9 Cara Aman untuk Menghilangkan Bulu Halus di Wajah

ulinulin.com – Apakah kamu sedang berpikir untuk menghilangkan bulu-bulu halus di wajahmu supaya terlihat mulus? Adakah cara yang aman untuk menghilangkannya? Jawabannya ada. Ada berbagai macam perawatan berbeda yang bisa kamu coba di rumah, di salon, atau di dokter kulit. Kamu tinggal memilih sesuai dengan preferensi kamu.

Berikut Kamini akan berbagi beberapa metode menghilangkan bulu di wajah yang aman dan sudah sering diterapkan. Yuk, baca dan silakan mencobanya!

1. Bercukur

* sumber: skin-fx.com

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghilangkan bulu halus di wajah dan melanjutkan dan kemudian kamu bisa langsung beraktivitas lagi adalah dengan bercukur. Kamu bisa gunakan alat cukur sekali pakai atau alat cukur listrik. Kedua alat cukur tersebut memiliki bilah alat bawaan yang mengangkat dan memotong rambut di permukaan kulit.

Alat cukur dapat digunakan untuk mencukuri berbagai bagian tubuh, termasuk:

    kaki

    lengan

    ketiak

    area bikini

    wajah

Keduanya juga dapat menghilangkan bulu halus dengan aman di bagian lain, seperti:

    bibir atas

    dagu

    alis

    cambang

Namun, hasil menghilangkan bulu dengan bercukur tidak permanen atau tahan lama. Wajahmu akan tetap bebas rambut selama satu hingga tiga hari, dan kemudian kamu harus mencukur ulang.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, bersihkan wajah dan oleskan sabun atau krim cukur. Cara ini menjadikan permukaan wajah menjadi halus dan mengurangi kemungkinan tersayat. Gerakan alat cukur di wajahmu mengikuti arah pertumbuhan bulu.

Meskipun metode ini relatif aman, tapi perlu diingat bahwa rambut yang tumbuh ke dalam bisa menjadi efek samping dari mencukur. Benjolan kecil ini akan muncul ketika bulu halus tumbuh kembali di atas permukaan kulit. Bulu halus yang tumbuh ke dalam biasanya membaik sendiri dalam beberapa hari.

2. Sugaring

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=vih3BYquE2E

Disebut juga waxing Persia, sugaring adalah metode penghilangan bulu halus yang kuno yang telah digunakan sejak 1900 SM. Metode ini mudah dan seefektif waxing meskipun bisa mengurangi rasa sakit dan mengiritasi kulit. Jika kamu memiliki kulit sensitif yang rentan terhadap kemerahan, metode sugaring bisa menjadi pilihan alami terbaik untuk menghilangkan bulu halus.

Caranya yaitu dengan menyiapkan panci lalu isi dengan seperempat cangkir air dalam panci dan letakkan panci di atas kompor. Setelah airnya panas, tambahkan ¼ cangkir jus lemon dan 2 gelas gula meja biasa (putih atau coklat, tidak masalah). Campur dan terus panaskan sampai campuran mulai menggelembung, kemudian nyalakan api dan biarkan mendidih.

Setelah campuran mengubah warna kuning, matikan kompor. Angkat panci dari atas kompor dan biarkan agak dingin. Saat campuran mendingin, oleskan bedak bayi atau tepung jagung pada kulit wajahmu. Ini akan mencegah campuran menempel pada kulit, untuk mengurangi iritasi.

Oleskan pasta yang sudah agak dingin ke wajah dengan arah yang berlawanan dari bulu halus. Letakkan potongan kain katun atau kain bersih di atas pasta yang telah dioleskan. Biarkan selama beberapa menit, sampai pasta mengeras. Kemudian tarik potongan kain tadi ke arah tumbuhnya bulu halus. Ulangi sampai semua bulu halus di wajah telah hilang.

3. Metode Laser

* sumber: www.newsinspress.com

Jika bulu halus di wajahmu berwarna agak terang, jangan lakukan metode laser. Laser akan lebih merusak karena prosedur menghilangkan bulu halus dengan laser bekerja dengan menargetkan pigmen di bulu halus. Alih-alih bulu halus kamu yang hilang, kamu bisa berakhir dengan luka bakar, hiperpigmentasi permanen, atau mendapatkan jaringan parut.

Laser biasanya bukan metode pilihan untuk menghilangkan bulu halus, tetapi jika wajahmu memiliki banyak bulu halus, metode ini itu bisa dipakai. Konsultasi dengan ahli untuk membahas pilihan cara menghilangkan bulu halus di wajahmu.

4. Waxing

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=cMDZ751HPoo

Jika kamu ingin bulu-bulu halus di wajah hilang dengan cepat maka waxing adalah pilihan yang bisa kamu gunakan. Pastikan kamu memilih lilin waxing untuk menghilangkan bulu di wajah yang diformulasikan khusus untuk area sensitif.

Tidak tahu cara melakukan waxing? Pertama, bersihkan area wajah dengan lembut untuk membantu menghindari benjolan waxing. Kemudian gunakan wax strip. Hangatkan dahulu wax strip sebelum digunakan, itu akan lebih baik, dan lepaskan wax strip dengan satu gerakan cepat.

Setelah itu, rawat area yang baru di-waxing dengan gel pendingin seperti lidah buaya untuk meredakan kulit kemerahan. Hasilnya bisa bertahan hingga enam minggu.

5. Perawatan Elektrolisis

* sumber: www.youtube.com

Ini adalah metode penghilangan bulu halus yang permanen yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi wanita yang memiliki bulu halus yang lebat. Elektrolisis adalah salah satu perawatan yang bisa kamu dapatkan dari dokter kulit atau ahli kosmetologi terlatih.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”