"/> Awalnya Bukan Ditengah, Berikut Perkembangan Posisi Klakson Mobil

Awalnya Bukan Ditengah, Berikut Perkembangan Posisi Klakson Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/11/27/NaRYWXKq/1201-2-7a8c.png”>

Ketika pertama kali klakson ditemukan, posisinya masih belum pasti. Saat itu pabrikan berpikir untuk memudahkan pengemudi menekan bola karet yang digunakan sebagai klakson. Namun saat ini setelah klakson menggunakan elektro-mekanik posisinya lebih fleksibel tidak lagi di dekat spion atau pilar A.

Mobil-mobil modern saat ini umumnya lokasi klakson berada dibalik gril. Para engineer hanya perlu ruang kosong dan mengarahkan sumber suara ke depan. Seiring bertambah banyaknya komponen mobil seperti kondensor AC yang bertumpuk, radiator hingga intercooler membuat posisi klakson bergeser. Beberapa pabrikan menempatkan klakson di depan radiator sebagai ruang yang aman dan muat.

Peletakan posisi klakson dibalik gril agar tetap terdengar maksimal oleh pengendara lain

Tidak hanya komponen mesin mobil, posisi klakson juga memperhatikan posisi letak plat nomor yang disediakan oleh pabrikan. Seperti yang terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport dimana posisi klakson lebih rendah agar suara yang keluat tidak memantul pada plat nomor yang terpasang. Hal ini menjadi penting karena bila suara klakson terhalang maka gelombang suara menjadi tidak maksimal dan bisa berbahaya saat di jalan.

Berbicara soal keselamatan, peletakan tombol klakson ditengah setir ternyata ada alasannya. Para pabrikan meletakkan tombol klakson ditengah setir selain demi keselamatan juga demi kenyamanan saat mengemudi. Penempatan tombol ini karena saat setir diputar untuk berbelok maka posisi tombol tidak berubah atau tetap di tengah. Sehingga pengemudi tetap bisa menyalakan klakson bila perlu tanpa repot mencari.

Posisi tombol di tengah setir demi keselamatan dan kenyamanan pengemudi dalam kondisi apapun

Akan berbahaya dan tidak nyaman bila tombol klakson berada di palang setir karena berpotensi pindah saat setir diputar. Padahal untuk mencari dan menekan tombol klakson, pengemudi membutuhkan waktu sepersekian detik dan berbahaya ketika dalam situasi darurat. Kendaraan lain pun bisa tidak mengetahui keberadaan mobil Anda ketika telat membunyikan klakson.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”