9 Hal Sederhana Ini Membantu Memperpanjang Umur Mobil Anda

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/11/03/O1Na1YSZ/checkthumbnail-0709.jpg”>

Semua pemilik mobil pasti ingin mobilnya selalu dalam kondisi prima, tidak sering bermasalah, awet dan irit bahan bakar. Tapi tak semua keinginan itu terpenuhi. Karena berbagai alasan mobil sering kali bermasalah dan boros bahan bakar. Yang yang paling membuat risau mobil masih berusia muda, tapi sudah berasa mobil tua.

Sebenarnya untuk memperpanjang umur mobil bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tidak perlu sampai mengeluarkan banyak biaya. Tapi memang harus dilakukan sejak dini atau sejak kali pertama mobil masih dalam keadaan sehat, sebab kalau sudah terlanjut ‘sakit’ mobil harus disehatkan lebih dulu di bengkel perawatan.

Nah, berikut ini adalah 9 cara sederhana yang rupanya dapat membantu memperpanjang umur mobil yang Anda gunakan sebagai panduan Anda!

1. Jangan malas baca dan ikuti petunjuk pada buku manual kendaraan.

Jangan abaikan buku panduan kendaraan

Hal ini seringnya diremehkan oleh para pengguna mobil karena berbagai alasan, salah satunya malas. Akhirnya, buku manual kendaraan hanya tersimpan di laci atau dashboard mobil, bahkan sejak hari ketika mobil dibeli. Padahal, para produsen mobil sudah menuliskan berbagai informasi penting di dalam buku manual kendaraan, termasuk penggunaan yang benar dan perawatannya, seperti waktu ideal untuk melakukan servis berkala di bengkel.

2. Periksa kondisi aki secara teratur.

Kondisi aki berpengaruh pada sistem kelistrikan mobil

Memeriksa kondisi aki sangat mudah, jadi pasti bisa Anda lakukan sendiri. Apalagi prosesnya tidak memakan waktu lama. Langkah yang satu ini pun sangat penting apabila mobil yang Anda miliki tidak setiap hari digunakan. Gunakan indikator kondisi aki dan ikuti panduannya untuk mengetahui seperti apa kondisi aki mobil Anda.

3. Jangan lupa juga untuk periksa cairan mobil secara rutin.

Ganti oli bila sudah sampai pada batas pemakaian sesuai rekomendasi pabrikan

Mulai dari oli mesin, air radiator, oli power steering, oli transmisi, filter oli, sampai oli rem, pastikan bahwa Anda teratur mengeceknya. Dan karena itulah perawatan mobil berkala di bengkel sangat penting dilakukan dengan tepat waktu, karena pemeriksaan berbagai cairan tersebut biasa dibarengi dengan jadwal ideal servis berkala kendaraan. Tapi, tak ada salahnya juga bagi Anda untuk mengeceknya setiap bulan, terutama jika Anda mendapati tetesan oli yang ada di bawah mobil.

4. Perhatikan dan jaga kondisi kampas rem (brake pads).

Periksa kampas, jangan sampai rem tidak berkerja maksimal

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi komponen yang satu ini. Selain pemeriksaan rutin, sebaiknya Anda juga membiasakan diri untuk tidak mengemudi secara agresif atau ugal-ugalan, yang dapat mengakibatkan penipisan kampas rem terlalu cepat. Ketika kampas rem jadi terlalu tipis, bahkan sampai menyentuh bagian metalnya, cakram serta kaliper rem bisa mengalami kerusakan, yang berbuntut pada biaya perbaikan yang mahal.

5. Rotasi ban mobil Anda.

Sesekali lakukan juga rotasi dengan ban serep

Hal ini sangat perlu dilakukan dengan mempertimbangkan faktor bahwa penipisan bagian karet di setiap sisi ban tidak pernah sama. Untuk memperpanjang umur mobil dan usia ban, lakukan rotasi ban mobil secara menyilang atau diagonal. Selain itu, jangan lupa untuk rajin memeriksa tekanan udara ban.

6. Teratur gunakan rem tangan.

Dengan rem tangan aktif, Anda tak perlu khawatir mobil bakal melaju sendiri

Sebaiknya Anda mulai biasakan untuk menggunakan rem tangan secara teratur, terutama ketika parkir. Tidak hanya saat parkir di tanjakan atau turunan tapi juga parkir di lokasi yang datar. Gunakan juga rem tangan saat berhenti di tanjakan untuk membantu berakselerasi tanpa mundur.

7. Jangan cuek dan menyepelekan hal-hal kecil.

Keanehan sekecil apapun jangan sampai diabaikan

Apakah Anda tahu kalau hal-hal yang kelihatannya sepele bisa berdampak pada kerusakan yang lebih besar pada mobil Anda? Tanda-tanda seperti timbulnya suara berdecit saat mengendarai mobil maupun kerusakan aksesoris standar mobil jangan begitu saja Anda abaikan. Segera cari sumbernya dan atasi masalahnya.

8. Jaga visibilitas kendaraan.

Visibilitas terganggu berpotensi celaka

Visibilitas atau daya penglihatan mobil yang baik berperan besar dalam mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, sehingga tentu dapat memperpanjang umur mobil. Jadi, pastikan Anda perhatikan kondisi wiper, terutama karetnya, dengan menggantinya secara berkala, atau segera ganti ketika karet wiper tak lagi bekerja secara efektif.

9. Jangan cuci mobil hanya kalau sudah dekil.

Jangan tunggu sampai dekil untuk mencuci kendaraan

Cuci mobil Anda secara teratur, tanpa harus menunggu kondisinya jadi kelewat kotor. Hal tersebut bermanfaat sangat besar bagi kendaraan Anda, misalnya mencegah timbulnya karat pada komponen. Selain itu, bersihkan mobil secara teratur juga, seperti rajin menyedot debu yang ada di dalam kabin dan rajin melapisi cat bodi kendaraan di salon mobil.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”