9 Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur untuk Kesehatan, Jadikan Kebiasaan Selain Gosok Gigi dan Cuci Muka!

ulinulin.com

    8SHARES

Ilustrasi Wedang Jahe. (Foto: Freepik.com)

Dream – Jahe dikenal sebagai rempah-rempah yang kerap dipakai untuk ramuan herbal. Kandungan nutrisi di dalamnya bagus untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tanaman asal daratan Asi Tenggara ini memliki khasiat yang menakjubkan apabila diminum sebelum tidur.

Tak hanya mencuci muka dan menggosok gigi, minum jahe bisa kamu jadikan kebiasaan sebelum tidur. Manfaat minum jahe sebelum tidur dipercaya bisa mencegah obesitas, menjaga kadar gula darah, hingga meringankan sakit kepala.

Selain itu masih banyak manfaat minum jabeh sebelum tidur. Apa saja? Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat minum jahe sebelum tidur yang penting diketahui.

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

1. Meringankan Sakit Kepala

Manfaat minum jahe sebelum tidur dipercaya dapat meringankan sakit kepala. Tidur adalah upaya makhluk hidup untuk mengembalikan energi yang telah dipakai dalam seharian. Manusia kerap mengalami sakit kepala saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Mulai dari sakit kepala sebelah atau migrain, atau sakit kepala biasa.

Untuk meredakannya, Sahabat Dream bisa mencoba minum jahe sebelum tidur. Pastikan kamu meminumnya dengan mengurangi pemanis tambahan. Hasil penelitian menunjukkan, jahe bisa mengurangi sakit kepala sebelah.

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat minum jahe sebelum tidur berikutnya bisa menjaga kesehatan pencernaan. Antioksidan aktif pada jahe diyakini mampu menghancurkan bakteri jahat penyebab infeksi dan gangguan pencernaan.

Selain itu, jahe juga mengandung antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan penyakit pada usus.

Caranya sangat mudah, minum jahe hangat dengan campuran madu sebanyak 1 gelas kecil secara rutin sebelum tidur.

3. Mencegah Obesitas

Manfaat minum jahe sebelum tidur juga bisa membantu mencegah obesitas. Hal ini lantaran kandungan di dalam jahe bisa memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Jika sistem ini berjalan baik, maka tubuh akan lebih cepat membakar kalori serta lemak.

Akibatnya, berat badan pun akan tetap terjaga. Namun bagi penderita obesitastak cukup hanya minum jahe sebelum tidur, melainkan juga harus berolahraga secara rtuin dan mengatur pola makan sehari-hari.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat minum jahe sebelum tidur mampu membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan. Jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, cenderung memiliki risiko rendah untuk terserang berbagai penyakit.

Tak hanya minum jahe, kamu juga tetap diperbolehkan minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum tidur.

© Shutterstock.com

5. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat minum jahe sebelum tidur selanjutnya ialah dapat menstabilkan gula dara di dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada jahe dapat meningkatkan kerja pankreas.

Pankreas merupakan organ tubuh yang memproduksi hormon insulin sebagai pengatur kadar gula darah. Hormon insulin yang tetap terjaga akan membuat kadar gula darah di dalam tubuh tetap normal. Alhasil tubuh terhindar dari risiko penyakit diabetes.

6. Baik untuk Saluran Pernapasan

Manfaat minum jahe sebelum tidur yang perlu diketahui lainnya ialah kemampuannya untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan. Senyawa dalam jahe yang bersifat anti-inflamasi, anti-virus, dan antibakteri akan melegakan tenggorokan.

Jahe juga bersifat hangat yang dapat memecah lendir di tenggorokan sehingga gangguan pernapasan pun dapat segera diatasi dengan cepat.

7. Mengurangi Nyeri Otot

Nyeri otot kerap dialami setelah aktivitas berat seharian. Nyeri otot juga merupakan gejala kelelahan yang perlu diatasi. Sebab nyeri otot biasanya menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Minum jahe sebelum tidur bisa membantu melemaskan otot-otot yang tegang karena kandungan yang cenderung bersifat hangat. Manfaat minum jahe sebelum tidur bisa membantu tubuh untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah

Jahe juga diyakini bisa melancarkan sistem peredaran darah. Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Di antara penyakit yang muncul akibat masalah sirkulasi darah ialah hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung. Para penderita beberapa penyakit kronis tersebut disarankan rutin mengonsumsi jahe hangat sebelum tidur.

9. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat minum jahe sebelum tidur yang tak kalah menakjubkan adalah mampu mencegah penyakit kanker. Gangguan kesehatan yang satu ini berasal dari pertumbuhan jaringan sel tumor ganas yang mampu menjalar hingga ke seluruh tubuh.

Berdasarkan penelitian, kandungan aktif pada jahe seperti antioksidan dan senyawa lainnya terbukti cukup ampuh menurunkan risiko munculnya kanker.

Minum jahe dalam kondisi masih hangat akan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jahe juga bisa melawan patogen lain yang bisa memicu berbagai penyakit.

Itulah manfaat minum jahe sebelum tidur yang perlu diperhatikan. Dengan mengetahuinya, tak ada alasan lagi bagi kita untuk melewatkan kebiasaan baik tersebut. Mari melakukan hidup sehat, salah satunya dengan minum jahe sebagai ramuan herbal yang mudah didapatkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”