Agar Tidak Tertipu, Begini Cara Membedakan Suku Cadang Asli Atau Palsu

ulinulin.com

Umumnya pemilik mobil melakukan pembelian suku cadang di bengkel resmi. Hal itu dianggap praktis, karena mereka mempercayakan kepada mekanik, komponen apa saja yang perlu diganti. Meski demikian, tidak sedikit yang membeli suku cadang tanpa melakukan servis. Biasanya, proses pengerjaan diserahkan ke bengkel milik kerabat atau yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal.

Beraga suku cadang pada mobil membuat Anda harus hati-hati saat membeli agar tidak teritpu

Memang, pemilik mobil juga bisa membeli suku cadang di bengkel umum atau toko suku cadang. Namun maraknya pemalsuan membuat konsumen terkadang susah membedakan, suku cadang asli atau palsu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil saat belanja suku cadang agar tidak tertipu.

Pertama, pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan belum terbuka, untuk menjamin keasliannya. Selain kemasan yang membedakan suku cadang asli atau palsu, konsumen sebaiknya membeli suku cadang di tempat yang terpercaya atau yang bekerja sama dengan Agen Pemegang Merek (APM).

Selain itu kondisi stiker barcode yang tertera pada kemasan suku cadang harus dalam kondisi baik, seperti tidak rusak, sobek dan kondisi tulisan jelas. Pastikan tampilan hasil proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan sebagai kepastian suku cadang asli atau palsu.

Suku cadang asli meski mahal namun tahan lama untuk jangka panjang

Terakhir, perhatikan lapisan hologram tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas. Beberapa pabrikan menggunakan hologram yang memiliki warna keemasan agar tidak mudah ditiru. Nah, jadi sudah tahu bukan cara yang tepat membedakan suku cadang asli atau palsu. Semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”