7 Manfaat Roti Gandum untuk Tubuh, Menu Sarapan Nikmat Sebelum Beraktivitas

ulinulin.com – Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Adakah di antara Sahabat Dream yang menjadikan roti gandum sebagai menu wajib di pagi hari? Roti gandum memang cocok dijadikan sebagai sarapan sehat yang praktis. Apalagi untuk kamu yang sibuk dengan berbagai aktivitas harian dan harus berangkat pagi-pagi. Selain disantap bersama keluarga, roti gandum juga menu yang praktis sehingga cocok dijadikan bekal.

Perlu Sahabat Dream ketahui bahwa mengonsumsi roti gandum itu menyehatkan lho. Tak sedikit orang yang saat ini mengganti konsumsi nasi dengan roti gandum ini. Roti gandum sendiri memiliki kandungan yang sangat baik, seperti serat, zat besi, vitamin B, folat, potasium, dan magnesium.

Kira-kira apa saja manfaat roti gandum untuk kesehatan? Berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui merdeka.com.

Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

© Unsplash.com

Menawarkan Nutrisi yang Penting

Manfaat roti gandum yang pertama adalah menawarkan nutrisi yang penting. Hal ini karena di dalam roti gandum sendiri tersimpan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Dengan asupan nutrisi yang baik inilah, maka akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh sahabat Dream.

Beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh roti gandum misalnya saja serat, magnesium, seng, protein, antioksidan, dan berbagai vitamin B. Kesemua nutrisi inilah yang mampu menghindarkan sahabat Dream dari datangnya penyakit.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Bagi sahabat Dream yang rutin mengonsumsi roti gandum, maka hal ini mampu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Manfaat ini sesuai dengan sebuah penelitian pada tahun 2018 lalu dalam jurnal Nutrients yang menarik kesimpulan bahwa penelitian yang dilakukan secara konsisten menunjukkan asupan makanan gandum utuh yang tinggi berhubungan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Jadi, bagi sahabat Dream yang ingin terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 bisa mulai mengonsumsi roti gandum. Paling tidak bisa kamu konsumsi sebagai menu sarapan ya.

Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

© Freepik.com

Menyehatkan Pencernaan

Saluran pencernaan adalah bagi terpenting bagi tubuh. Karena di sinilah proses penyerapan makanan dan tempat keluarnya kotoran. Jika saluran pencernaan tidak lancar, maka hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga penyakit. Otomatis aktivitas sahabat Dream juga akan terhambat.

Nah, demi menjaga pencernaan tetap sehat, maka sahabat Dream perlu untuk mengonsumsi serat. Selain dari buah-buahan dan sayur-sayuran, kamu bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi roti gandum. Dengan mengonsumsi gandum, maka hal ini akan membuka jalan bagi bakteri usus yang sehat agar bisa berkembang. Selain itu, sistem kekebalan tubuh pun juga akan semakin baik.

Mengatur Berat Badan

Berat badan terkadang menjadi permasalahan tersendiri bagi sebagian besar orang. Apalagi yang berat badannya berlebihan. Tujuan seseorang melakukan diet atau penurunan berat badan tidak hanya sekadar ingin mendapatkan tubuh yang ideal saja, tetapi lebih dari itu, yakni demi kesehatan. Salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mengatur berat badan adalah dengan mengonsumsi roti gandum.

Dalam sebuah tinjauan yang mengumpulkan data dari 38 epidemiologi mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi roti gandum tidak akan menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu juga bisa bermanfaat untuk mengatur berat badan. Bagi kamu yang sedang berusaha mengurangi asupan nasi, bisa lho menggantinya dengan mengonsumsi roti gandum.

Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

© Freepik.com

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi banyak makanan berlemak atau tinggi kolesterol sangat tidak baik bagi tubuh. Terutama bagi kesehatan jantung. Hal ini mampu mendatangkan berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus selalu diperhatikan dan dikontrol. Nah, salah satu manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi roti gandum.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa biji-bijian utuh mampu mendukung kesehatan jantung. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu oleh British Medical Journal menemukan bahwa dengan mengonsumsi biji-bijian berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner secara signifikan.

Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat roti gandum berikutnya adalah bisa menurunkan risiko stroke. Dalam sebuah studi menemukan adanya keterkaitan antara mengonsumsi biji-bijian dengan kondisi jantung yang sehat serta ada juga hubungannya dengan rendahnya terkena penyakit stroke.

Selain itu, efek dari gandum sendiri bagi tubuh juga membuktikan bahwa kematian karena sebab apapun turut mengalami penurunan dengan meningkatkan konsumsi gandum yang utuh.

Menurunkan Peradangan

Manfaat roti gandum yang tak kalah istimewa adalah bisa membantu menurunkan peradangan. Roti putih adalah jenis roti yang dianggap bisa menyebabkan peradangan. Tetapi berbeda dengan roti gandum yang justru bisa menurunkan peradangan.

Melalui studi terkontrol secara acak dari Molecular Nutrition and Food Research menunjukkan tentang bagaimana makan makanan gandum memiliki efek yang menguntungkan untuk peradangan sistemik pada anak. Kemudian dalam penelitian lainnya di America Journal of Clinical Nutrition juga menghubungkan pengurangan peradangan yang mengarah pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular serta diabetes.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”