengan ketika merias bibir yang tidak rata, kali ini kamu harus berani menggambar bentuk bibir yang lebih sempurna ketika merias bibir datar.

    Gunakan frosty lipstick atau lipstik yang mengandung shimmer karena bisa memberikan efek bibir yang lebih bervolume.

    Jika berani, kamu pun bisa merias bibir datar secara ombre karena akan membuat tampilan bibir jadi menarik. Ketika memakai lipstik, poleskan lipstik berwarna gelap di sudut terluar bibir, lalu bagian dalam bibir dipoles dengan lipstik yang warnanya lebih cerah.

    Apabila tidak ingin merias bibir secara ombre, pakai saja lipstik dengan warna yang sama di seluruh permukaan bibir, tetapi tambahkan sedikit lip gloss atau shimmer di bagian tengah bibir atas dan bawah untuk memberi efek bibir bervolume.

5. Bibir Besar (Overlarge Lips)

Punya bibir dengan ukuran yang sangat besar sehingga mendominasi tampilan wajah? Jangan anggap ini sebagai suatu kekurangan. Kamu tetap bisa menyiasati tampilan bibirmu agar nampak tidak terlalu besar kok.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”