Alun-Alun Majalengka, Menikmati Libur Akhir Pekan Sembari Kulineran

ulinulin.com – Berlibur ke Jawa Barat, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke Alun-Alun Majalengka. Tempat ini memiliki pesona yang cukup menarik hati para wisatawan ketika hari biasa maupun musim liburan. Pasalnya, tempat ini memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang datang, suasana yang begitu mengesankan dengan berbagai macam fasilitas dan konsep unik. Penasaran dengan pesona Alun-Alun Majalengka? Simak di sini!

Sekilas Tentang Alun-Alun Majalengka

Alun-Alun ini merupakan satu satu tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung, baik wisatawan lokal maupun daerah lainnya. Sejak direvitalisasi menjadi Alun-Alun modern dan arsitektur yang cukup unik, tempat ini menjadi ikon kebanggaan bagi masyarakat kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Uniknya, tempat wisata ini memberikan kesan tersendiri jika mengunjunginya. Sebab, lokasinya berada di pusat kota dan diapit oleh Jalan KH Abdul Halim dan Jalan Ahmad Yani. Karena lokasinya yang cukup strategis, hal inilah yang menjadikan Alun-Alun Majalengka menjadi ramai ketika hari biasa maupun musim liburan.

Tempat wisata ini menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berada di Majalengka. Pasalnya, kawasan wisata ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk menghabiskan liburan. Sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata taman kota yang mempunyai keindahan yang tidak dapat ditemukan di daerah lainnya.

Alun-Alun menjadi pilihan yang paling tepat jika ingin mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, maupun hari libur lainnya. Keindahan wisata ini sangatlah mempesona, sehingga menarik semua semua orang yang berada di dekat atau di kejauhan untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Majalengka

Objek wisata yang satu ini memang hanyalah sebuah taman kota, namun ternyata ada banyak daya tarik yang tersimpan. Pesonanya tak kalah menarik dengan objek wisata lainnya yang ada di Jawa Barat. Bahkan taman kota ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak ada duanya. Selain itu, wisata ini cukup menyedot banyak perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung.

Hal ini dipengaruhi oleh pesona dari Alun-Alun Majalengka yang begitu unik. Pertama jika dilihat dari letaknya, taman kota ini memiliki lokasi yang cukup strategis. Pasalnya, Alun-Alun ini berada tepat di pusat kota. Sama seperti kebanyakan Alun-Alun yang ada di Pulau Jawa, kawasan wisata ini dekat dengan masjid agung, pendopo dan pasar.

Sistem tata letak dari kawasan Alun-Alun ini merupakan bentuk dari sistem era Kerajaan Mataram Islam. Tak heran jika memiliki letak yang cukup unik dengan kawasan masjid dan lain sebagainya. Ramainya kawasan taman kota ini dipengaruhi oleh letaknya yang berada di tengah tengah kota. Meskipun begitu, Alun-Alun ini sudah disulap menjadi lebih baik dengan konsep yang nyaman dan murah.

Ketika malam tiba, suasana di kawasan taman ini menjadi semakin ramai. Apalagi dengan cahaya lampu yang berada di sekitar Alun-Alun. Tentunya menambah pesona dari taman kota yang unik ini. Meskipun hari semakin gelap taman kota ini akan semakin padat dikunjungi oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan lampu lampu hias yang menawan.

Tersedia juga becak yang begitu unik dengan hiasan lampu berwarna warni. Becak ini disewakan kepada pengunjung yang ingin berkeliling Alun-Alun Majalengka yang tidak ingin lelah berjalan kaki. Selain berjalan jalan, pengunjung juga bisa sekedar berkumpul dan duduk duduk santai di sekitar taman kota ini.

Setelah asyik menghabiskan waktu sejenak di Alun-Alun, Anda bisa memanjakan lidah Anda dengan santapan khas dari daerah ini. Anda bisa menikmati sajian yang begitu lezat, seperti jajanan gurih sampai manis tersedia di kawasan taman ini. Tentunya, jajanan tersebut tersaji dengan rasa yang begitu menggugah selera.

Anda bisa mencoba makanan khas Jawa Barat, seperti seblak, makaroni basah, cemilan, dan hidangan lezat yang lainnya. Kuliner ini disediakan di sekitar taman kota dan akan ramai ketika hari libur dan minggu pagi. Semua jajanan tersedia di sini, mulai dari makanan ringan hingga berat. Bahkan ada juga penjual lainnya yang menjajakan dagangannya yang cukup beragam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Alun-Alun Majalengka

Untuk lokasi Alun-Alun terbilang cukup mudah ditemukan. Sebab, taman kota ini berada di lokasi yang sangat strategis. Letaknya ada di Jalan Alun-Alun Barat, Majalengka Kulon. Sebagai patokan, Anda bisa menggunakan patokan khusus yaitu lokasinya diapit oleh Jalan KH Abdul Halim dan Jalan Ahmad Yani.

Namun, jika Anda masih saja bingung dimana lokasi tepatnya, maka disarankan untuk mencari bantuan. Anda dapat menggunakan perangkat Peta Digital untuk menemukan objek wisata Alun-Alun Majalengka. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk menemukan lokasi yang Anda cari tersebut.

Bagi wisatawan lokal, mungkin tidak akan kebingungan lagi untuk mencari lokasi ini. Sebab lokasinya cukup mudah ditemukan di pusat kota. Akan tetapi, jika wisatawan yang berasal dari luar daerah atau wisatawan mancanegara bisa menggunakan bantuan dari perangkat peta digital. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi tersesat menemukan lokasi tujuan.

Karena berada di kawasan kota, maka aksesnya cukup mudah. Bahkan, tersedia transportasi umum untuk menuju Alun-Alun. Selain itu, Anda bisa menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena akses jalannya yang mudah dan sangat mulus, banyak orang yang mengunjungi taman kota yang satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Majalengka

Jika dilihat saat malam hari, kawasan ini memiliki taman kota berhiaskan lampu lampu indah yang menawan. Tak heran jika banyak pengunjung yang ingin singgah dan mengabadikan momen terbaik. Pengunjung yang datang bisa menikmati suasana malam sambil berfoto dengan latar belakang taman yang lampunya cukup unik.

Dengan desain yang menarik dan konsep klasik, Alun-Alun memancarkan cahaya dengan warna warna penuh keindahan. Apalagi dengan adanya bunga bunga yang tumbuh menjadi dekorasi, tentu menambah semarak keceriaan ketika berada di kawasan taman ini. Dengan adanya bunga ini, maka bisa dijadikan background foto tambahan ketika berada di Alun-Alun Majalengka.

Untuk menambah kenyamanan, tersedia lapangan rumput sintetis yang dapat dipilih untuk menikmati waktu di taman yang satu ini. Tak hanya itu saja, ada juga permainan indah air mancur yang bisa menarik para pengunjung untuk singgah sejenak. Dengan fasilitas tersebut, para pengunjung bisa lebih santai sambil menikmati keindahan sekitar kawasan taman kota ini.

Fasilitas yang Tersedia di Alun-Alun Majalengka

Objek wisata yang satu ini bisa dibilang menjadi sebuah taman kota yang begitu mempesona. Sebab, terdapat banyak sekali daya tarik, dari keindahan, tata letak, desain arsitektur, sampai dengan suasana yang ada di kawasan taman tersebut. Selain itu, ada beberapa fasilitas lainnya yang disediakan demi menunjang pengunjung yang hadir di taman kota ini.

Mengingat kawasan wisata ini menarik banyak orang, tentu pihak pengelola menyediakan fasilitas area parkir kendaraan. Fasilitas yang disediakan tersebut tentunya tidak tanggung tanggung, sebab luasnya bisa dimuati oleh banyak kendaraan. Sehingga, ketika di hari libur yang banyak didatangi para pengunjung bisa lebih leluasa memarkirkan kendaraan.

Tak berhenti sampai di situ saja, pengunjung yang datang juga tidak akan lagi kebingungan jika harus berada seharian di Alun-Alun Majalengka. Objek wisata ini menyediakan tempat ibadah bagi umat Islam dalam menjalankan kewajibannya serta kamar mandi untuk menunjang para wisatawan yang datang. Dengan begitu, mereka bisa lebih tenang jika menghabiskan waktu liburan.

Menariknya lagi jika Anda ingin lebih lama menikmati waktu di Majalengka, maka Anda dapat menginap di dekat kawasan Alun-Alun. Tersedia hotel dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan para wisatawan. Tentunya, tarif yang dipatok cukup terjangkau dan tidak menguras kantong Anda.

Tips Berkunjung ke Alun-Alun Majalengka

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengunjungi Alun-Alun Majalengka. Sebagai saran, Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan yang dapat menunjang kegiatan yang ada di sana. Misalnya saja membawa barang tambahan kamera dan lain sebagainya. Siapa tahu Anda ingin mengabadikan momen kebersamaan ketika berada di taman kota tersebut.

Jangan lupa juga bawalah perlengkapan kesehatan sebagai langkah pencegahan. Seperti contoh, membawa tisu basah, sabun, sampo, dan juga antiseptik. Tak lupa juga siapkanlah fisik dan kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat. Tujuannya, liburan Anda dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala atau hambatan ketika menuju lokasi yang diinginkan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Alun-Alun Majalengka yang begitu menawan. Taman kota ini kerap kali menjadi pilihan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Jawa Barat. Sebab, ada banyak fasilitas yang tersedia dan juga lokasinya yang cukup strategis. Dengan begitu, Anda bisa menghabiskan waktu seharian ketika berada di sini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”