Air Terjun Suwono, Surga Air Tersembunyi di Ngawi

ulinulin.com – Lokasi: Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur 63263HTM: Rp. 3.000 per orangBuka/Tutup: 08:00-16:00Map: KlikDisini

Bukan menjadi hal asing lagi bahwa daerah Ngawi terdapat pesona alam yang menakjubkan. Salah satu pesona wisata alam yang tidak banyak diketahui adalah Air Terjun Suwono. Air terjun yang elok ini berasal dari Gunung Lawu, sebab berada di lereng gunung tersebut.

Meskipun air terjun ini terpencil dan berada tersembunyi, namun wisata ini sudah dikelola secara pribadi oleh warga setempat. Karena masih dikelola oleh warga setempat, fasilitas yang disediakan pun belum terlalu lengkap.

Namun tetap saja tidak akan mengurangi keindahan dan keasrian air terjun ini.

Akses dan Rute Jalan

Akses menuju air terjun Suwono ini bisa ditempuh dari tiga jalur. Jika Anda berasal dari kawasan pusat Ngawi, Anda bisa mengambil jalur Jogorogo-Ngrambe.

Adapun jalur lain adalah apabila Anda berasal dari Gendingan, Anda bisa langsung mengambil jalur Gendingan-Ngrambe. Pun jika Anda datang dari Sragen, Anda bisa menyusuri jalur Sine, kemudian Ngrambe. Patokan untuk menuju air terjun ini adalah setelah menemui Pasar Ngrambe.

Ketika Anda sudah masuk wilayah Pasar Ngrambe , sekitar 7 kilometer dari perempatan pasar Ngrambe, Anda ambil jalur arah Hargomulyo, kemudian lurus sampai Anda menemui SDN Hargomulyo 2.

Di dekat SDN tersebut, Anda akan bertemu dengan pertigaan, Anda bisa belok ke sebelah kanan, biasanya ada plang atau petunjuk arah yang bisa memandu Anda sampai di air terjun ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua atau roda empat untuk menyambangi tempat ini. Namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan sepeda motor karena akses jalannya yang sempit.

Jika memakai mobil, kemungkinan besar Anda akan sedikit mengalami kesulitan terlebih jika ada dua mobil berpapasan dari arah yang berbeda.

Medan jalannya pun cukup menantang. Anda akan disajikan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok, namun itu cukup menarik apalagi jika Anda adalah traveler sejati.

Keindahan yang Mengesankan di Curug Suwono

Setelah Anda sampai di kawasan Air Terjun Suwono, Anda tidak bisa langsung menemui air yang jatuh di bebatuan.

Anda akan bertemu dulu dengan lahan parkir yang disediakan oleh warga setempat. Setelah membayar tiket masuk dan memarkirkan kendaraan Anda, Anda bisa membeli bekal untuk perjalanan Anda menuju air terjun di warung kecil dekat lahan parkir.

Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali dengan berjalan kaki. Jalannya masih tanah bebatuan yang cukup menanjak.

Sekitaran 600 meter Anda harus berjalan untuk sampai pada air terjun. Di perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan indah di sepanjang jalan yang dikerumuni pohon pinus dan karet ditambah suara-suara binatang yang khas.

Setelah perjalanan yang cukup panjang, seketika kelelahan yang Anda rasakan akan terbayar dengan pemandangan gemericik air yang jatuh dari ketinggian sekitar 20-30 meter dengan menghantam batu-batu kecil maupun besar.

Airnya terasa dingin menyentuh kulit karena kurangnya sinar matahari yang masuk. Anda bisa memanfaatkan momen indah ini dengan mengambil gambar atau berswafoto untuk kemudian di-update di media sosial Anda. Anda juga bisa berenang di kolam dengan ketinggian sekitar 70 cm dengan air yang masih jernih alami.

Jika Anda kurang puas, Anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 3 kilometer ke Curug Pengantin. Curug ini dikenal dengan keindahan air yang berpasangan yang merupakan asal usul dari penamaan air terjun tersebut.

Curug ini lekat sekali dengan mitos dan sejarahnya yang beredar di masyarakat. Anda bisa menambah kesan liburan Anda dengan menyempatkan mampir ke air terjun unik yang satu ini juga.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung hanya perlu membayar Rp 3.000 saja per orang.