9 Langkah Cerdas Membuka Bisnis Warung Sembako Dengan Sukses

ulinulin.com – KOMPAS.com – Warung sembako menjadi salah satu bisnis yang paling potensial untuk dilakoni. Hampir semua orang akan membutuhkan sembako sepanjang tahun, sebab ini termasuk dalam kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi.

Tidak pernah sepi pembeli, warung sembako akan berkembang dengan pesat, apalagi jika dibuka di lokasi yang strategis. Namun persaingan dalam bisnis ini juga terbilang sangat ketat, sebab ada banyak orang yang tertarik untuk menekuninya. Sangat penting untuk memulai bisnis ini dengan cara yang tepat sejak awal.

Bukan hanya persaingannya saja, berbagai kendala lainnya di dalam bisnis warung sembako ini juga tentu harus diantisipasi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis warung sembako dengan sukses, seperti dilansir Cermati.com:

1. Susun Rencana Bisnis Dengan Matang

Setiap bisnis harus melalui perencanaan yang baik terlebih dahulu, agar ke depannya bisa berjalan dengan lancar. Hal ini juga wajib dilakukan saat berencana membuka warung sembako.

Ada beberapa hal yang perlu dihitung dan direncanakan dengan tepat, antara lain, modal bisnis, pola kerja dan jam operasional, persaingan, dan yang lainnya. Rencana yang matang akan memampukan Anda mengelola dan mengembangkan bisnis dengan lebih maksimal ke depannya.

Tuliskan rencana ini secara rinci, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalankannya dengan baik.

2. Lakukan Riset Pasar

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Hal ini perlu untuk melihat peluang bisnis tersebut ke depannya, termasuk berbagai tantangan yang mungkin terjadi dalam bisnis ini.

Lakukan survei untuk melihat tingkat persaingan bisnis dan juga kendala-kendala umum yang sering dihadapi. Jika perlu, lakukan wawancara langsung dengan calon konsumen di sekitar lokasi bisnis serupa dan lihatlah bagaimana respon mereka terhadap bisnis yang Anda rencanakan tersebut.

3. Lakukan Perhitungan Modal Dengan Cermat

Bisnis akan berjalan dengan lancar, jika keuangannya direncanakan dan disiapkan dengan matang. Mulailah melakukan perhitungan modal, agar Anda bisa menyiapkannya dalam jumlah yang tepat. Cek kembali kesiapan bangunan/toko, apakah membutuhkan renovasi atau tindakan lainnya.

Lalu putuskan apa saja yang akan dijual di warung sembako tersebut dan berapa dana yang akan dibutuhkan sebagai modal awal. Di masa-masa awal seperti ini, akan lebih baik untuk menyediakan berbagai kebutuhan yang sifatnya mendasar dan banyak dicari orang saja terlebih dahulu.

4. Lakukan Penataan Barang Dengan Baik

Aturlah tata letak setiap barang di dalam toko dengan baik, agar terlihat rapi dan tidak berantakan. Hal ini juga akan mempermudah Anda maupun pembeli untuk menemukan barang saat dibutuhkan.

Penataan yang tepat seperti ini juga akan menghemat waktu dan tenaga. Gunakan etalase dan juga rak dengan ukuran yang tepat. Letakkan setiap barang berdasarkan kategori atau jenis tertentu, agar lebih mudah diambil.

5. Jaga Kebersihan Toko

Kebersihan toko juga akan menjadi poin penting yang harus selalu dijaga. Toko yang bersih akan terlihat nyaman dan rapi, sehingga pembeli juga senang untuk berbelanja. Bersihkan area toko dan juga lingkungan sekitarnya secara rutin.

Sediakanlah tempat sampah yang cukup besar, agar bisa menampung sampah selama seharian penuh. Pastikan juga semua barang dagangan bebas debu dan kotoran, agar selalu dalam kondisi bersih ketika dijual.

6. Sediakan Produk Sembako yang Berkualitas

Berbagai bahan yang dijual toko sembako pada umumnya bahan makanan, sehingga penting untuk memastikan kualitasnya. Pastikan Anda hanya menjual barang-barang yang berkualitas baik dan tidak asal-asalan.

Jika perlu, sediakanlah dua kualitas yang berbeda untuk setiap barang, misalnya kualitas terbaik dan kualitas cukup baik. Hal ini akan memungkinkan pembeli memiliki pilihan dan bisa menemukan barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jangan lupa untuk selalu mengecek masa kadaluarsa barang, sehingga tidak ada barang rusak atau sudah kadaluarsa yang dijual kepada pembeli.

7. Susun Strategi Penjualan

Ada banyak toko sembako di luar sana, sehingga Anda akan memiliki banyak pesaing dalam bisnis ini. Susunlah strategi pemasaran yang tepat sejak awal, agar bisnis ini bisa memenangkan ketatnya persaingan.

Melakukan promosi bisa menjadi pertimbangan, terutama di masa-masa awal toko tersebut dibuka. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menggelar soft opening dan memberikan potongan harga untuk pembelian barang dalam jumlah tertentu. Selain itu, iklan melalui media sosial atau platform lainnya juga bisa menjadi pertimbangan.

8. Berikan Layanan Terbaik

Layanan yang baik akan selalu menjadi pertimbangan pembeli saat berbelanja. Selalu berikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan, sehingga mereka tidak enggan untuk datang kembali.

Menyapa pelanggan dengan salam sesaat setelah mereka datang juga bisa memberi rasa nyaman bagi mereka. Selain itu, kebersihan dan kerapian toko juga tentu akan menjadi poin penting lainnya yang akan memberi kepuasan kepada pelanggan.

9. Lakukan Pembukuan Dan Kelola Keuangan Dengan Baik

Lakukan pengelolaan keuangan toko dengan baik, sehingga arus kas bisa terlihat dengan jelas. Jangan lupa untuk selalu membuat pembukuan secara rutin, baik itu untuk pengeluaran maupun pemasukan toko tersebut.

Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengawasi setiap uang dalam bisnis tersebut, termasuk untuk melakukan evaluasi keuangan jika dibutuhkan. Jika perlu, gunakan aplikasi khusus untuk mengelola keuangan toko dengan lebih mudah dan praktis.

Bisnis warung kelontong bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin segera mencoba peruntungan dalam dunia bisnis. Selain pengsa pasarnya yang cukup luas, potensi keuntugan bisnis ini juga terbilang besar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cermati.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”