Ada Banyak Jalan Tol, Mudik Lewat Jalur Darat Diprediksi Meningkat

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/14/f8286LtF/mudik-lewat-jalan-tol-1d2b.jpg”>

Tidak dipungkiri meningkatnya pembangunan infrastruktur jalan tol memberi lebih banyak opsi kepada masyarakat pengguna jalan sampai ke daerah lain dalam waktu singkat. Kondisi ini diperkirakan bakal meningkat pada saat musim mudik yang akan tiba tidak lama lagi. Diperkirakan bakal lebih banyak para perantau yang mudik lewat jalur darat demi terhindar dari kemacetan.

Jalan tol diprediksi bakal lebih padat saat arus mudik sebab menjadi tumpuan buat kebanyakan pemudik

Dari sisi positif kepadatan di jalur yang pun bakal terurai dengan beralihnya banyak kendaraan ke jalan tol. Namun ada beberapa pekerjaan rumah yang hingga kini harus diantisipasi seperti kemacetan akibat proyek jalan layang Jakarta-Cikampek yang belum selesai. Pengamat transportasi Darmaningtyas memberikan solusi untuk hal tersebut seperti memperbaiki jalur Pantai Utara atau Pantura dan segala fasiltasnya sehingga yang mudik lewat jalur darat tidak terlalu bergantung pada jalan tol.

“Tol dan rest area sudah lebih siap. Cuma tinggal crowded-nya Jakarta-Cikampek,” tutur Darmaningtyas, seperti dikutip dari Jawa Pos (14/4/2019).

Solusi lain yang disampaikan, pemudik bisa menggunakan sarana transportasi kereta api, tidak melulu bus atau mobil pribadi. Untuk yang satu ini perlu adanya persiapan lebih dini bagi para perantau yang sudah merencanakan mudik lewat jalur darat dengan membeli tiket sejah jauh hari. “Keretanya sudah banyak yang baru,” ujar Darmaningtyas.

Sebagai informasi, PT KAI menyediakan jutaan kursi (tiket) kereta reguler dan tambahan pada musim mudik tahun 2019 ini yang dimulai pada 26 Mei-16 Juni 2019 mendatang. Per 13 April 2019 kursi yang terjual mencapai 1.165.623 kursi (40,6 persen) dan yang tersedia masih 1.705.143 kursi (tiket).

Untuk transportasi udara belum ada laporan mengenai penjualan tiket musim mudik tahun ini. Menurut Direktur Komersial Indonesia Air Asia, Rifai Tiberi, reservasi untuk mudik kebanyakan dilakukan awal puasa. “Jadi, belum bisa dielaborasi karena trennya memang seperti itu,” jelasnya. Meski belum dimulai pencatatan tiket untuk mudik, diprediksi jalur udara bakal mengalami penurunan karena faktor-faktor di atas..

Pemudik diharapkan tidak terlalu bergantung dengan jalan tol agar tidak terjadi kemacetan parah

Kembali ke soal mudik lewat jalur darat menggunakan kendaraan roda empat. Disarankan bagi pemudik untuk mempersiapkan sejak dini seperti memilih mobil yang dikehendaki, bila perlu membeli mobil baru atau bekas segera persiapkan. Pemudik bisa memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan produsen atau diler. Bagi yang ingin menyewa, sebaiknya melakukan booking sejak jauh hari sebelum kehabisan armada karena berebut dengan pemudik lain.

Pemudik juga bisa cara mudik yang kian populer yaitu mudik bareng yang diadakan intansi, perusahaan atau lembaga-lembaga tertentu. Cara ini selain lebih aman juga hemat, pemudik tidak perlu mengeluarkan banyak duit untuk membeli tiket juga tidak perlu berdesak-desakan dengan pemudik lain sebab jumlah pemudik bareng biasanya sudah disesuaikan dengan kuota kendaraan yang disediakan.

Berbagai cara mudik tersedia, pilih yang paling aman, nyaman dan juga hemat

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”