Ada Apa Dengan Toyota Dan Donald Trump?

ulinulin.com – Setelah kemenangan mengejutkan Donald Trump pada pemilu Amerika Serikat beberapa bulan lalu, berbagai macam tanggapan telah banyak dilontarkan beragam media maupun tokoh dari berbagai kalangan. Salah satu tokoh kontroversial yang menjadi presiden Amerika Serikat ke-45 ini, baru-baru saja memberikan pernyataan yang mengherankan? Hal yang mengherankan tersebut nyatanya berkaitan dengan salah satu produsen mobil ternama asal Jepang yakni, Toyota. Lantas ada apa dengan Toyota dan Donald Trump? Berikut ulasannya!

Toyota Hendak Membangun Pabrik Baru di Meksiko. Lantas apa masalahnya?

Baru-baru ini Trump kembali memberikan kecaman terhadap produsen mobil yang hendak membangun pabrik baru di luar Amerika. Salah satunya adalah Toyota yang hendak membangung pabrik baru di Meksiko. Kecaman Trump muncul pada cuitan di akun twitternya yang mengatakan, “Toyota Motor bilang akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, yang memproduksi mobil Corolla untuk AS. NO WAY! Bangun pabrik di AS atau bayar pajak perbatasan besar”.

Sebelumnya, Trump memang telah mengecam perusahaan-perusahaan yang ada di Amerika Serikat yang hendak membangun pabrik baru di luar negeri untuk menekan biaya produksi. Namun, kecaman Trump kali ini merupakan salah satu intimidasi pertama terhadap perusahaan asing–Jepang–di Amerika Serikat. Setelah sebelumnya, Trump sempat mengecam pabrikan mobil asal Amerika, Ford yang juga hendak membangun pabriknya di Meksiko namun akhirnya dibatalkan.

Toyota Merupakan Salah Satu Perusahaan Yang Memberikan Sumbangan Besar Untuk Amerika Serikat

Walaupun dikecam oleh Trump, sejatinya Toyota Motor merupakan salah satu perusahaan yang memberikan sumbangan besar untuk Amerika Serikat. Sumbangan besar tersebut berkaitan dengan sektor ketenagakerjaan di Amerika Serikat. Toyota sendiri berperan penting dalam menekan angka pengangguran di Amerika Serikat. Namun, atas kecaman yang dilontarkan oleh Trump, sumbangan besar Toyota ini justru dibalas dengan penetapan tarif pajak yang tinggi untuk Toyota Corolla yang akan diproduksi dari pabrik barunya di Meksiko.

Saham Toyota Sempat Turun Sebesar 3 Persen!

Akibat cuitan Trump di sosial media Twitter mengenai Toyota yang hendak membangun pabrik di Meksiko, alhasil saham Toyota Motor sempat turun sebesar 3 persen. Selain itu, saham produsen mobil asing asal Jepang lainnya yakni, Honda dan Nissan Motor juga mengalami penurunan sebesar 2 persen. Namun, penurunan ini nyatanya tidak bertahan lama dan kembali normal dalam waktu cepat.

Lalu, Apa Dampaknya?

Kecaman Trump perihal Toyota Motor yang hendak membangun pabrik baru di Meksiko nyatanya bukan kecaman pertama dari seorang Donald Trump. Sebelumnya, beberapa perusahaan lainnya pun–termasuk produsen mobil asal Amerika Serikat sendiri–yakni, Ford juga sempat dikecam karena hendak membangun pabrik baru di Meksiko.

Lantas, apa dampak atas kecaman Trump soal ini? Dengan niat Toyota Motor yang ingin menekan biaya produksi nyatanya berdampak pada pemberlakuan tarif pajak sebesar 35 persen. Hal ini juga berdampak pada produk-produk lainnya yang dibuat perusahaan Amerika Serikat di luar negeri dan mengirim kembali ke Amerika Serikat untuk dijual kepada konsumen Amerika. Namun, hal tersebut tentunya membutuhkan persetujuan kongres dan mengakibatkan biaya untuk konsumen Amerika Serikat menjadi lebih mahal.

Nah, itu dia perihal masalah antara Toyota dan Donald Trump yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Walaupun masalah tersebut tidak berdampak pada Indonesia, namun, untuk dunia otomotif internasional, mungkin dampaknya akan sedikit terasa jikalau Amerika Serikat tetap mempertahankan otoritasnya terhadap penerimaan produk yang diproduksi di luar Amerika Serikat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”