Apakah Bunda Bisa Menjadi Orang Tua Sempurna untuk Anak? Ini Kata Psikolog

ulinulin.com – Pernah enggak sih, Bunda insecure karena merasa tidak sempurna menjadi seorang ibu? Atau merasa gagal menjadi ibu yang baik untuk Si Kecil?

Perasaan insecure bisa saja muncul saat kita menjalankan peran sebagai seorang ibu. Apalagi bila kita mendidik anak di era modern seperti sekarang ini.

Kemajuan teknologi dan munculnya media sosial bisa menjadi pencetus perasaan insecure. Kita kerap kali membandingkan gaya parenting kita dengan orang lain yang ada di media sosial.

“Kalau dulu, zaman orang tua, ya (kita) dibandingkan sama tetangga sebelah. Sekarang, bangun pagi saja sudah bisa lihat layar smartphone terus membandingkan diri kita dengan orang lain,” kata Psikolog Anak dan Keluarga Saskhya Aulia Prima, M.Psi, dalam Media Gathering Launching Pigeon Botol T-Ester di Pabrik Pigeon, Cikande Banten, belum lama ini.

“Memang salah satu tantangan terberat bagi ibu-ibu zaman sekarang adalah menahan rasa ingin sempurna itu. Kita selalu merasa rumput tetangga lebih hijau,” sambungnya.

Lalu bagaimana memenuhi standar sebagai ibu yang baik di zaman sekarang? Apa benar Bunda pasti bisa menjadi ibu yang baik dan sempurna untuk anak?

Menjadi ibu yang baik dan sempurna

Menurut Saskhya, menjadi ibu yang baik bukan soal gaya parenting yang sempurna pada anak. Kita justru menjadi ibu untuk tujuan yang baik, bukan pasti harus baik.

“Ibu yang baik itu seperti apa? Jadi bukan yang semua parenting itu perfect, karena enggak ada yang kita latih untuk menjadi ibu,” ujarnya.

“Kalau sudah ada semua justru enggak seru. Kita dikasih anak itu sebetulnya untuk men-develop diri kita seperti apa, supaya menjadi manusia yang lebih baik.”

Menjadi ibu yang baik adalah bisa fokus pada hal tertentu dalam hidup. Tapi, bukan berarti harus menjadi sempurna ya, Bunda.

Simak penjelasan lengkap dari psikolog Saskhya, di halaman berikutnya.

    Kisah Bunda Ani Tak Sangka Putranya Punya IQ Superior, Sudah Terlihat Beda Sejak TK

    Kemenkes Resmi Larang Penjualan Paracetamol Sirop Anak, Simak Alasannya Bun

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”