Aset Kripto Stabil atau Volatil? Silahkan Pilih

ulinulin.com – Tak sedikit orang yang enggan berinvestasi di aset kripto, karena volatilitas harganya yang sangat tinggi.

Sebut saja misalnya Dogecoin (DOGE). Harganya naik sangat cepat menjelang Elon Musk hadir di acara Saturday Night Live (SNL).

Setelah acara berakhir pada Sabtu, 8 Mei 2021 lalu, dan memang Elon membincangkan soal aset itu, harga DOGE malah anjlok gila-gilaan. Kemudian tak sampai 48 jam, naik cepat lagi.

Harga kripto yang naik-turun cepat memang tidak sesuai untuk semua orang, apalagi bagi pemula.

Aset Kripto-Stablecoin Bernilai Emas

Ada ribuan aset kripto sejak tahun 2008. Namun, tak semuanya volatil. Ada yang berkategori stablecoin, karena nilainya mengacu pada aset lain yang harganya stabil, misalnya emas ataupun dolar AS.

“Disebut stablecoin, karena harganya tidak naik dan turun secara cepat dalam kurun waktu tertentu. Dan karena menggunakan teknologi blockchain, jadi dapat ditransfer secara mudah, cepat dan cakupannya global,” ujar Nicco D Lawrence, Direktur PT Xaurius Asset Digital, saat ditemui di Jakarta, Senin (17/5/2021).

Nicco mencontohkan aset kripto Xaurius Token (XAU) yang diterbitkan oleh pihaknya, adalah aset kripto berjenis stablecoin.

Hal itu memungkinkan, karena harga 1 unit XAU mengikuti harga emas dari Antam.

“Harga 1 XAU setara dengan harga 1 gram emas fisik yang bernilai 99,9 persen. Seperti aset kripto lainnya, XAU bisa disimpan di e-wallet, yang mendukung blockchain Ethereum dan Binance Smart Chain,” imbuh Nicco.

Audit Rutin dan Terbuka

“Pihak Xaurius sendiri memastikan audit cadangan emas tersedia setiap 3 bulan secara rutin oleh auditor independen. Hasilnya pun diterbitkan secara terbuka di Xaurius.com,” pungkas Nicco.

Pergerakan Harga Emas

Berdasarkan penelusuran Blockchainmedia.id dari Kompas, harga emas batangan Antam pecahan 1 gram di PT Pegadaian (Persero) pada hari ini, Senin (17/5/2021), dibanderol seharga Rp974.000.

Mengutip data perdagangan harga emas 24 karat di Pegadaian, harga emas batangan Antam pecahan 1 gram tidak berubah berbanding kemarin.

Untuk emas batangan Antam pecahan 0,5 gram seharga Rp540.000, berikutnya emas pecahan 2 gram seharga Rp1.885.000. [ril/red]