8 Cara Mengatasi Ketiak Basah Berlebihan dengan Mudah

ulinulin.com – Pernahkah Anda mendengar istilah “basket” (basah ketiak)? Ya, istilah ini memang sempat populer di awal tahun 2000-an. Sebuah iklan deodoran pernah menggunakan istilah ini untuk mempromosikan produk andalannya.

Ketiak basah disebabkan oleh keringat yang berlebihan. Ketiak yang basah kerap kali berbau tidak sedap. Hal ini cukup mengganggu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Ketiak yang basah ini juga sering kali meninggalkan noda berwarna kuning di pakaian putih dan noda putih di pakaian hitam.

Pada saat Anda mengangkat tangan, maka noda yang ditinggalkan oleh ketiak basah ini dapat terlihat oleh orang-orang di sekitar Anda. Belum lagi jika Anda sedang berkencan dengan orang terkasih, ketiak basah dapat menjadi ‘penghalang’ bagi hubungan Anda dan pasangan.

Penyebab Ketiak Basah

Sebelum mencari tahu cara mengatasi ketiak basah, mari kita kenali terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan ketiak mudah berkeringat dan menjadi basah. Dengan begitu, Anda bisa menghindari berbagai penyebabnya ini di kemudian hari.

    Kebiasaan Mengkonsumsi Kopi Dalam Jumlah Banyak

Apa hubungannya ketiak basah dengan kopi? Di dalam kopi terdapat kafein yang dapat merangsang saraf yang berhubungan langsung dengan kelenjar keringat. Bila Anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan, maka keringat yang diproduksi oleh tubuh Anda juga semakin banyak. Bagian tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat adalah ketiak.

    Jenis Kain Pakaian yang Dikenakan

Jenis kain sintetis seperti polyester dan akrilik dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Pada umumnya, jenis kain tersebut tidak bisa mengatasi suhu panas tubuh sehingga membuat tubuh banyak memproduksi keringat.

    Kebiasaan Merokok

Sudah menjadi rahasia umum bila rokok memiliki kandungan zat-zat berbahaya. Salah satu zat di dalam rokok adalah nikotin. Zat tersebut berkontribusi dalam meningkatkan denyut jantung perokok aktif. Secara otomatis ketika merokok maka tekanan darah dan suhu tubuh jadi meningkat. Suhu tubuh yang meningkat akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat.

    Konsumsi Minuman Beralkohol

Ketika seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol, maka tubuhnya akan mengalami vasodilatasi, dimana pembuluh darah akan melebar dan berimbas pada peningkatan suhu tubuh. Peristiwa ini akan diterima langsung oleh otak. Setelah itu, otak akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk memproduksi keringat lebih banyak guna mendinginkan suhu tubuh.

    Konsumsi Makanan Pedas dan Panas

Jika diperhatikan, saat mengkonsumsi makanan panas dan pedas, maka tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Ya, kedua jenis makanan ini memang dapat meningkatkan temperatur tubuh dan merangsang otak untuk mengirim sinyal agar mengaktifkan kelenjar keringat.

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Bila Anda merupakan salah satu yang mengalami permasalahan ketiak basah, jangan khawatir dan panik. Karena ada beberapa cara mengatasi ketiak basah dengan bahan alami maupun tindakan khusus yang bisa Anda coba berikut ini:

1. Baking Soda

‘Basket’ atau basah ketiak dapat diatasi dengan baking soda. Pertama, Anda harus membuat pasta baking soda terlebih dahulu. Baking soda dioleskan dengan sedikit air, lalu aplikasikan pasta ini ke ketiak dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Baking soda akan mengurangi produksi keringat berlebih di area ketiak.

2. Mentimun

Buah yang satu ini memang dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai masalah seputar kesehatan. Kali ini, Anda hanya perlu memotong timun menjadi bagian tipis. Kemudian, oleskan mentimun di ketiak Anda. Getah yang terdapat pada mentimun inilah yang diklaim dapat mengatasi ketiak basah secara alami.

3. Cuka Putih

Bila Anda tidak terbiasa menggunakan deodoran, Anda dapat mencoba cuka putih untuk mengurangi keringat pada ketiak. Caranya, cukup oleskan sedikit cuka putih di ketiak dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas.

Cuka dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap pada ketiak. Bau dari cuka putih ini sedikit asam dan kuat, oleh karenanya kami menyarankan Anda untuk menggunakan cuka putih beberapa saat sebelum mandi.

4. Cuka Apel

Sama seperti cuka putih, cuka apel juga sebaiknya digunakan sebelum mandi. Oleskan kapas yang sudah dibasahi dengan cuka apel ke ketiak Anda. Diamkan selama 30 menit sebelum mandi. Cuka apel juga memiliki fungsi untuk mengurangi keringat dan bau pada ketiak.

5. Lemon

Air perasan lemon dipercaya dapat mengurangi kelembaban di area ketiak yang disebabkan oleh keringat. Di samping itu, lemon juga dapat mencerahkan warna ketiak yang hitam, lho. Jadi, ketika menggunakan lemon, Anda dapat memiliki ketiak yang bersih, cerah, dan bebas keringat. Sama seperti penggunaan cuka putih dan cuka apel, air perasan lemon ini sebaiknya diaplikasikan 30 menit sebelum mandi.

6. Gunakan Deodoran Secara Tepat

Setelah mengaplikasikan deodoran di ketiak, sebaiknya jangan berpakaian terlebih dahulu sampai deodoran kering. Pasalnya, cairan deodoran yang masih basah akan meresap di pakaian dapat membuat ketiak Anda terlihat basah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”