7 Skincare Lokal yang Mengandung Kojic Acid untuk Kulit Cerah

ulinulin.com – Masalah kulit merupakan hal yang ditakuti oleh banyak orang. Masalah kulit memang memerlukan perawatan yang telaten. Selain itu, banyaknya informasi juga terkadang membingungkan sehingga kamu harus sangat berhati-hati ketika menggunakan jenis perawatan tertentu. Salah satu permasalahan kulit yang sering dialami para wanita adalah noda hitam, kulit kusam atau hiperpigmentasi.

Mungkin kamu pernah mendengar salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kusam dan noda hitam. Selain alpha arbutin, salicylic acid dan niacinamide, bahan lain yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit adalah kojic acid. Pernah dengar bahan ini atau merek produknya yang terkenal? Apa sih kojic acid itu?

Apa itu Kojic Acid?

Kojic acid merupakan asam alami yang asalnya dari spesies jamur tertentu. Bahan ini sering digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi atau penggelapan kulit. Dikatakan zat ini efektif dalam menghilangkan bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, komedo serta perubahan warna kulit lainnya. Kojic acid umumnya dijual dalam bentuk sabun, krim, losion dan pelembab.

Cara kerja kojic acid adalah dengan mengurangi produksi melanin, yaitu pigmen dalam sel-sel kulit yang bertanggung jawab untuk warna kulit. Menurut penelitian zat ini mampu menembus lapisan kulit yang terdalam. Bila produksi melanin dalam kulit menurun, warna kulit bisa lebih terang sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah.

Manfaat Kojic Acid

Kojic acid dalam produk perawatan kulit dikenal sebagai bahan yang mampu mencerahkan kulit. Bahan ini dapat ditemukan dalam bermacam produk kecantikan. Misalnya saja krim wajah, serum, pembersih wajah sampai sabun mandi. Melansir laman situs Fimela, berikut ini adalah potensi manfaat dari kojic acid dalam perawatan kulit:

Mencerahkan kulit

Manfaat utama kojic acid yaitu membantu mencerahkan kulit wajah. Ini karena zat tersebut membantu dalam pencegahan pembentukan tirosin yang akan menghasilkan melanin. Bila produksi melanin menurun, maka kulit wajah pun akan menjadi terlihat lebih cerah.

Menghambat hiperpigmentasi

Manfaat lain dari kojic acid adalah membantu mencegah hiperpigmentasi pada kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama pada kulit. Kojic acid bisa membantu untuk menyamarkan noda hitam serta bintik-bintik di wajah yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari tersebut.

Menyamarkan luka

Kandungan kojic acid juga bersifat sebagai antiinflamasi dan anti bakteri serta anti jamur sehingga bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan ini juga dapat mengurangi peradangan serta menyamarkan bekas luka pada kulit.

Mencegah penuaan dini

Selanjutnya kojic acid juga bermanfaat dalam membantu mencegah penuaan dini, dengan mengurangi kemunculan keriput di wajah. Kojic acid membantu dalam melawan radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dini. Selain itu, zat ini juga melindungi lapisan kulit supaya tidak mudah rusak.

Mencegah munculnya jerawat

Untuk yang bermasalah dengan jerawat, kojic acid juga bisa membantu dalam hal mencegah peradangan jerawat. Karena kandungan kojic acid bersifat anti bakteri, zat ini dapat membunuh bakteri yang mengakibatkan munculnya jerawat. Selain itu, kojic acid juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Produk Skincare yang Mengandung Kojic Acid

Mungkin kamu pernah mendengar brand Kojie San. Brand asal Filipina ini terkenal dengan produk sabun pemutihnya yang mengandung kojic acid. Tapi sekarang, banyak juga brand lokal yang memiliki produk dengan kandungan kojic acid. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Melanox Premium with Advanced Formula Whitening Serum

Untuk kamu yang bermasalah dengan noda hitam di wajah serta efek penuaan dini, produk dari Melanox ini bisa kamu coba. Whitening Serum dari Melanox ini memiliki kombinasi bahan aktif berupa retinol dan kojic acid yang tentunya akan menghasilkan efek untuk wajah supaya terbebas dari efek penuaan.

Bahan-bahan yang memperkaya serum wajah ini di antaranya Melanox C-Bright Complex yang mempunyai kandungan vitamin c, ekstra green tea, ekstrak buah pepaya, dan ekstrak lemon. Noda hitam di wajah akan bersih dan wajah akan terlihat lebih cerah tanpa noda setelah pemakaian yang teratur.

Langkah pemakaiannya yaitu setelah wajah dibersihkan, oleskan serum pada wajah secara merata kecuali daerah sekitar mata. Serum ini bisa digunakan saat malam maupun pagi hari. Jangan lupa gunakan juga tabir surya sesudahnya untuk menangkal paparan sinar UV ya!

2. Everwhite Brightening Soap

Penasaran ingin coba bahan kojic acid tapi kamu takut karena kulitmu termasuk kulit sensitif? Mungkin kamu bisa coba produk dari Everwhite ini, yaitu Everwhite Brightening Soap. Sabun batang ini memiliki kandungan kojic acid juga bahan lainnya, seperti kolagen, madu, ekstrak lidah buaya, dan bengkuang yang akan melindungi kulitmu dari iritasi.

Tak hanya itu, sabun yang bentuknya seperti awan dan berwarna hitam tersebut mampu meremajakan kulit supaya menjadi lebih lembap dan terawat. Sabun ini bisa kamu gunakan baik untuk wajah maupun tubuh.

3. Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream

Avoskin terkenal sebagai salah satu brand lokal yang memiliki rangkaian produk skincare terbaik. Salah satu produknya yang mengandung kojic acid adalah Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream. Kandungan kojic acid di dalamnya bisa membantu menghilangkan dark circle di sekitar mata. Selain itu, krim mata ini juga mengandung essential oil.