Bank Danamon bersama MUFG Bank dan Adira Finance Gelar Diskusi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Optimistis

ulinulin.com – The Indonesia Summit 2023 dihadiri nasabah corporate dan commercial banking Danamon, Adira Finance, dan MUFG Bank Cabang Jakarta. Indonesia Summit merupakan ajang tahunan yang diinisiasi oleh Danamon sebagai forum diskusi terbuka yang menitikberatkan pada aspek ekonomi-politik Indonesia dan global. Rebuild The Economy 2023 menjadi tema utama di tahun ini, yang memiliki aspirasi menjawab tantangan ketidakpastian melalui kebijakan ekonomi dan industri yang lebih kuat. Melalui acara thought leadership ini, Danamon bersama Adira Finance dan MUFG Bank sekaligus menegaskan kembali komitmen grup dalam mendorong pertumbuhan ekosistem otomotif yang berkelanjutan di Indonesia

Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki mengatakan, paska pandemi, perekonomian Indonesia perlahan pulih. Pertumbuhan domestik bruto (PDB) anjlok hingga -5% pada triwulan II-2020, namun berbalik ke teritori positif sejak awal 2021. Bahkan, sejak triwulan III-2020, hingga kini, perekonomian Indonesia secara konsisten tumbuh di atas 5%.

“Kami percaya, di situasi yang tidak menentu seperti saat ini, nasabah dan pemangku kepentingan memerlukan informasi terkini dan terbaik untuk mendukung mereka menjawab tantangan sekaligus mencari peluang bisnis untuk tumbuh berkelanjutan bersama Danamon. Ini adalah komitmen jangka panjang kami untuk menjadi bank yang senantiasa berpusat pada kebutuhan nasabah serta memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali terhadap kebutuhan finansialnya,” katanya di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Sebagai bank yang melayani rantai keuangan ekonomi, terang dia, Bank Danamon bersama Adira Finance dan MUFG Bank berkomitmen penuh untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional. “Dalam memberikan layanan yang berkualitas tinggi, Danamon senantiasa berkomitmen memberikan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan. Memahami adanya peningkatan risiko ekonomi dan geopolitik, The Indonesia Summit tahun ini menjadi sangat penting untuk membantu nasabah kami dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan ke depan,” tambah Itagaki.

Prospek Ekonomi

Mengetengahkan berbagai pakar di bidang ekonomi dan politik, diskusi panel hari ini dibagi menjadi dua sesi. Diskusi panel pertama berfokus pada spektrum ekonomi Indonesia secara umum, serta mendiskusikan tantangan dan peluang tahun mendatang. Diskusi ini menghadirkan empat pembicara utama, yaitu Presiden Institute for International Monetary Affairs Hiroshi Watanabe, Menteri Keuangan Republik Indonesia 2014-2016 Bambang Brodjonegoro, Staff Khusus Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Makroekonomi dan Fiskal Masyita Crystallin, dan CEO Sintesa Group/Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani.

Kegiatan ini juga menghadirkan empat pembicara ahli terkemuka, yaitu Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Taufiek Bawazier, Sekretaris Jenderal GAIKINDO (Asosiasi Produsen Kendaraan Bermotor Indonesia) Kukuh Kumara, Direktur PT Astra Otoparts Tbk Kusharijono, dan Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co., LTD Indra Chandra Setiawan.

Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar dan tercepat di Asia, Indonesia merupakan bagian penting dari jaringan MUFG di Asia. “Kami tetap optimis dengan prospek pertumbuhan jangka panjang Indonesia yang didorong oleh faktor demografi, komitmen pemerintah terhadap investasi asing, dan pembangunan infrastruktur. Selain itu, untuk Grup MUFG, kami dimotivasi oleh visi keberlanjutan yang meyakini akan membuat perubahan yang berarti di masyarakat tempat kami beroperasi, dan dengan bantuan mitra strategis kami di Indonesia, saya sangat senang dengan dampak yang akan kami hasilkan dalam pembangunan negara ke depan,” jelas Kazushige Nakajima, Executive officer, Country Head of Indonesia MUFG Bank, Ltd, Jakarta Branch.

Paska pandemi, sinergi antara Danamon, Adira Finance, dan jaringan global MUFG semakin kuat dalam mendukung ekosistem pembiayaan di industri otomotif. “Komitmen kami mendukung industri otomotif di Indonesia bukan sebatas satu dekade atau hanya untuk sepuluh tahun, melainkan bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, dengan dukungan MUFG Bank dan Danamon, kami sangat optimis dapat memberikan solusi pembiayaan dan keuangan yang komprehensif (end-to-end) bagi konsumen. Hal ini sejalan dengan aspirasi jangka panjang kami, yaitu memperkuat posisi kami di industri otomotif,” kata Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website investor.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”