Agen Adalah: Pengertian, Tugas, dan Jenisnya

ulinulin.com – Agen (agent) adalah pelaku bisnis yang bertindak sebagai perantara dalam kegiatan pemasaran barang. Dalam bisnis, biasanya istilah agen sering disamakan dengan distributor.

Namun, ternyata keduanya punya perbedaan lho. Berikut merupakan penjelasan dari artinya agen, ciri, hingga kelebihan serta kekurangannya.

Dikutip dari e-book Hukum Perlindungan Konsumen Transaksi Jual Beli dengan garansi oleh Hartanto, agen adalah pihak atau pedagang perantara, yang melakukan jual-beli untuk pemilik usaha. Di sini, agen tidak mempunyai hak milik atas semua barang yang ditanganinya.

Sementara, dalam e-book Hukum Dagang, agen dagang adalah orang yang mempunyai perusahaan, yang berfungsi untuk memberikan perantara pada pembuatan persetujuan tertentu. Misalnya, persetujuan jual beli antara pihak ketiga dengan seorang prinsipal.

Agen dikirim langsung dari prinsipal kepada konsumen.Dalam hal ini, keagenan merupakan perihal perwakilan (perdagangan dan sebagainya) dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan agen.

Hubungan agen dengan suatu perusahaan yang membeli barang-barang merupakan ikatan perjanjian. Di mana, hubungan perjanjian kerja itu disebut kontrak agency atau perjanjian keagenan.

Tugas dan tanggung jawab agen adalah sebagai berikut:

Warnadi dan Aris Triyono dalam e-book Manajemen Pemasaran, menyebutkan bahwa pada dasarnya agen digolongkan menjadi dua golongan, yakni agen penunjang dan agen pelengkap.

Agen penunjang adalah agen yang dalam kegiatannya berfokus untuk pemindahan barang dan jasa. Agen ini bertugas untuk melayani kebutuhan-kebutuhan dari setiap kelompok.

Dalam hal ini, agen penunjang bertugas untuk memindahkan barang, serta mengadakan hubungan langsung dengan pembeli dan penjual.

Contoh agen penunjang:

Agen pelengkap merupakan golongan agen yang berfungsi untuk melaksanakan jasa-jasa tambahan dalam penyaluran barang. Jadi, apabila ada lembaga atau pedagang lain yang tidak bisa melaksanakan kegiatan terkait penyaluran barang, maka agen pelengkap ini bisa menggantikannya.

Adapun jasa-jasa yang dilakukan agen pelengkap yaitu: jasa konsultasi (pembimbingan), jasa finansial, jasa Informasi, serta jasa khusus. Berdasarkan jenisnya, contoh agen pelengkap dibagi menjadi:

Berikut merupakan beberapa contoh agen dagang:

Adapun kelebihan dan keuntungan agen adalah sebagai berikut:

Kekurangan agen:

Agen adalah pihak yang melakukan suatu transaksi bisnis tertentu, yang menghubungkan produsen di satu pihak dan konsumen di lain pihak. Sedangkan, distributor adalah individu/perusahan yang menyalurkan produk yang mereka beli kepada pelanggan atau pembeli.

Dalam e-book Hukum Bisnis untuk Perusahaan: Teori dan Contoh Kasus Edisi Kelima oleh Dr. Abdul R. Saliman, S.H., M.M, Nathan Weinstock menyebutkan beberapa bedanya agen dan distributor:

Demikian penjelasan tentang apa itu agen lengkap dengan contoh, serta kelebihan dan kekurangannya. Sekarang, detikers jadi tahu kan apa saja tugas agen?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”