9 Tempat Wisata di Bromo yang Wajib Dikunjungi

ulinulin.com – Berjalan jalan di Bromo memang menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan semasa liburan. Gunung Bromo sendiri adalah salah satu gunung aktif yang ada di Indonesia. Destinasi tersebut memang cukup ramai dikunjungi oleh pelancong, terutama ketika masa liburan telah tiba.

Alasannya, sudah pasti karena banyak spot wisata di Bromo yang wajib untuk anda jelajahi. Oleh karena itu, gunung yang berada di 4 wilayah administrasi yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo ini memang menarik untuk dijelajahi. Berikut intip apa saja tempat wisata di Bromo yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja.

1. Pasir Berbisik

Saat berkunjung ke Bromo, kurang lengkap rasanya apabila anda tidak datang ke Pasir Berbisik. Destinasi wisata berupa hamparan pasir yang luas ini memang layak untuk anda jadikan tempat singgah setelah melihat matahari terbit. Tempatnya yang luas membentang hingga 5.9 hektar ini memang menjadi pemandangan alam yang jarang anda temukan di pegunungan lain.

Bahkan di Indonesia sendiri, Pasir Berbisik menjadi hamparan pasir yang hanya bisa anda jumpai ketika berada di Gunung Bromo. Jika dilihat dari sejarahnya, maka Pasir Berbisik ini merupakan lautan pasir yang memang terbentuk karena adanya letusan dari dua gunung kecil yang berhimpitan.

Sehingga, material vulkanik yang terlempar dan membentuk sebuah kaldera dan lembah yang besar. Dengan adanya kaldera tersebut, maka material vulkanik dari letusan gunung tersebut menjadi menumpuk dan membentuk lautan pasir. Oleh karena itu, spot wisata di Bromo ini pun dikenal dengan nama Pasir Berbisik

Sebenarnya, penamaan wisata yang eksotis ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, ketika angin berhembus kencang dan meniup pasir pasir yang ada di hamparan tersebut, akan membuat butir butir pasir menjadi berterbangan ke udara. Adanya gesekan antara butiran pasir tersebut, ternyata akan menimbulkan suara yang berdesis, layaknya bisikan.

Oleh karena itu, dengan adanya fenomena tersebut, maka lokasi wisata ini dikenal dengan istilah Pasir Berbisik. Dimana selanjutnya juga popular lantaran adanya film Indonesia yang memiliki judul sama dan dibintangi oleh Dian Sastro ini membuat destinasi wisata tersebut menjadi cukup terkenal.

2. Pananjakan 1 Gunung Bromo

Spot wisata yang pasti tidak boleh anda lewatkan adalah Pananjakan 1 Gunung Bromo. Berada di di ketinggian sekitar 2770 Mdpl, tempat ini merupakan lokasi yang cukup strategi bagi anda melihat indahnya matahari terbit. Di gunung ini sendiri, istilah melihat fenomena matahari terbit tersebut dikenal dengan Bromo Golden Sunrise.

Jika anda ingin melihat keindahan panorama alam di pagi hari tersebut, maka biasanya pelancong akan menggunakan kendaraan Jeep. Kendaraan tersebut memang satu satunya kendaraan yang memang sedang beroperasi guna mengantar wisatawan menuju ke tempat yang ada di sekitar Gunung Bromo.

Pananjakan 1 memiliki lokasi yang sangat tinggi. Sehingga udara yang ada disini pun terbilang cukup dingin. Terutama bagi anda yang datang ketika dini hari. Oleh karena itu, jangan lupa membawa jaket yang tebal agar anda tidak terganggu ketika sedang menyaksikan keindahan matahari terbit.

3. Bukit Cinta

Jika anda mendapati daerah Pananjakan 1 ramai oleh pelancong yang ingin melihat sunrise, maka anda pun bisa melipir ke tempat yang terbilang tidak terlalu padat yakni Bukit Cinta. Love Hill atau Bukit Cinta ini memang menjadi destinasi wisata populer di Bromo yang juga menyuguhkan keindahan dari ketinggian.

Ketika berada disini, anda pun akan bisa melihat golden sunrise Bromo yang tidak kalah bagusnya dari Pananjakan 1. Hal ini juga yang membuat kawasan tersebut kerap kali dipadati oleh pengunjung, terlebih lagi ketika spot Pananjakan 1 telah ramai oleh wisatawan yang berkunjung untuk menikmati sunrise.

Selain melihat indahnya matahari terbit, saat berada di Bukit Cinta anda juga akan disuguhkan dengan keindahan yang lain. Diantaranya adalah pemandangan 3 gunung yang berdiri dengan megah. Adapun gunung tersebut antara lain adalah Gunung Semeru, Gunung Bromo dan juga Gunung Batok.

4. Kawah Bromo

Setelah melihat indahnya matahari terbit, anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke spot wisata berikutnya. Kali ini anda bisa singgah sejenak di Kawah Bromo. Gunung yang ada di Jawa timur ini memang tergolong sebagai gunung yang paling aktif. Sedangkan untuk penamaannya sendiri yakni dari Bahasa Sansekerta yang berarti Brahma yakni salah satu Dewa yang ada di dalam Ajaran Hindu.

Terlepas dari itu, kawah cantik ini memang masih menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh pelancong ketika berlibur. Hal ini dikarenakan Gunung Bromo memiliki kawah dengan ukuran yakni kurang lebih 800 meter yang memanjang dari utara hingga ke selatan. Sedangkan dari timur ke barat, kurang lebih sepanjang 600 meter.

Disini, anda pun juga akan bisa melihat lingkaran raksasa dengan memiliki panjang jari jari yakni mencapai 4 kilometer dari pusat kawah Bromo. Kawah ini disebut dengan kawah utama, yang mana anda bisa menyaksikan keindahan fenomena alam yang sangat mengagumkan dari jarak yang terbilang cukup dekat.

5. Gunung Widodaren

Ketika pagi telah tiba, anda pun bisa langsung berjalan jalan di kawasan wisata yang indah ini. Hal tersebut dikarenakan tepat di sebelah Gunung Bromo, anda pun bisa menyaksikan keindahan Gunung Widodaren yang mengagumkan. Jika dilihat dari kawasan tempat pemberhentian jeep, gunung yang berwarna hijau ini tampak menjulang dengan megah.

Gunung Widodaren adalah salah satu gunung yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Bromo dan bersebelahan dengan Gunung Batok. Dimana masih satu kawasan yakni Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Objek wisata satu ini memiliki ketinggian yakni 2614 meter diatas permukaan laut.

Bagi masyarakat lokal atau suku Tengger, Puncak dari Gunung Widodaren ini kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk bertapa penduduk asli Suku Tengger untuk mencapai tingkat Muksha atau yang disebut juga dengan kesempurnaan. Oleh karenanya cerita dari suku Tengger dan juga gunung ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

6. Pura Luhur Poten

Setelah puas berjalan jalan, anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata dengan tema religi. Diantaranya adalah Pura Luhur Poten yang merupakan sebuah pura tempat digunakan untuk bersembahyang masyarakat Hindu Tengger yang bermukim di sekitar Gunung Bromo Tengger ini.

Masyarakat lokal atau suku Tengger memang saat ini mempunyai peranan yang cukup penting di dalam menjaga keluhuran atau adat istiadat kesucian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger tersebut. Pura ini sendiri merupakan satu satunya bangunan yang bisa anda jumpai di tengah hamparan PAsir Berbisik yang sangat luas.

Bangunan ini sendiri berdiri yakni sekitar tahun 2000 dengan terdiri dari tiga bagian. Untuk masing masing Mandala Utama memiliki tempat pelaksanaan sembayang Padam atau yang dikenal dengan tempat Pemujaan, Mandala Madya bagian tengah yang berfungsi sebagai tempat persiapan dan pengiringan upcara untuk persembayangan.

Selain itu, ada pula Mandala Nista atau bagian depan yang merupakan tempat peralihan dari luar menuju ke bagian dalam Pura Luhur Poten. Disini, anda pun akan menjumpai arsitektur yang khas dengan peribadatan umat Hindu. Tempat ini juga kerap kali diadakan upacara agama yang tentunya akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

7. Bukit Teletubbies

Salah satu objek wisata di Bromo yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Bukit Teletubbies. Bukit yang mirip dengan serial kartun Teletubbies yang ngehits di tahun 1990 an ini memang bisa anda jumpai secara langsung di kawasan Gunung Bromo. Sejauh mata memandang anda akan disuguhkan dengan pesona alam yang berwarna hijau sangat indah.

Di bukit yang mengagumkan ini, banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh pelancong. Diantaranya adalah mengendarai kuda. Sebab, disini anda akan menemukan banyak orang yang menyewakan kuda dengan jenis yang lucu lucu. Anda pun bisa menyewanya dan berkeliling dengan menggunakan kuda tersebut.

Selain itu, karena lokasinya yang terbilang cukup instagramable, membuat anda bisa menghabiskan waktu disini sambil berfoto foto. Anda bisa mengabadikan momen pada tempat wisata yang sangat apik ini. Bahkan Bukit Teletubbies menjadi salah satu lokasi yang paling ramai dikunjungi setelah melihat indahnya sunrise.

Disini, anda pun bisa menjelajah bukit yang indah berwarna hijau. Anda bisa membuat video hingga bermain dan berlarian. Tentu saja, menghabiskan waktu di bukit yang apik ini akan membuat anda lupa waktu. Untuk itu, pastikan mampir sejenak di Bukit Teletubbies meskipun hanya sekedar berfoto saja.

8. Bukit Mentigen

Selain bukit Teletubbie, anda juga bisa mengunjungi bukit lain yang masih berada di sekitar kawasan Gunung Bromo. Adapun bukit tersebut antara lain adalah Bukit Mentigen dan Bukit Kingkong. Wisata yang indah ini memang menjadi spot yang pas untuk melihat sunrise, selain Pananjakan 1 dan Bukit Cinta.

Sehingga, jika kebetulan anda sedang berkunjung di waktu yang lagi ramai pelancong, maka anda pun bisa datang ke Bukit Mentigen. Hal ini dikarenakan anda hanya cukup berjalan kaki saja dari area penginapan ataupun hotel yang berada di kawasan Cemara Lawang Probolinggo. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun tempat ini menjadi lokasi yang menarik untuk melihat sunrise.

9. Bukit Kingkong

Selain itu, anda juga bisa datang ke Bukit Kingkong yang juga menjadi spot wisata di Bromo yang cocok untuk melihat indahnya matahari terbit. Disini, anda pun tidak perlu berjalan jauh, sebab letaknya hanya sekitar 2.5 km dari Pananjakan 1. Berada disini, anda pun akan bisa melihat indahnya matahari terbit yang mengagumkan.

Walaupun hanya menjadi tempat alternatif untuk melihat sunrise, namun ternyata Bukit Kingkong juga cukup popular. Hal ini dikarenakan ketika anda datang kesana, anda pun pastinya juga akan berdesakan dengan pengunjung untuk melihat indahnya sunrise. Terlebih lagi, ketika anda datang ketika masa liburan tiba.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Gunung Bromo memang tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Sebab, semua wisata yang ada disini memang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, bagi anda yang ingin merasakan paket wisata lengkap di Bromo, banyak pula agen travel yang menyediakannya. Sehingga anda bisa memilih destinasi yang ingin anda kunjungi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”