Air Terjun Songgo Langit, Menikmati Pesona Alam Eksotis Nan Alami Jepara

ulinulin.com – Salah satu tempat wisata yang begitu populer di Kabupaten Jepara dan memiliki pesona alam yang begitu indah yaitu Air Terjun Songgo Langit. Air terjun ini memang tengah menjadi tempat wisata favorit di kabupaten tersebut, karena memang menawarkan keindahan yang begitu mengagumkan. Ada banyak sekali keseruan bisa didapatkan saat berada di sana.

Berbagai macam spot menarik bisa Anda nikmati bersama dengan teman maupun sanak famili. Merefleksikan pikiran dan juga jiwa yang penuh dengan penat dengan cara menikmati sajian di tempat tersebut pastinya akan sangat menyenangkan. Karena itu, Anda jangan lewatkan kesempatan untuk berada di sana.

Air Terjun Songgo Langit memiliki ketinggian mencapai 30 meter serta memiliki debit air yang deras. Sehingga pemandangan alam di tempat satu ini sungguh begitu eksotis dan juga mengagumkan. Karena itulah, ketika liburan tiba, maka sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi tempat ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Songgo Langit

1. Spot Foto yang Indah

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Air Terjun Songgo Langit, salah satunya yaitu di tempat tersebut ada banyak sekali spot foto yang di situ menarik. Dengan banyaknya spot foto tentunya Anda bisa memanfaatkan sebagai latar belakang. Derasnya air terjun di tempat tersebut memang menjadi salah satu spot paling populer.

Selain itu, terdapat banyak lagi spot-spot yang tak kalah unik di sudut lain air terjun tersebut yang pastinya akan membuat hasil jepretan kamera Anda tampak begitu instagramable. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera sebelum akhirnya Anda berangkat ke tempat wisata ini.

2. Legenda Air Terjun

Air terjun ini memang terkenal oleh legendanya yang bercerita mengenai sepasang suami istri tengah menaiki sebuah pedati. Saat tengah malam kemudian mereka secara tidak sengaja salah mengambil jalan oleh karena areanya yang gelap.

Dan akhirnya suami istri tersebut pun terperosok ke dalam sebuah jurang. Karena itulah kini tempat tersebut dinamakan Songgo Langit.

3. Panorama yang Indah

Dinamakan dengan Songgolangit itu dikarenakan Air Terjun Songgo Langit tersebut berada di area bawah tebing, sehingga tampak seolah-olah air terjun menyangga langit di bagian atas. Tinggi dari tempat tersebut mencapai 80 meter, sedangkan lebarnya yaitu 2 m. Di tempat itu terdapat juga area kolam sebagai tempat penampungan air yang memiliki kedalaman 3 m.

Anda akan merasa begitu senang saat berada di sana, hal itu dikarenakan di sekitar area terdapat banyak sekali kupu-kupu yang memiliki aneka warna. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda jadi terhibur selama berada di tempat ini.

Banyak pengunjung yang percaya bahwa air yang ada di Air Terjun Songgo Langit dapat membuat orang jadi awet muda. Siapapun yang membasuh wajah mereka memakai air di sana ataupun mandi, akan menjadikan mereka lebih awet muda. Namun perlu diperhatikan, ketika Anda ingin bermain air ataupun mandi, maka Anda harus lebih berhati-hati.

Sebab di area kolam terdapat palung yang memiliki kedalaman 8 m, sehingga akan membuat seseorang terseret ke dalamnya. Bahkan menurut warga sekitar telah ada beberapa pengunjung yang menjadi korban palung tersebut. Karena itulah, akhirnya diberikan papan peringatan yang berisi mengenai larangan untuk berenang.

Sebelumnya juga sudah terdapat pagar besi yang mengelilinginya, sehingga bermanfaat guna membatasi area pinggiran kolam serta untuk menjaga keamanan wisatawan. Tapi sayangnya pagar tersebut akhirnya roboh dan hilang karena derasnya air terjun yang jatuh ke bawah.

Bagi Anda yang di sini ingin menyaksikan keindahan yang sempurna dari tempat tersebut, maka Anda perlu datang ketika waktu musim kemarau panjang. Karena pada saat-saat itulah air terjun yang di tempat tersebut memiliki debit yang tidak terlalu banyak.

Di area tebing yang mengelilingi air terjun dipenuhi juga dengan tumbuhan hijau, oleh karena itulah udara di tempat tersebut terasa begitu sejuk. Bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di tebing, maka sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak terjatuh. Karena memang tebing di tempat tersebut cukup licin.

Lokasi dan Rute Tempat Wisata

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Air Terjun Songgo Langit, maka Anda perlu segera meluncur ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya tempat wisata ini berada di Kecamatan Kembang. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Jepara, maka Anda harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 30 km dari arah utara.

Untuk mencapai tempat wisata tersebut, Anda bisa memakai mobil maupun motor, karena memang akses jalan ke tempat tersebut sudah beraspal. Dari pusat kota, Anda tinggal mengambil arah menuju ke Kabupaten Pati. Saat Anda sudah berada di Kecamatan Kembang, Anda tinggal menuju ke Desa Cepogo.

Ikuti jalan hingga akhirnya Anda menemukan pertigaan, dari sana Anda harus menempuh jarak kurang lebih 11 km hingga akhirnya tiba di Desa Bucu. Lokasi dari air terjun tersebut memang tidak jauh dari Kecamatan Keling. Anda yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, maka nantinya bisa menaiki angkutan umum, kemudian diteruskan dengan naik ojek.

Harga Tiket Tempat Wisata

Sebagai salah satu tempat wisata yang cukup digemari, Air Terjun Songgo Langit memang menawarkan keindahan lain dibanding yang lain. Tapi harga tiket untuk bisa menikmati keindahan dan keseruan mandi di sana sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 1.500 saja ketika hari aktif.

Sedangkan jika Anda datang pada hari libur, besar biaya yang harus Anda bayar yaitu sebesar Rp 2.000. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, nantinya juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 1.500.

Anda bisa datang ke air terjun kapanpun Anda mau, karena memang air terjun ini dibuka 24 jam penuh. Saat Anda datang ke tempat wisata ini, maka sebaiknya persiapkan fisik Anda, karena medan yang harus Anda lalui nantinya memang cukup sulit.

Selain itu, pastikan Anda sudah menyiapkan kebutuhan selama dalam perjalanan, seperti minuman maupun makanan. Ikuti instruksi dari penjaga ataupun aturan yang ada di papan. Upayakan Anda benar-benar mengikuti semua instruksi tersebut supaya nantinya kegiatan liburan Anda tidak terganggu.

Aktivitas Menarik Tempat Wisata Air Terjun Songgo Langit

1. Bermain Air

Terdapat beragam aktivitas yang bisa dilakukan selama Anda mengunjungi Air Terjun Songgo Langit. Salah satu aktivitas tersebut yaitu mandi dan bermain air. Seperti yang telah diulas di atas bahwasannya di tempat ini terdapat kolam utama yang memiliki air begitu segar dan jernih.

Anda nantinya bisa bermain air di beberapa titik yang disarankan oleh petugas. Namun bagaimanapun juga Anda harus tetap waspada dan berhati-hati, terlebih lagi ketika arus air tengah deras.

Anda para pengunjung diharapkan untuk tidak berbuat hal-hal yang dirasa terlalu berlebihan, sehingga mengakibatkan resiko keselamatan Anda terancam. Sebaiknya Anda cukup menikmati keindahan alam yang tersaji di sana dalam batas wajar.

2. Hunting Foto

Aktivitas berikutnya yang tak kalah seru untuk dilakukan yaitu hunting foto. Di Air Terjun Songgo Langit terdapat beberapa spot foto yang begitu menarik dengan latar belakang alam yang sangat instagramable. Karena itulah, pemandangan yang ada di sana sangat layak untuk Anda abadikan dalam jepretan kamera.

Namun perlu untuk Anda perhatikan, spot selfie yang terdapat di bagian atas tepat berada di depan air terjun tersebut. Anda harus berhati-hati ketika berada di sana, karena memang di tempat tersebut masih belum ada pagar pembatas di bagian belakangnya.

Secara keseluruhan panorama yang terdapat di air terjun memang layak untuk Anda abadikan. Dan jangan lupa pula untuk membagikannya di sosial media supaya banyak masyarakat yang tahu akan keindahan dari air terjun tersebut.

3. Bersantai

Di sekitar area Air Terjun Songgo Langit memang sudah tertata dengan cukup baik. Terlebih lagi saat ini terdapat beberapa tempat duduk dan juga spot yang begitu nyaman bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam ataupun mengabadikannya.

Karena itulah, salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk Anda lakukan selama berada di air terjun tersebut yaitu bersantai bersama dengan keluarga.

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Songgo Langit

Objek wisata Air Terjun Songgo Langit ini memiliki fasilitas yang dapat menunjang segala kegiatan dari wisatawan yang datang. Di sana nantinya Anda tidak akan kesusahan untuk menemukan MCK ataupun kamar mandi.

Selain itu, bagi Anda yang ingin salat, di sana juga telah tersedia musholla. Anda juga tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah, karena di kawasan wisata Air Terjun tersebut telah berdiri beberapa warung yang menyajikan berbagai macam menu menarik dan lezat.

Tidak hanya itu saja, nantinya Anda juga akan menemukan fasilitas berupa gazebo di tempat tersebut. Di sana juga telah tersedia tempat sampah dan pos keamanan. Karena itu, sebaiknya Anda jangan membuang sampah sembarangan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Air Terjun Songgo Langit yang perlu untuk Anda ketahui. Saat liburan tiba, maka jangan sia-siakan waktu untuk tidak mengunjungi tempat tersebut. Karena dipastikan Anda bersama dengan keluarga akan memperoleh momen liburan yang mengesankan di tempat ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”