9 Cara Memutihkan Selangkangan yang Gelap dengan Mudah

ulinulin.com – Selangkangan merupakan area privat yang tertutup, jadi wajar jika sering luput dari perhatianmu. Tapi, coba kamu perhatikan sekarang, apakah warna kulit pada area selangkanganmu terlihat lebih gelap daripada area lainnya seperti paha dan perut? Jika ya, bisa saja itu terjadi karena kamu tidak terlalu sering merawat bagian tersebut.

Walaupun ada penyebab kulit gelap lainnya juga seperti faktor genetik, jadi sejak lahir warna lipatan kulit memang sudah gelap. Lalu, bisa juga karena faktor keringat berlebih, jarang mandi, jarang menggunakan body lotion, terlalu sering terpapar sinar ultraviolet, dan sering menggunakan celana dalam atau celana yang ketat.

Area selangkangan yang gelap mungkin tidak terlalu mengganggu untuk sebagian orang. Tapi, untuk orang yang sudah menikah, atau orang yang suka menggunakan bikini ketika di pantai atau di kolam renang, bisa jadi tidak percaya diri karena selangkangan yang gelap.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, Kamini mau memberi tahu cara memutihkan selangkangan yang efektif. Ada yang menggunakan bahan-bahan alami dan ada juga yang menggunakan produk yang dijual di pasaran. Penasaran? Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Kurangi Penggunaan Pakaian Ketat

* sumber: www.quora.com

Kulit selangkangan yang hitam umunya disebabkan oleh gesekan antara kulit dengan pakaian ataupun gesekan antar kulit. Proses ini sebenarnya terjadi secara alami sebagai bentuk pertahanan kulit terhadap gesekan tersebut. Akan tetapi, tak semua orang menyukai kulit selangkangan yang hitam ini karena dianggap menganggu penampilan.

Sebenarnya, untuk mengurangi penampakan kulit yang menghitam pada selangkangan ini, kamu dapat memulainya dengan mengurangi freakuensi penggunaan pakaian ketat atau penggunaan kain-kain yang keras seperti jeans. Kamu dapat mengantinya dengan kain-kain yang lebih elastis dan halus seperti bahan kaos. Bila kamu wanita yang sering menggunakan rok, kamu dapat menggunakan stocking atau celana strit.

2. Berhenti Mencukur

* sumber: www.nykaa.com

Berarti untuk mencerahkan kulit selangkangan kita harus berhenti mencukur? Bukan seperti itu. Berhenti mencukur yang dimaksud adalah berhenti mencukur terlalu sering area intim tersebut. Cukup kurangi frekuensi mencukur area intim. Sebab rambut-rambut daerah intim dapat mengurangi gesekan antara kulit selangkangan dengan kulit area intim.

Atau alternatif lain, kamu dapat menggunakan laser hair removal yang dilakukan oleh profesional. Cara ini cenderung lebih aman dan tidak akan menjadikan area intim maupun selangkangan menghitam.

3. Lindungi dengan Sunscreen

* sumber: www.skincancer.org

It’s summer time! Untuk kamu yang sering menggunakan bikini ketika summer dan menghabiskan sebagian besar waktumu untuk mantai, kamu dapat mengoleskan sunscreen pada area selangkangan demi mengurangi hiperpigmentasi.

Benar, sinar matahari juga dapat berkontribusi dalam penggelapan kulit selangkangan terutama bila kamu sering sunbathing. Pilih sunscreen dengan klaim broad spectrum dengan SPF 30 atau lebih yang akan melindungi kulit selangkanganmu dari hiperpigmentasi.

4. Gunakan Pelembab Khusus

* sumber: pixfeeds.com

Apakah body lotion dapat membantu? Tentu saja! Terutama body lotion yang mengandung whitening atau brightening ingredients seperti senyawa-senyawa turunan vitamin A. Lebih baik lagi bila pada body lotion terdapat kandungan asam-asam alfa hidroksi (AHAs), sebab asam-asam ini sangat membantu mengurangi iritasi, kulit kering, hingga ingrown hair dan relatif cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Jenis obat topikal lain yang dapat kamu gunakan adalah petroleum. Oleskan petroleum pada selangkangan yang hitam. Tak perlu terlalu tebal, kamu sudah bisa merasakan manfaat petroleum ini dengan mengaplikasikannya tipis.

5. Exfoliasi Rutin

* sumber: www.foreo.com

Tentu saja bila bicara soal mencerahkan, kita tak boleh melewatkan metode eksfoliasi. Metode ini sangatlah berguna dalam menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit gelap. Lantas bagaimana cara eksfoliasi pada kulit selangkangan? Tentu saja menggunakan body scrub.

Tapi usahakan butrian scrub yang digunakan tidak terlalu besar dan kasar. Eksfoliasi kulit menggunakan body scrub juga dapat mencerahkan kulit tubuh bagian yang hitam lainnya seperti lipatan-lipatan kulit. Untuk pemilik kulit kering, kamu dapat memilih body scrub yang dikombinasikan dengan minyak alami seperti olive oil ataupun coocut oil.

6. Krim

Cara memutihkan selangkangan yang terakhir adalah dengan menggunakan krim khusus pencerah selangkangan. Sekarang sudah banyak produk serupa bertebaran di pasaran baik secara online maupun offline.

Ada krim yang beraksi ganda sebagai pencerah ketiak dan ada juga yang khusus untuk mencerahkan kulit selangkangan saja. Krim ini juga relatif aman kamu gunakan dan bisa mencerahkan selangkanganmu bila digunakan secara rutin dan berkelanjutan. Pokoknya, carilan krim yang sudah tersertifikasi BPOM agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk pada kulit, maupun pada kesehatan tubuh.

7. Bolehkah Menggunakan Bahan Alami?

* sumber: www.metdaan.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”