Agar Tetap Aman, Inilah Tiga Cara Mengoptimalkan Transmisi Otomatis di Jalanan Menanjak Atau Menurun

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/28/6kDubyiR/transmisi-otomatis-75d6.jpg”>

Karakter transmisi otomatis yang berbeda dengan manual membuat pengemudi lebih nyaman karena kemudahan dalam perngoperasiannya. Karakternya pun berbeda dimana transmisi otomatis perpindahan percepatan diatur secara bergantian dengan memindahkan satu kali tuas perseneling. Kebutuhan akan transmisi otomatis pun semakin meningkat seiring dengan teknologi yangt terus berkembang. Meski begitu transmisi otomatis juga bisa dioptimalkan ketika melalui jalanan menanjak dan menurun. Ada trik atau cara yang tepat gara tenaga saat menanjak dan menurun bisa maksimal.

Gunakan tombol over drive (O/D)

Fitur over drive pada transmisi otomatis berfungsi untuk melalui jalan menanjak agar tetap lebih aman

Salah satu fitur yang ada dalam transmisi otomatis adalah over drive (O/D). Fitur ini berguna bila mesin membutuhkan putaran tinggi khususnya ketika Anda dalam kondisi menanjak atau ingin mendahului kendaraan di depan. Cara mengaktifkan opsi O/D pun berbeda-beda setiap mobil. Ada yang cara mengaktifkannya dengan menekan tombol dan mesin akan lebih responsif dan berkerja di putaran tinggi.

Pindahkan tuas ke posisi rendah saat kontur jalan menanjak dan menurun

Posisi L pada transmisi otomatis bisa membantu engine brake saat jalanan menurun

Meski mudah dioperasikan, pabrikan juga menyiapkan kebutuhan berkendara untuk melintasi jalan yang menanjak atau menurun. Kontur jalan yang tidak dapat diprediksi membuat transmisi otomatis tersedia pilihan untuk percepatan rendah. Umumnya dikenal dengan posisi 1 atau L (low) dimana mesin bekerja seperti gigi 1 atau 2 pada transmisi manual.

Bila Anda posisitas tuas perseneling di posisi 1/L maka mesin akan lebih banyak menghasilkan torsi. Sehingga ketika menanjak torsi maksimal akant erpakai dan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga yang dikeluarkan mesin tersebut. Sedangkan saat posisi mobil menurun, bisa dipindahkan ke angka 2 atau L yang akan berfungsi seperti halnya engine brake pada mobil bertransmisi manual

Gunakan perpindahan semi-manual (Sport Sequential Shiftmatic/ Paddle Shift)

Paddle shift membuat transmisi otomatis bisa dioperasikan seperti manual sehingga tetap aman saat menanjak atau menurun

Teknologi yang terus berkembang membuat pabrikan berinovasi dalam hal transmisi otomatis. Salah satu fitur atau teknologi yang sudah banyak digunakan mobil-mobil mewah adalah semi-manual atau juga dikenal dengan nama Sport Squential Shiftmatic. Bila Anda menggunakan fitur ini mobil bisa berpindah gigi tanpa harus menginjak pedal kopling karena sudah diatur oleh sistem.

Untuk mobil bertransmisi otomatis yang menggunakan fitur semi-manual ini akan membuat pengemudi lebih mudah untuk mendapat tenaga maksimal. Sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur ini secara optimal saat melalui jalanan menanjak dan menurun. Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, dimana pengemudi cukup memindahkan tuas pada posisi manual (M) yang kemudian bisa digerakkan maju atau mundur untuk perpindahan percepatan. Bebrapa pabrikan ada yang menyediakan paddle shift untuk memudahkan perpindahan percepatan yang terletak dibalik setir.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”