Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/22/6kDubyiR/teknologi-mesin-diesel2-1a9d.jpg”>

1. Direct Injection

Teknologi ini membuat debit BBM yang masuk lebih presisi sehingga tidak banyak terbuang

Keuntungan dari injeksi langsung adalah fuel injector menyemprotkan solar langsung ke ruang bakar. Jadi hanya udara yang dikompresikan sehinga debit bahan bakar minyak (BBM) yang dimasukkan pun lebih presisi. Kondisi ini berbeda dengan teknologi injeksi sebelumnya (indirect injection). Pada cara lama ini, mesin membutuhkan pre-combustion chamber sebagai tempat transit sebelum udara dan bahan bakar disalurkan ke ruang bakar. Teknologi mesin diesel modern ini tidak terlalu banyak digunakan oleh pabrikan.

2. Turbo Variabel

Mobil-mobil Big SUV seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport menggunakan teknologi ini

Turbo adalah perangkat penting bagi mesin diesel. Pemasuk udara paksa ini membuat mesin lebih kapabel tanpa membengkakan kapasitas mesin. Hal ini penting karena semakin besar kapasitas mesin diesel maka semakin berat dan bergetar pula mesin tersebut. Variable Geometric Turbo adalah generasi baru turbo untuk mesin diesel. Toyota sendiri merekayasa teknologi ini pada bagian nosel sehingga diberi nama VNT (Variable Nozzle Turbocharger). Sedangkan BMW lebih canggih dengan menggunakan triple turbo untuk menggandakan output dengan cara kerja secara bertahap bukan bersamaan.

3. Common-rail

Teknologi ini membuat tekanan sangat tinggi sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna

Tugas utama dari teknologi mesin diesel modern ini adalah menghasilkan tekanan bahan bakar yang luar biasa tinggi. Mesin diesel modern yang menggunakan teknologi common-rail umumnya mempunyai tekanan minimal 1.800-1.900 bar. Tekanan yang sangat tinggi mampu membuat bahan bakar menjadi lebih mudah terbakar. Pembakaran yang sempurna ini sekaligus mengurangi getaran meisn dan suara berisik.

4. Reduksi Emisi

Teknologi mesin diesel tidak selalu fokus pada performa tapi juga ramah lingkungan

Tidak hanya fokus pada performa, teknologi mesin diesel modern juga ramah lingkungan. Seperti teknologi BlueTEC yang dimiliki Mercedes-Benz dengan memperhitungan emisi. Nitrogen oksida (NOX) yang dihasilkan direduksi oleh trisula NAC (NOX Absorber Catalyst), SCR (Selective Catalytic Reduction) dan AdBlue. Ketiga teknologi ini membuat mesin diesel milik Mercedes-Benz tidak hanya bertenaga tapi juga ramah lingkungan. Lantas mana teknologi mesin diesel modern favorit Anda?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”