Area Bawah Mata Lebih Mudah Alami Permasalahan, Intip Zat yang Bantu Mengatasinya

ulinulin.com – Shutterstock

Dream – Kita tidak bisa memungkiri fakta bahwa tanda-tanda penuaan yang pertama kali muncul terlihat pada kulit bawah mata. Hal ini terjadi karena kulit di sekitar mata lebih tipis dibanding bagian wajah lainnya.

© Istimewa

” Kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih rapuh, memiliki jaringan yang lebih longgar dan cenderung lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya,” jelas dr. Arini Astasari Widodo, Dermatologis, pada acara L’oreal Paris Triple Roller 2,5% Hyaluron Eye Serum, Rabu 14 September 2022.

Selain faktor usia, ada juga beberapa faktor yang menyebabkan tanda awal penuaan seperti polusi, merokok, gaya hidup dan kurangnya perawatan kulit.

Permasalahan pada under eye paling yang paling banyak dialami adalah kerutan. Tak hanya itu, dark circle dan puffy eyes kerap dialami dan cukup mengganggu penampilan.

Butuh Pelembab

© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

” Area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, Kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembab,” jelas dr. Arini.

Pelembab akan menghindari kulit dari tekstur kering, karena semakin kering kulit, garis halus akan semakin mudah terlihat.

Makanan Tinggi Garam Buat Mata Tampak Bengkak

© Shutterstock

Tak hanya dark circle dan kerutan di bawah mata. Puffy eyes yang membuat mata tampak bengkak juga cukup mengganggu sebagian wanita.

” Aktivitas dapat membuat otot dan organ mata kita bekerja lebih keras sepanjang waktu. Makan terlalu banyak makanan tinggi garam juga dapat menyebabkan retensi air yang membuat area bawah mata tampak bengkak,” tambah dr. Arini.

Atasi dengan Hyaluronic Acid dan Kafein

Permasalahan garis-garis halus dan puffy eyes dapat diatasi dengan kandungan yang bersifat melembabkan dan menenangkan mata. Salag satunya adalah hyaluronic acid.

” Hyaluronic Acid adalah bahan yang dapat mempertahankan kelembapan dengan cara mengikat air di jaringan kulit untuk membuat kulit di bawah mata terasa lebih kenyal dan terhidrasi sehingga dapat menyamarkan garis-garis halus di bawah area mata dengan meningkatkan hidrasi kulit,” tambah dr. Arini.

Sedangkan kafein dikenal akan kandungan antioksidannya yang dapat membantu menyegarkan kulit di area mata dan mengurangi retensi air di area mata untuk mengurangi mata yang sembap.

Kandungan hyaluronic acid dan kafein ini terdapat padaL’Oréal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum.

“ Serum ini juga mengandung Niacinamide atau vitamin B3 (niacin) untuk membantu mencerahkan kulit,” jelas Rikka Anggitha, Brand Business Leader for Skincare, L’Oréal Paris Indonesia pada kesempatan yang sama.

Berikan Pijatan Lembut Pada Bawah Mata

Karena area kulit sekitar mata yang lebih tipis dan sensitif, tidak boleh terlalu agresif agar kulit mata tidak teriritasi. Sebaiknya berikan pijatan lembut pada mata saat memakai serum mata.

© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

” Saat mengaplikasikan produk mata, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan sentuhan lembut pada bagian bawah mata dan sedikit pijatan lembut untuk menghindari tekanan pada bawah matam,” tambah Nayana Dharsono, Head of Research and Innovations, L’Oréal Indonesia.

Inilah yang membuat L’oreal menghadirkan aplikator triple roller adalah inovasi dari L’Oréal Paris Terbuat dari tiga bola stainless steel dengan rotasi 360′ untuk memberikan efek instant cooling saat memijat kontur area mata. Ini dapat membantu menyamarkan kantung mata dan menyegarkan mata yang lelah sambil membantu produk menyerap secara optimal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”