Ada 6 Kelalaian Yang Membuat Mobil Cepat Rusak

ulinulin.com

1. Mengabaikan Lampu Indikator

Jangan abaikan lampu indikator yang menyala tanda ada kerusakan pada sistem

Setiap mobil terdapat lampu indikator yang terletak pada panel instrumen. Lampu indikator ini merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan mulai dari mesin, bahan bakar, hingga sabuk keselamatan. Fungsi dari lampu indikator ini bisa mengingatkan Anda soal masalah yang ada pada mesin atau bahan bakar, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat. Sayangnya masih ada yang sering mengabaikan lampu indikator sehingga membuat mobil cepat rusak.

2. Servis Rutin Dilewatkan

Jangan terlewat servis rutin untuk menjaga komponen mesin tetap prima

Setiap mobil perlu dilakukan pengecekan rutin di bengkel. Mobil memiliki banyak suku cadang atau komponen yang bisa saja aus atau rusak seiring waktu. Melakukan servis secara rutin perlu dilakukan agar mesin dan komponen berfungsi secara optimal. Karena itu, melakukan pengecekan dan servis rutin akan membantu terhindarnya mobil cepat rusak yang bisa menghabiskan biaya cukup mahal.

3. Kondisi Ban

Pastikan kondisi ban selalu baik seperti tekanan angin yang cukup dan kembangan belum aus

Ban jadi bagian yang sangat vital dalam kendaraan. Sebab, bagian ban ini bersentuhan langsung dengan jalan sekaligus menopang beban kendaraan. Tidak heran bila ban perlu juga dilakukan perawatan dengan cara rajin memeriksa keausan ban. Sebab, jika itu terjadi bukan tak mungkin akan berdampak pada keselamatan hingga borosnya bahan bakar.

4. Kotor

Mobil yang kotor juga bisa membuat mobil cepat rusak

Menggunakan mobil setiap waktu pasti akan menyebabkan kotor. Bahkan saat mobil disimpan juga bisa terjadi hal yang sama. Terlebih jika mobil tersebut menyimpan bahan kimia atau kotoran yang dapat merusak dan berpotensi menyebabkan karat. Karena itu, mencuci mobil perlu dilakukan agar tampilan terjaga serta terhindari dari mobil cepat rusak.

5. Malas Mengganti Cairan

Malas mengganti oli dan cairan lainnya bisa berakibat fatal

Setiap kendaraan memiliki berbagai cairan mulai dari air, minyak, hingga oli. Nah cairan-cairan ini memiliki fungsi masing-masing yang wajib diperbarui atau ganti. Bila Anda malas mengganti cairan seperti oli atau minyak rem, maka bisa membuat mobil cepat rusak.

6. Cara Mengemudi

Gaya mengemudi juga mempengaruhi perawatan mobil

Berbagai kondisi lalu lintas akan terjadi saat mengemudi mobil. Saat di jalan itu pula, infrastruktur jalan raya hingga cuaca dapat mempengaruhi gaya mengemudi. Ada baiknya Anda selalu memahami dan mematuhi aturan lalu lintas. Seperti mengemudi dengan santai agar irit bahan bakar, memperhatikan batas kecepatan, menghindari gaya mengemudi agresif, dan masih banyak lainnya. Semoga tips dari kami ini berguna.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”