Aman Berkendara dengan GPS Penunjuk Jalan

ulinulin.com – GPS Penunjuk Jalan | Penunjuk Jalan

Global Positioning System (GPS atau GPS Penunjuk Jalan) memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara karena memberikan petunjuk arah. Tapi, di sisi lain hal ini juga bisa membahayakan pengendara jika tidak digunakan secara tepat.

GPS Penunjuk Jalan adalah sistem navigasi berbasis satelit yang digunakan untuk menentukan arah. Saat ini, penggunaan GPS sudah tak lagi terbatas pada maskapai penerbangan dan militer saja, tapi sudah bisa diakses masyarakat umum sebagai panduan saat berkendara.

Sebagai sebuah sistem yang cukup canggih, GPS Penunjuk Jalan memberikan fungsi yang sangat bermanfaat bagi pengendara. Dengan GPS, pengendara bisa mendapatkan petunjuk arah yang tepat tanpa harus repot-repot membuka buku peta.

GPS Penunjuk Jalan juga secara otomatis akan memilih jalur mana yang harus diambil pengendara untuk menghindari kemacetan agar waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat. Penggunaan GPS juga sangat praktis karena sudah disematkan di dalam smartphone.Meski demikian, penggunaan yang tidak tepat justru akan membuat pengendara kehilangan keamanan dan kenyaman berkendara, bahkan bisa membahayakan keselamatan si pengendara. Berikut ini beberapa tips berkendara aman saat menggunakan GPS:

Gunakan Voice Direction

Biasakan menggunakan voice direction atau petunjuk arah secara audio saat berkendara menggunakan GPS agar perhatian atau fokus Anda ke jalan tidak terganggu. Melihat peta di layar smartphone saat berkendara akan membuat pengendara kehilangan konsentrasi dan berpotensi membahayakan keselamatan.

Pasang GPS Sejajar dengan Pandangan Mata (Eye-Level)

Jika terpaksa melihat monitor karena tidak terbiasa menggunakan voice direction, pastikan perangkat GPS Anda di pasang sejajar dengan pandangan mata. Hal ini agar pandangan mata ke jalan dan ke perangkat GPS tidak terlalu jauh sehingga fokus berkendara tidak terganggu.

Atur Perangkat GPS Sebelum Berkendara

Karena berkendara bukanlah pekerjaan sampingan, maka seluruh tubuh harus fokus dan siaga saat mengendarai mobil. Mengatur perangkat GPS saat mobil sudah dijalankan akan menimbulkan potensi bahaya yang sangat besar, sebab tangan dan pandangan mata Anda teralihkan dari jalan.

Yang harus selalu diingat adalah, secanggih apapun teknologi yang digunakan untuk memudahkan berkendara, keselamatan Anda tetap terancam jika tidak bijak dalam mengendarai mobil.

Oleh : M. Kamal

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”