Apple Watch Meledak, Pemilik Diminta Bungkam

ulinulin.com – Berita Apple Watch biasanya diwarnai dengan kisah terkait perannya dalam menyelamatkan pengguna ketika keadaan darurat.

Misalnya cerita salah seorang pengguna di Sydney yang terapung di tengah laut dan selamat setelah memanfaatkan fitur panggilan darurat melalui Apple Watch yang dipakainya saat itu.

Alih-alih kisah heroik, cerita berbeda justru datang dari pengguna Apple Watch Series 7 yang bahkan harus pergi ke rumah sakit karena arloji pintar Apple itu meledak.

Menurut pengguna yang enggan menyebut namanya itu, ia memakai Apple Watch Series 7. Ia merasa suhu perangkat tersebut panas tak seperti biasanya.

Ia kemudian melihat bagian belakang arloji retak. Layar jam juga menunjukkan peringatan bahwa perangkat harus dimatikan karena suhunya yang meningkat.

Padahal pria itu mengeklaim ia berada di rumah dengan suhu 70 derajat Fahrenheit lebih atau sekitar 21 derajat Celcius.

Pengguna Apple Watch itu lantas menghubungi pihak Apple Support, dan perusahaan berkata akan menyelidiki kasus ini lebih lanjut.

Sayangnya tidak ada solusi maupun saran yang diberikan Apple kepada pengguna yang terdampak ledakan Watch Series 7. Ia hanya disarankan untuk tidak menyentuh jam pintar itu sampai ia mendapat kabar lebih lanjut dari Apple.

Bukannya mereda, keesokan harinya Apple Watch Series 7 itu justru semakin panas ketika disentuh bahkan merusak layar perangkat.

Ia lantas mengabadikannya dengan kamera ponsel, namun, terdengar suara semacam perangkat retak, hingga akhirnya Apple Watch Series 7 meledak ketika dilempar ke luar jendela.

Apple minta pengguna bungkam

Perangkat itu juga sempat membuat sofa di rumah pengguna sedikit terbakar.

Pengguna tersebut kemudian berkunjung ke rumah sakit karena khawatir keracunan unsur kimia Apple Watch Series 7 yang terbakar, meskipun itu hanya kekhawatirannya saja karena arloji pintar Apple itu tidak mengandung unsur kimia tersebut.

Pria itu selanjutnya menghubungi Apple lagi dan menjelaskan insiden yang dialaminya lebih lanjut.

Ia dikabarkan bahwa kasusnya menjadi prioritas Apple, meskipun tindak lanjutnya baru dilakukan perusahaan beberapa hari setelahnya.

Apple juga meminta pengguna itu untuk menandatangani sebuah dokumen yang menyatakan bahwa ia setuju untuk bungkam tanpa menceritakan kisahnya pada siapapun.

Namun, pengguna itu menolak menandatanganinya dan memilih menghubungi media teknologi 9to5Mac untuk menjelaskan insiden ledakan Apple Watch Series 7 yang dialaminya.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (7/10/2022), Apple mengatur jadwal penjemputan perangkat dan mengatakan akan membawa jam pintar terkait ke laboratorium untuk investigasi lebih lanjut.

Belum diketahui berapa usia Apple Watch Series 7 yang digunakan pria itu. Namun peringatan suhu yang tinggi pada Apple Watch Series 7 milik pria itu menunjukkan adanya indikasi kerusakan baterai perangkat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”