Aturan Menggerus Obat yang Benar untuk Puyer Anak, Tak Bisa Sembarangan

ulinulin.com – Meningkatnya kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak di Indonesia menimbulkan kekhawatiran banyak khalayak. Larangan memberikan obat sirop membuat jenis obat lain menjadi alternatif ketika anak sakit.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) juga telah meminta untuk menghentikan sementara konsumsi obat berjenis sirop. Hal ini membuat banyak orang beralih ke jenis puyer atau obat yang digerus.

Meski begitu, pemakaian obat gerus juga tidak boleh sembarangan. Ada aturan tersendiri dalam memberikan obat gerus untuk anak.

Pakar farmasi dari RSPI Sulianti Saroso, Suaif, S Farm Apt mengatakan bahwa dosis obat gerus harus disesuaikan dengan hitungan dokter atau apoteker. Itu artinya, orang tua dilarang untuk memberikan obat gerus secara asal-asalan.

“Hitungan dokter, dari berat badan anaknya berapa, terus dosisnya berapa,” ucapnya dalam podcast Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Rabu (26/10/2022).

Penentuan dosis obat gerus disesuaikan dengan takaran obat sirop yang biasa dikonsumsi anak. Suaif menerangkan, apabila seorang anak sakit dan membutuhkan dosis 250 mililiter obat sirop, maka dokter akan mencari pandanannya berupa obat lain seperti tablet.

“Katakanlah disuruh minum 250 ml, nah tabletnya 500 ml per tablet. Ya potek saja bagi dua, nah itu sudah satu dosis sekali minum,” tutur Suaif.

Perlu digarisbawahi, dosis obat tablet pada umumnya dinyatakan dalam satuan miligram, berbeda dari sirop yang biasanya mililiter. Oleh karena itu, perhitungan dosis harus dilakukan secara cermat oleh dokter.

Penggunaan obat-obatan tentunya juga harus dalam pengawasan dokter, demi mencegah efek samping dan dampak buruk yang bisa terjadi. Misalnya saja seperti overdosis, Bunda. Suaif menyarankan agar Bunda segera membawa anak ke fasilitas kesehatan ketika sakit.

Obat sirop yang cenderung manis mungkin akan membuat Si Kecil kaget ketika mengonsumsi puyer yang pahit. Namun Suaif mengatakan bahwa biasanya, apoteker akan menambahkan pemanis tambahan untuk menutupi rasa pahit obat.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”