Astra Peugeot Catat Penjualan 265 Unit Tahun Lalu, Optimistis Tatap 2022

ulinulin.com – JAKARTA — Pandemi Covid-19 yang menghantam dua tahun terakhir berdampak pada banyak sektor termasuk Industri. Perlahan namun pasti pasar otomotif Tanah Air bergerak membaik termasuk Peugeot. Merek mencatat kenaikan penjualan pada 2021 lalu.

Dalam keterangan resminya, Astra Peugeot menyebutkan penjualan mereka mengalami peningkatan signifikan selama 3 bulan terakhir pada tahun 2021. Sekitar 131 unit varian Allure dan Active mampu terjual. Hal ini menjadi catatan pencapaian terbaik Astra Peugeot, setidaknya dalam 9 tahun terakhir di Indonesia.

Secara total, Astra Peugeot mampu mencatatkan total penjualan tahun 2021 sebanyak 265 unit. Pencapaian ini lebih baik ketimbang angka penjualan tahun 2020 yakni sebanyak 212 unit. Ada kenaikan 53 unit atau 25 persen dibandingkan pencapaian penjualan Astra Peugeot di tahun 2020.

“Respons positif konsumen lokal terhadap line up Astra Peugeot menggembirakan. New SUV, 3008 dan 5008, plus varian entry premium, Active menjawab kebutuhan pasar. Kami akan terus memberikan pilihan jajaran produk berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi konsumen SUV premium di Indonesia,” papar Rokky Irvayandi, Chief Executive of Astra Peugeot

Sekadar informasi, tren kenaikan Astra Peugeot terus ditorehkan dari tahun ke tahun dalam 3 tahun terahir. Peugeot hanya mampu menjual 129 unit sepanjang tahun 2019. Angka penjualan membaik sebanyak 212 unit pada 2020. Dan pada 2021 Astra Peugeot mampu menjual 265 unit.

Peugeot juga mengumumkan bahwa SUV yang dirakit di Sochaux, Perancis merupakan salah satu model terlaris dan menjadi SUV paling diminati oleh konsumen. Selain itu, Peugeot 3008 juga telah menorehkan beberapa penghargaan sebanyak 67 kali termasuk gelar Car of the Year yang diraih pada tahun 2017.

Di benua biru sana, memang sangat sulit bagi brand asal Jepang untuk menembus dominasi merek-merek Eropa. Peugeot 3008 misalnya, ia sudah ada sejak 2008. Kita bicara soal generasi pertama. Peugeot 3008 ini bahkan punya banyak saudara kembar yaitu Citroen C5 Aircross, DS 7 Crossback dan Opel Grandland, karena berbagi PSA EMP2 platform.

Terdapat beragam faktor yang membuatnya diminati oleh konsumen di berbagai negara di antaranya desain yang ditawarkan serta sajian fitur terbaru yang terdapat terpasang di dalamnya. Pada bagian depan desain grillenya memiliki gaya kisi-kisi frameless beraksen visual 3 dimensi serta terdapat sentuhan a la butir-butir berlian di sekelilingnya yang menegaskan kesan mewah dan dinamis.

Selain itu, kedua lampu utamanya juga sudah menggunakan teknologi LED Projector yang disertai dengan desain baru dari Peugeot. Terdapat LED DRL yang juga berfungsi sebagai sebagai lampu sein dan ditempatkan di bawah lampu utama.

Di bagian kabin, Peugeot 3008 menghadirkan nuansa interior yang super canggih serta didukung dengan material kulit yang menyelimuti hampir seluruh bagian jok. Tersedia pula layanan hiburan yang berpusat di layar sentuh berukuran 10 inci dengan dukungan Apple Car Play dan Android Auto. Di samping itu, tersedia pula berbagai fitur keselamatan berkendara mulai dari Cruise Control, Blind Spot Monitor, Lane Keeping Assist, serta Driver Watch.

Pilihan lain yang ditawarkan adalah Peugeot 5008. Mengandalkan mesin 4 silinder segaris 1.6 liter turbo, Peugeot 5008 GT Line cukup galak. Terutama dari putaran bawah ke medium. Jadi ketika dikickdown untuk bermanuver, tenaganya cukup ngejambak. Apalagi ketika mode pengendaraan dipindahkan ke Sport. Tenaga yang terlontar 165 hp dan torsi puncak 240 Nm disalurkan ke roda depan oleh transmisi otomatis 6 percepatan plus paddle-shift. Mesin bekerja secara halus, dan kerja transmisi pun lembut.

Pengendaraannya terasa stabil, dengan komunikasi setir dengan permukaan jalan terasa obyektif. Peugeot memang terkenal dengan handlingnya yang terasa dinamis dan pengemudiannya terasa mantap. Rasio yang pas antara tenaga dengan bobot kendaraan, menambah feeling fun-to-drive pada pengemudi.

Ketika berada di dalam Peugeot 5008 GT Line, hal pertama yang Anda kagumi adalah interiornya yang futuristis. Terutama pada bagian pengemudi, mewah dan futuristis. Mirip kokpit pesawat dengan filosofi desain i-Cockpit Amplify dengan sejumlah tombol pengaturan user friendly.

Berbagai fitur disematkan. Tersedia parking assist plus kamera 360 derajat, head unit layar sentuh dengan Arkamys 3D Sound Staging. Di varian Allure Plus, tidak tersedia kamera 360 derajat, hanya kamera parkir. Untuk akomodasi bagasi, jok baris ketiga bisa dilipat dan disimpan di rumah sehingga bagasi lebih lapang lagi. Bagasi bisa dibuka secara otomatis lewat tombol dari bagian pengemudi atau pun dari kunci. Untuk menutup, tinggal tekan tombol di pintu bagasi.

Seperti layaknya mobil-mobil Eropa, standar keselamatan tinggi diterapkan pada Peugeot 5008. Berupa Airbag 6 titik, Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Programe (ESP) dan Hill Assist Decent Control (HADC). Juga Advance Driver Assistance System yang memberi peringatan bantuan untuk pengemudi menambah keselamatan berkendara. Khusus Allure Plus, ditambahkan Active Lane Keeping Assist plus Blind Spot Information System. (RAJU)

Harga Peugeot OTR Jakarta:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”