AMD Luncurkan Prosesor Ryzen Pro 6000 Series untuk Laptop Kelas Atas

ulinulin.com – AMD resmi mengumumkan jajaran prosesor (CPU) mobile varian “Pro” terbarunya yang ditujukan untuk mentenagai aneka laptop kelas atas.

Ada tiga seri CPU yang diperkenalkan AMD, yaitu Ryzen Pro 6000 H-Series untuk laptop kelas atas yang memiliki performa mumpuni, Ryzen Pro 6000 U-series untuk laptop ringan dan tipis, serta Ryzen Pro 5000 U-Series untuk laptop bisnis tipis.

Model teratas dari Ryzen Pro 6000 H-Series adalah Ryzen 9 Pro 6950H. CPU berarsitektur “Zen 3 Plus” ini memiliki jumlah inti (core) dan threads sebanyak 8/16 buah dan memiliki kecepatan clock hingga 4,9 GHz.

CPU yang dirancang dengan fabrikasi 6 nanometer (nm) tersebut juga memiliki besar L2 dan L3 cache dengan total 20 MB, serta angka performa TDP hingga 45 watt.

Kemudian untuk prosesor Ryzen Pro 6000 U-Series, model teratasnya adalah Ryzen 7 Pro 6850U.

Prosesor ini memiliki kombinasi core/threads sebanyak 8/16 buah yang memiliki kecepatan clock hingga 4,7 GHz, serta L2 dan L3 Cache 20 MB dan TDP 28 watt.

Adapun model teratas dari Ryzen Pro 5000 U-Series adalah Ryzen 7 Pro 5875U, di mana prosesor ini memiliki jumlah core dan threads 8 dan 16 buah pula, namun dengan kecepatan clock maksimal hingga 4,5 GHz dan TDP 15 watt.

Khusus untuk CPU Ryzen Pro 6000 Series, laptop dari keluarga ini juga dibekali dengan chip keamanan Microsoft Pluton untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, chip tersebut hanya membekali sejumlah laptop ARM yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 8cx Gen 3, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDADevelopers, Rabu (20/4/2022).

Seluruh CPU AMD Ryzen Pro untuk laptop kelas atas ini sudah bisa ditemukan di sejumlah laptop masa kini seperti HP EliteBook 800 G9, serta Lenovo ThinkPad Z-Series, T-Series, L-Series, E-Series, V-Series, dan ThinkBook.

Untuk mengetahui spesifikasi masing-masing model dari ketiga seri prosesor AMD Ryzen Pro ini, Anda bisa menyimak tabel spesifikasi berikut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”