Agar Tidak Celaka, Pelajari Cara Menyalip Mobil Yang Tepat

ulinulin.com

Menyalip mobil adalah salah satu momen yang sering dihadapi oleh para pengemudi di jalanan. Meski momen ini berlangsung singkat, namun pengemudi harus memperhitungkan segala sesuatunya agar cara menyalip mobil tetap aman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi gagal menyalip sehingga Anda terhindar dari kecelakaan.

Salah perhitungan saat menyalip mobil bisa berakibat kecelakaan

Hal pertama yang harus Anda hindari adalah menyalip di medan menanjak. Selain itu juga jangan pernah menyalip ketika mobil memasuki tikungan karena Anda tidak pernah tahu apakah ada mobil lawan arah yang sedang melintas. Kedua, disarankan untuk menggunakan gigi rendah untuk mobil bertransmisi manual. Mengapa? Agar torsi maksimum kendaraan lebih tercapai sehingga akselerasi mobil lebih cepat.

Hal ketiga yang wajib diperhatikan adalah marka jalan dalam cara menyalip mobil. Bila marka jalan berupa tanda garis panjang tidak terputus, maka Anda dilarang menyalip karena dalam arena berbahaya. Namun bila garis putus-putus diperbolehkan menyalip selama aman.

Perhatikan kondisi lalu lintas sekitar dan rambu seperti marka jalan sebelum menyalip

Keempat, hati-hati jika ada kendaraan lain di belakang yang mengikuti, atur jarak dan jangan terburu-buru menurunkan kecepatan. Hal ini karena mobil yang ikut mendahului butuh ruang untuk masuk lajur kiri. Hal lainnya yang juga tidak boleh diabaikan adalah membunyikan klakson atau menyalakan lampu jauh secara berlebihan. Ini bisa memancing emosi pengemud di depan Anda. Jadi, selalu waspada ya dalam cara menyalip mobil, selamat mencoba.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”