"/> Agar Visibilitas Tidak Terganggu, Inilah Tips Menjaga Kondisi Kaca Dari Baret

Agar Visibilitas Tidak Terganggu, Inilah Tips Menjaga Kondisi Kaca Dari Baret

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/01/09/NaRYWXKq/0113-1-86e5.png”>

Saat berkendara di malam hari, visibilitas menjadi lebih terbatas. Terlebih ketika ada baret di permukaan kaca membuat pandangan tidak nyaman selama berkendara. Pancaran sinar lampu dari luar menjadi bias. Mata pun cepat lelah karena harus konsentrasi lebih tinggi.

Penyebab dari kaca baret beraneka ragam. Hal kecil seperti debu bisa menjadi penyebab kaca cepat baret. Terlebih bila Anda terbiasa mengaktifkan wiper tanpa menggunakan washer terlebih dahulu membuat kotoran yang menempel pada kaca bisa membaret kaca.

Salah satu penyebab baret pada kaca adalah wiper yang sudah aus

Akibatnya, debu yang terperangkap di wiper akan menggores kaca. Pemakaian alat pembersih mobil yang tidak tepat juga bisa merusak kualitas kaca dan menimbulkan baret halus. Selain itu, kebiasaan mobil diparkir di bawah pohon juga bisa menggores kaca karena terdapat kemungkinan kejatuhan ranting pohon.

Selain terlihat oleh mata, salah satu ciri kaca ada baret adalah cahaya matahari yang terpantul atau silau ketika mengenai kaca mobil. Untuk mencegah baret halus tersebut, biasakan menggunakan washer sebelum mengaktifkan wiper.

Melakukan perawatan juga diperlukan untuk menghilangkan baret tipis agar visibilitas terjaga

Untuk mengurangi baret pada kaca, siram kaca dengana ir bersih pada seluruh permukaan dan lap dengan kain chamois. Penyiraman kaca ini untuk menjangkau area yang tidak terkena dari air siraman washer.

Mungkin Anda berpikir bahwa debu tidak terlalu berbahaya untuk kaca karena bentuknya yang kecil. Padahal debu bisa lebih berbahaya untuk kaca dibandingkan karet wiper yang mengeras. Namun akan berbeda kasus ketika karet wiper sobek dan rangka besi menyentuh permukaan kaca, bisa membuat baret lebih dalam.

Mengeringkan kaca dari air hujan juga penting agar kaca tetap terawat

Agar terhindari dari baret dalam akibat wiper, cek secara rutin 6 bulan sekali kondisi karet wiper untuk memastikan masih dalam kondisi baik. Usia karet wiper umumnya lebih pendek pada cuaca tropis. Mengangkat rangka wiper dan tidak menyentuk kaca saat parkir di area luar bisa menjadi solusi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”