Agar Selalu Kinclong, Bagaimana Cara Mencuci Ruang Mesin Dengan Aman?

ulinulin.com

Dibandingkan mencuci eksterior dan interior mobil, tingkat kesulitan mencuci ruang mesin bisa dibilang lebih tinggi. Anda dituntut kesabaran dan ketelitian ekstra, karena sedikit saja melakukan kesalahan, mobil Anda bisa jadi bermasalah karena banyak sekali komponen mesin yang sensitif terhadap percikan air.

Mencuci ruang mesin mobil dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi

Selain itu, Anda juga harus berkutat dengan sudut-sudut sempit seperti sela-sela mesin, kabel, ataupun selang yang ada di ruang mesin. Tak jarang, banyak orang yang malas mencuci mesin karena tingkat kesulitannya yang lebih tinggi dibandingkan eksterior dan interior mobil. Terlebih, bagian tersebut juga tidak terlihat secara langsung.

1. Persiapkan alat-alat untuk mencuci mobil

Untuk membasahi mesin, dibutuhkan selang dengan splinter agar dapat mengatur keluaran air

Saat mencuci ruang mesin, Anda tentu memerlukan beberapa peralatan yang memudahkan Anda dan membuat hasil mesin maksimal. Hal pertama yang perlu Anda sapkan adalah selang dengan sprinkler, yang mengatur jumlah air yang mengucur ke ruang mesin.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan berbagai jenis sikat. Baik itu sikat gigi ataupun sikat untuk detailing untuk menjangkau daerah yang tak bisa dibersihkan dengan air saja.

Anda juga dapat menggunakan sikat dan kuas yang biasa digunakan dalam proses detailing

Untuk memaksimalkan hasil mencuci ruang mesin, Anda juga perlu menyiapkan suatu cairan pembersih mesin, atau biasa disebut engine degreaser, namun kami sarankan untuk menggunakan cairan dengan zat asam yang tinggi, karena lebih efektif dalam membersihkan kotoran yang ada di ruang mesin.

2. Hal Yang Harus Diperhatikan

Alternator dan karburator harus ditutup karena akan mempengaruhi performa mesin

Pastikan Alternator tertutup dari cipratan air, jika mobil yang akan dicuci masih menggunakan karburator maka tutup juga karburator. Karena dua hal tersebut sangat sensitif terhadap air, dan akan bermasalah jika kemasukan air.

Selain itu, pastikan temperatur mesin juga sudah dingin karena jika mesin masih panas, cairan yang digunakan untuk membersihkan kotoran di mesin justru akan menjadi noda atau bercak di mesin mobil Anda.

3. Cara mencuci mesin

Pastikan keluaran air di sprinkler minimal agar air tidak menggenang di ruang mesin

Atur sprinkler di posisi minimum agar air yang keluar tidak besar, supaya tidak ada air yang menggenang di ruang mesin, khususnya dekat komponen listrik karena khawatir terjadi korsleting.

Untuk proses pencucian ruang mesin, sebaiknya Anda tidak mengaplikasikan sabun dan membersihkan mesin secara sekaligus. Lakukanlah per bagian mesin, misal seperti engine covernya terlebih dahulu, jika telah dioleskan sabun pencuci dan dibilas, Anda bisa menuju bagian lainnya.

Water spot remover memang lebih bersih, namun zatnya terlalu berbahaya jika langsung tersentuh kulit

Catatan: Agar hasil lebih maksimal, sebenarnya Anda bisa menggunakan cairan water spot remover yang punya zat asam lebih tinggi. Namun, tentu hal tersebut akan sangat berbahaya jika bersentuhan langsung dengan kulit, jadi kami sarankan untuk menggunakan Engine Degreaser yang masih terhitung aman.

Berikut cara mencuci ruang mobil dengan hasil yang maksimal, untuk tips & trik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”