Aneuk Laot Aceh, Danau Indah Yang Juga Bersejarah

ulinulin.com – Alamat: Sukakarya, Sabang City, Aceh, IndonesiaPeta Online/Google Maps: Klik DiSiniJam Buka-Tutup: 24 jamHarga Tiket Masuk (HTM): –

Sobat wisata, sudahkah kita berlibur ke kawasan Pulau Sumatera? Dalam artikel kali ini ini kita akan membicarakan salah satu destinasi terkenal yang berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Yuk kita simak sedikit ulasan mengenai keistimewaan provinsi ini.

Lokasi Wisata

Destinasi kita ini adalah Danau Aneuk Laot, nama suatu lokasi wisata yang ada di Teluk Sabang. Luas total dari danau ini adalah sekitar 30 ha dengan kedalaman cukup dalam. Letaknya tidak begitu jauh dari Tugu Nol Kilometer Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia sendiri, lokasi ini disebut dengan nama Danau Anak Laut. Penamaan “Aneuk Laot” atau “Anak Laut” ini dikarenakan kita akan melihat bahwa lokasi ini seakan seperti laut kecil.

Bila rekan-rekan melihat pada peta (baik melalui peta offline seperti atlas ataupun juga online) kita akan menemukan letak lokasi wisata ini di pulau pucuk barat laut dari Sumatera, Pulau Weh.

Daya Tarik Wisata

Kawan, uniknya, Danau Anaeuk Laot ini digunakan oleh seluruh penduduk di wilayah Pulau Weh sebagai sumber mata air. Selain digunakan sebagai sumber mata air, keindahan pemandangannya pun menarik banyak wisatawan baik dalam ataupun luar negeri untuk datang.

Kita bisa melihatnya sendiri di Maps bahwa Pulau We memang dikelilingi oleh lautan yang begitu luas bukan? Sekalipun demikian, rupanya pemerintah mencatat bahwa setiap harinya air di Danau Aneuk Laot berkurang sekitar 490 m3.

Kita akan menikmati pemandangan air yang jernih dengan warna kehijauan, kontras sekali jika dibanding dengan air laut. Tempat ini juga mempunyai udara yang sejuk dikarenakan banyak pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar danau, yang seakan-akan memayungi kita.

Rekan-rekan kita boleh juga loh untuk membawa perlengkapan berenang. Kita diperbolehkan untuk berenang tetapi jangan lupa untuk tetap mengawasi anak-anak ketika menikmati kesegaran airnya ya.

Sembari rekan-rekan berenang, sobat juga akan disuguh oleh keindahan asap vulkanik dari gunung Meurapi. Letak gunung berapi ini sekitar 19 km dari kota Sabang. Terlepas dari keindahan tempat yang disuguhkan, sama seperti banyak tempat di Indonesia, tempat ini juga mempunyai legenda atau asal usul/sejarah cerita misteri .

Ada beberapa versi asal mula yang berkembang kawan. Versi pertama menyebutkan bahwa jaman dulu ada seorang nelayan yang sedang memancing di daerah ini. Ia dikejutkan dengan adanya ikan raksasa yang kemudian menarik nelayan dan membawanya ke dasar danau tersebut.

Konon katanya nelayan tersebut dibawa ke istana yang terbuat dari emas yang disambut oleh dayang-dayang istana untuk bertemu ratu yang sangat cantik. Ia dijanjikan harta yang melimpah oleh sang ratu, asalkan nelayan mau memperistri sang ratu.

Namun, nelayan tersebut menolak semua tawaran sang ratu. Dia lebih memilih untuk kembali kepada keluarganya di permukaan dan diantar sepasang makhluk aneh. Ketika dia pulang ke rumah, rupanya dia dikabarkan telah menghilang selama 40 hari dan dianggap meninggal.

Versi berikutnya bercerita bahwa Danau Aneuk Laot terbentuk atas keinginan seorang putri cantik agar tanah tempat ini dapat ditanami. Ia membuang semua perhiasan yang dimilikinya sebagai bukti keseriusan doanya pada Tuhan.

Kemudian doanya terkabul, hujan dan gempa bumi turun di daerah tersebut hingga membentuk kubangan, yaitu Danau Aneuk Laot.

Seperti legenda pada umumnya, kita tidak bisa membuktikan kebenaran tersebut. Tetapi, menurut para tetua di daerah ini, mereka sering kali melihat seorang putri yang sedang mandi di danau ini dan dikawal oleh seekor burung api.

Fasilitas Wisata

Rekan-rekan, kita tidak akan bosan dan rugi datang ke sini karena keindahan pemandangan di lokasi wisata. Terlebih ketika datang sewaktu musim kemarau, saat keadaan langit sedang bersih atau tidak berawan.

Hal ini dikarenakan, pada waktu senja kita akan menikmati sunset yang sangat indah. Bagi kita yang mempunyai hobi untuk foto dan video-grafi atau bagi kita yang suka narsis di sosial media, tempat ini sangat direkomendasikan.

Namun jika keadaan tidak memungkinkan untuk mendapatkan momen sunset ataupun sunrise, jangan berkecil hati, karena pemandangan danau dan sekelilingnya pun tidak kalah keren.

Pada malam hari, kita akan disuguh oleh keindahan lampu hias dan rumah penduduk yang tinggal di sekitar danau ini. Bukan hanya itu, pemandangan juga akan ditambahi dengan sinar yang terpancar dari bulan dan bintang pada saat malam hari.

Rekan-rekan juga bisa membawa beragam alat-alat barbeque sambil memanggang daging. Namun, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan juga setelah melakukan pesta barbeque ya kawan. Tetaplah membuang sampah pada tempatnya ya.

Selamat berlibur kawan. Nikmatilah keindahan negara kita ini dan jagalah alamnya.