7 Social Skill yang Bermanfaat untuk Membantu Kesuksesan Kariermu

ulinulin.com – Selain mengembangkan skill, ada hal penting lainnya yang perlu dilakukan untuk membangun karier yang lebih sukses. Hal penting tersebut adalah dengan meningkatkan social skill yang dimiliki.

Dengan memiliki social skill yang kuat akan memudahkan kita dalam membangun dan memelihara hubungan baik dengan orang lain secara profesional.

Semakin baik social skill yang dimiliki tentunya akan sangat membantu dalam mencapai tujuan karier hingga melakukan networking.

Jangan khawatir jika kamu masih belum paham dengan hal yang satu ini.

Pasalnya, kali ini Glints akan menjelaskan kepadamu apa itu social skill, manfaat, dan contohnya. Simak penjabarannya di bawah ini, ya!

Apa Itu Social Skill?

© Freepik.com

Social skill adalah suatu keterampilan yang digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain baik secara verbal maupun non verbal, menurut Skillsyouneed.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial sehingga sangat penting untuk menguasai cara berkomunikasi yang baik.

Dengan memahami social skill tidak hanya bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi saja, tapi juga paham bagaimana cara menghadapi orang lain.

Jadi, kemampuan yang satu ini memang akan sangat bermanfaat di setiap bidang kehidupan kita. Tidak percaya?

Dilansir dari Indeed, berikut ini beberapa manfaat dari memiliki kemampuan yang satu ini:

    membangun, memelihara, dan menumbuhkan hubungan baik dengan orang lain

    lebih mudah mendapatkan ide hingga informasi dari perspektif orang lain

    memperluas networking sehingga berpeluang menemukan peluang baru

    mudah bekerja sama dengan orang lain

    membuat bekerja terasa lebih nyaman karena bisa menjaga hubungan baik dengan setiap rekan kerja

Contoh Social Skill

© Freepik.com

Social skill adalah salah satu keterampilan yang paling dicari oleh recruiter karena dengan memiliki kemampuan ini pastinya kandidat akan lebih mudah untuk diajak berkomunikasi.

Ingin tahu apa saja contoh social skill yang harus dimiliki oleh setiap orang? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Empati

Contoh social skill yang pertama adalah empati. Hal yang satu ini sangatlah penting untuk dikuasai karena mampu membantu kita lebih mudah dekat dengan orang lain.

Dengan memiliki empati tentunya kita bisa dengan mudah memahami perasaan orang lain yang sedang berbicara dengan kita.

Misalnya saat kita harus berhadapan dengan klien yang memiliki masalah dan meminta bantuan untuk menyelesaikannya, maka empati sangatlah diperlukan.

Pasalnya, dengan empati kita bisa menunjukkan kepedulian yang tulus dan melihat masalah dari sudut pandangnya.

Jadi akan lebih mudah untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

2. Komunikasi verbal

Menurut The Balance Careers, komunikasi verbal adalah kemampuan untuk mengekspresikan diri menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh orang lain.

Kemampuan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh setiap profesi karena komunikasi adalah hal terpenting untuk meningkatkan kesuksesan.

Siapa pun yang memiliki kemampuan ini pasti akan lebih disukai oleh orang lain karena mudah diajak berbicara baik secara langsung atau melalui pesan tertulis.

3. Komunikasi nonverbal

Contoh berikutnya dari social skill adalah komunikasi nonverbal. Selain komunikasi verbal, kamu juga perlu menguasai komunikasi nonverbal jika ingin karier lebih sukses.

Komunikasi nonverbal sendiri adalah proses transfer informasi melalui penggunaan bahasa tubuh. Misalnya, kontak mata, gerakan tubuh, hingga ekspresi wajah.

Dengan menggunakan bahasa tubuh yang benar tentunya kamu akan lebih mudah dalam menunjukkan rasa empati kepada orang lain saat sedang berkomunikasi dengannya.

4. Fleksibilitas

Menjadi orang yang fleksibel di sini adalah orang yang mudah terbuka terhadap kritik dan saran yang diberikan oleh orang lain.

Menerima kritik dan saran memang bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita merasa bahwa keputusan yang kita ambil adalah yang terbaik.

Namun, kritik dan saran dari orang lain tetap diperlukan untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Karena itu, menurut Huffpost kemampuan berpikir dan bertindak secara fleksibel ini sangatlah diperlukan untuk menunjang kesuksesan.

5. Active listening

Contoh selanjutnya dari social skill adalah kemampuan active listening. Selain mampu berbicara dengan tutur kata yang baik, kemampuan active listening juga sangat dibutuhkan.

Active listening merupakan cara mendengarkan yang benar-benar terfokus. Jadi, saat lawan bicara sedang bercerita kamu harus benar-benar memperhatikannya.

Seseorang yang memiliki kemampuan yang satu ini juga akan selalu disukai oleh orang lain. Pasalnya, mereka dapat membuat lawan bicara merasa dihormati dan didengar seluruh ceritanya.

6. Conflict resolution

Ketidaksepakatan dan rasa tidak puas dapat muncul dalam situasi apa pun, termasuk di lingkungan kerja yang profesional.

Nah, agar kedua hal tersebut tidak merusak hubunganmu dengan rekan di tempat kerja, social skill yang wajib kamu kuasai adalah conflict resolution.

Conflict resolution sendiri adalah kemampuan untuk menemukan sumber masalah dan menentukan solusi terbaik yang bisa diterapkan.

Skill ini tak hanya kamu butuhkan untuk meleraikan konflik dengan rekan kerja. Ketidaksepakatan dengan atasan maupun klien pun bisa diselesaikan dengan kemampuan conflict resolution yang memadai.

Maka dari itu, dengan menguasai skill satu ini, dijamin kehidupan kamu di kantor bisa menjadi lebih nyaman.

7. Relationship management

Relationship management adalah kemampuan untuk memelihara hubungan yang sehat dan membangun koneksi dengan orang lain.

Skill ini sejatinya diperlukan oleh setiap pekerja, terlepas dari sektor dan latar belakang mereka.

Sebagai contoh, pegiat sales membutuhkan keterampilan relationship management untuk mengelola hubungan perusahaan dengan para prospek.

Di sisi lain, seorang CEO harus memiliki skill relationship management yang baik agar ia bisa membangun hubungan dengan mitra-mitra perusahaan.

Intinya, apa pun profesimu sekarang, social skill satu ini wajib untuk dikuasai dan dipraktikkan sebaik mungkin.

Itulah rangkuman penjelasan mengenai social skill dan apa saja contohnya yang harus kamu kuasai.

Ingatlah bahwa karier yang cemerlang tidak berpaku pada latar pendidikan dan hard skill yang baik.

Sejatinya, kamu juga memerlukan social skill yang mumpuni agar bisa menghadapi orang-orang di kantor dan memperluas networking yang bisa menuntun pada keberhasilan.

Nah, selain skill-skill di atas, masih ada keterampilan lainnya yang perlu kamu pelajari untuk kesuksesan karier.

Penasaran apa saja? Tenang, kamu bisa pelajari selengkapnya di Glints ExpertClass. Para pakar dan profesional siap membagikan ilmu mereka untukmu di kelas kategori personal development.

Menarik bukan? Yuk, cek kelasnya sekarang. Jangan sampai ketinggalan. Kuota kelas terbatas!

Sumber

    5 Social Skills for Workplace Success

    What are Social Skills?

    Social Skills: Definition and Examples

    10 Social Skills Essential for Success

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”