Apakah Kripto Decentraland (MANA) Layak Investasi?

ulinulin.com – Decentraland (MANA) mengalami performa yang baik di tahun 2021. Aset kripto metaverse ini mencapai rekor tertinggi US$5,41 tetapi kemudian longsor 40 persen dan kini berada di US$3.

MANA merupakan aset kripto gaming terbesar kedua setelah Axie Infinity Shards (AXS). Pada awal tahun, MANA berharga US$0,08 lalu meroket mencapai US$5 dalam setahun.

Membandingkan performa MANA dengan Bitcoin (BTC) selama enam bulan terakhir, tampak jelas MANA jauh melampaui BTC. Dalam kurun waktu ini, MANA meningkat 323 persen sementara BTC bertambah hanya 22 persen.

Kendati demikian, di antara tiga token metaverse paling top, MANA tertinggal di belakang The Sandbox (SAND). SAND melambung 1.120 persen dalam enam bulan terakhir, lebih tinggi dibanding MANA yang naik 323 persen.

Di saat yang sama, AXS meningkat lebih sedikit lagi, hanya 245 persen dalam enam bulan.

Melihat rekam jejak keuangan MANA, lebih banyak investor yang untung dibanding rugi setelah berinvestasi di MANA. Data IntoTheBlock menunjukkan, 59 persen investor berada dalam posisi untung, sedangkan 30 persen investor dalam posisi rugi setelah membeli MANA.

Sekitar 12 persen investor berada di titik balik modal.

Investor whale cenderung mendominasi jaringan MANA. Sekitar 51 persen total suplai beredar disimpan oleh para whale. Hal ini menyebabkan ketakutan MANA akan ambruk bila investor-investor besar tersebut mencabut investasi mereka.

Selain itu, 28 persen total suplai beredar MANA adalah volume dari investor, sedangkan investor ritel hanya memiliki sekitar 20 persen dari total suplai MANA.

MANA merupakan investasi yang layak pada tahun 2021. Tetapi aset tersebut kemudian jatuh sejak mencapai rekor pada bulan November lalu.

Dengan berita terbaru Samsung yang dikabarkan bermitra dengan Decentraland untuk proyek metaverse, MANA kembali bergairah. Tetapi harga MANA tidak meledak seperti dahulu.

Soal investasi di MANA, token ini telah memberikan untung besar bagi para pemiliknya.

Perusahaan-perusahaan besar yang memasuki sektor metaverse dapat mendorong popularitas MANA menjadi lebih melambung di kalangan investor sebagai token terbaik di sektor metaverse. [crowdlive.com/ed]