8 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

ulinulin.com – Memiliki bibir berwarna gelap tak jarang mengurangi nilai estetika dalam penampilan secara keseluruhan. Kondisi ini membuat kita terlihat tidak sehat atau orang akan mengira bahwa ada yang salah dengan cara kita menjaga kebersihan wajah, terutama bagian bibir.

Terkecuali bagi orang yang memiliki warna bibir gelap alami atau memang faktor genetik. Diluar itu, beberapa hal dan kebiasaan tertentu bisa memicu terjadinya perubahan warna bibir menjadi lebih gelap atau hitam.

Agar terhindar dari keadaan ini, berikut kami rangkum beberapa penyebab bibir hitam dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Merokok

* sumber: pixabay.com

Seperti yang kita tahu, merokok menimbulkan banyak resiko buruk terhadap kesehatan. Merokok selalu dikaitkan dengan penyakit dalam seperti paru-paru dan jantung. Ada pula dampak merokok yang paling terlihat pada para perokok aktif, yakni warna bibir menjadi lebih gelap.

Kenapa? Karena zat yang terkandung dalam rokok, yang disebut dengan nikotin dan tar dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengurangi aliran darah. Kekurangan aliran darah inilah yang membuat melanin di bibir dan gusi menjadi gelap dan pigmentasinya tidak merata.

Bibir dan gusi bisa terlihat keunguan, kecoklatan, bahkan kehitaman. Selain itu, kerutan pada kulit yang terbentuk saat menghisap rokok, serta panas yang timbul saat membakar rokok juga menyebabkan bibir menjadi lebih hitam.

2. Konsumsi Kafein

* sumber: pxhere.com

Aroma kafein dalam kopi memang menyenangkan dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Setidaknya itulah yang dirasakan sebagian orang. Kopi juga tak jarang membuat kita mampu melewati hari yang berat, karena beban pekerjaan yang menumpuk atau deadline yang tak bisa ditunda.

Namun di balik itu, konsumsi kafein dalam jumlah tertentu juga memiliki efek samping. Selain meninggalkan noda kekuningan pada gigi, konsumsi kopi berlebih juga ternyata membuat bibir menjadi lebih gelap.

Setelah meminum kopi, ada baiknya Anda meminum air putih untuk mencegah terjadinya hal ini. Anda juga bisa mengurangi konsumsi kopi, dengan cara menghilangkan satu atau dua gelas dalam sehari.

3. Menjilat dan Menggigit Bibir

* sumber: www.pexels.com

Hal ini bisa jadi merupakan sebuah kebiasaan yang bahkan tidak disadari oleh pelakunya. Menjilat atau menggigit-gigit bibir bisa merusak kapiler atau pembuluh darah kecil pada bibir. Kerusakan ini terkadang tidak sembuh dengan sendirinya.

Inilah yang kemudian menyebabkan bibir perih serta terjadi perubahan warna pada bibir. Bisa menjadi merah dengan kulit bibir terkelupas bahkan bisa menghitam.

4. Tidak Membersihkan Riasan Bibir

* sumber: www.stylecraze.com

Menghapus makeup menjadi kegiatan yang rutin dilakukan di malam hari setelah selesai beraktivitas. Namun terkadang ada rasa malas yang luar biasa karena faktor kelelahan atau kantuk yang sudah tak tertahankan lagi.

Kebiasaan ini bisa berakibat tidak baik pada kulit. Jika makeup pada wajah dibiarkan begitu saja hingga “dibawa” tidur, pasti akan ada efek yang timbul setelahnya. Contohnya seperti timbul jerawat dan wajah menjadi kusam.

Begitu pula dengan riasan bibir yang tidak dibersihkan. Kebiasaan ini dapat membuat bibir berwarna lebih gelap bahkan kehitaman. Jadi mulailah untuk membiasakan diri menghapus makeup dengan benar, demi penampilan dan kesehatan.

5. Kandungan pada Lipstik

* sumber: www.bustle.com

Penting untuk kita ketahui apakah produk riasan bibir yang digunakan benar-benar aman atau bukan merupakan produk palsu atau tiruan. Bahan dan zat yang terkandung dalam riasan bibir ini bisa memberikan pengaruh pada kulit bibir itu sendiri.

Selain kandungannya, perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari produk riasan bibir tersebut. Reaksi alergi terhadap sebuah produk lipstik bisa menyebabkan bibir berwarna lebih gelap dan hitam.

6. Pengaruh Obat Tertentu

* sumber: www.flickr.com

Obat-obatan yang pada dasarnya merupakan bahan kimia juga bisa membuat warna bibir berubah menjadi lebih gelap atau kehitaman. Jika ini memang terjadi karena obat yang dikonsumsi, segera hubungi dokter untuk penanganan atau perawatan lebih lanjut.

7. Sering Terkena Sinar Matahari

* sumber: www.pickpik.com

Seringkali kita hanya fokus untuk melindungi kulit bagian wajah dari sinar matahari langsung, yakni dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Di luar itu, ternyata area bibir lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Maka dari itu, selain menggunakan sunScreen/sunblock kita juga dianjurkan untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF. Karena bibir yang terlalu sering terkena sinar matahari tanpa perlindungan apapun, lebih rentan mengalami hipergmentasi, yang akhirnya membuat bibir berwarna hitam.

8. Kurang Cairan/Dehidrasi

* sumber: www.stylecraze.com