7 Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan, Kontrol Berat Badan hingga Jadi Sumber Energi yang Baik

ulinulin.com – Manfaat Kentang Rebus Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)

Dream – Kentang sering menjadi alternatif sumber karbohidrat ketika kita bosan dengan nasi. Selain digoreng menjadi french frise, kentang yang termasuk jenis sayuran juga bisa disantap dengan cara ditumbuh ala mashed potato.

Cara mengolah kentang untuk menjadi sajian makan juga sangat beragam. Kentang dari digoreng, dijadikan bahan sup, kue, atau dikombinasikan dengan bahan-bahan makanan lain. Dengan banyaknya penyajian, kebutuhan karbohidrat yang kamu butuhkan dipastikan takkan berkurang.

Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh juga cukup banyak meski hanya direbus saja. Dengan mengonsumsi kentang rebus sahabat Dream bisa mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Manfaat kentang rebus ini tidak terlepas dari kandungan fosfor dan tembaga yang menjadi mineral penting.

Kabar baiknya, cara mengolah kentang rebus bukan hal yang sulit dan bisa dipraktikkan Sahabat DReam dengan cepat. Untuk mendapatkan kentang juga cukup mudah karena bisa ditemukan di toko sayur, pasar tradisional hingga supermarket dengan harga terjangkau.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat kentang rebus untuk kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui briliofood.net.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

© Unsplash.com

Mengontrol Berat Badan

Manfaat kentang rebus yang pertama adalah membantu mengontrol berat badan. Tak sedikit orang yang berkeinginan untuk memiliki tubuh ideal dengan alasan menyempurnakan penampilan. Oleh karena itu, berbagai usaha dilakukan demi membentuk tubuh. Misalnya dengan cara mengatur pola makan dan menjalani olahraga secara teratur.

Salah satu makanan yang bisa membantu sahabat Dream untuk mengontrol berat badan adalah kentang rebus. Namun pastikan kalau kamu merebus kentang tanpa memberikan tambahan apapun, seperti garam, keju, dan sebagainya. Kentang dengan kandungan seratnya akan membuat kamu kenyang lebih lama dan pastinya ini menahan kamu untuk tidak ngemil.

Meningkatkan Fungsi Hati

Hati atau liver memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Di mana fungsi hati sendiri adalah untuk menghancurkan racun dalam darah dan membantu proses pencernaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan hati dengan sebaik mungkin.

Demi hati yang sehat, sahabat Dream bisa mengonsumsi kentang rebus. Di dalamnya terdapat kandungan berupa vitamin B5 yang mampu memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati. Itulah mengapa disarankan untuk mengonsumsi kentang dengan cara direbus saja agar tidak menghilangkan kandungan sehat di dalamnya.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

© Freepik.com

Melancarkan Pencernaan

Manfaat kentang rebus yang sayang jika dilewatkan adalah melancarkan pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan serat dalam kentang rebus yang mampu mencegah sahabat Dream dari gangguan pencernaan, seperti kanker usus besar dan membantu mengatur kadar gula darah serta kolesterol.

Tapi sebaiknya sahabat Dream ketahui bahwa proses merebus kentang menggunakan suhu tinggi mampu menghancurkan sebagian zat-zat beracun. Akibatnya jika kamu konsumsi dalam jumlah yang banyak bisa membuatmu sakit kepala, kram otot, lemah, dan hilang kesadaran.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital yang ketika mengalami masalah, maka akan sangat berbahaya bagi manusia. Ada berbagai macam penyakit yang menyerang jantung dan hal tersebut bisa saja merenggut nyawa seseorang. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi kentang rebus.

Kentang rebus memiliki kandungan karotenoid yang mampu menjaga fungsi jantung. Selain itu ada juga kandungan vitamin C dan B6 yang ampuh meredakan radikal bebas pada sel jantung serta sel tubuh yang lainnya.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

© Unsplash.com

Meningkatkan Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa manfaat kentang rebus bisa membantu meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak. Hal ini karena adanya kandungan berupa tembaga yang mampu membuat lisil oksidase, yakni enzim yang diperlukan agar jaringan ikat sehat serta mendukung beberapa aspek fungsi otak.

Tak hanya itu saja, kandungan vitamin B6 dalam kentang rebus sangat baik bagi kesehatan saraf. Kemudian kalium dalam kentang rebus akan membantu dalam mendorong peleburan pembuluh darah serta memastikan agar otak mendapatkan asupan darah secara cukup.

Menyembuhkan Luka

Manfaat kentang rebus yang tak kalah istimewa adalah bisa menyembuhkan luka. Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat ini. Apalagi ketika seseorang mengalami luka, maka biasanya akan diberikan obat yang umum digunakan saja. Padahal sahabat Dream juga bisa dengan mengonsumsi kentang rebus.

Kentang rebus memiliki kandungan kalium dan mangan yang mampu mendukung metabolisme dan memproduksi kolagen serta protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Nah, bagi sahabat Dream atau kenalan kamu yang sedang memiliki luka, maka cobalah untuk mengonsumsi kentang rebus secara rutin demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Menjadi Sumber Energi

Mengonsumsi kentang rebus juga bisa menjadi sumber energi. Ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang memiliki banyak aktivitas atau olahragawan. Maka mengonsumsi kentang rebus menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan energi kamu.

Kentang rebus memiliki kandungan antioksidan serta tinggi vitamin B6 yang mampu memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Kedua kandungan itulah yang menjadi bahan bakar utama dan menjadi sumber energi untuk tubuh.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”