Banyak Yang Harus Diperhatikan, Inilah Tips Membeli Mobil Bekas SUV

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/18/6kDubyiR/karlmann-king-stealt-5197.jpg”>

Ketangguhan mobil SUV salah satunya adalah karena ground clerance yang tinggi. Tidak heran banyak pemilik mobil model ini mengandalkannya untuk menembus medan yang berat. Namun perlu diperhatikan bahwa SUV bukanlah mobil yang bisa dipakai di segala medan. Memang SUV adalah sebuah mobil yang paling tangguh dibandingkan model lainnya seperti sedan, MPV atau hatchback. Tetapi bukan berarti komponennya lebih hebat atau tidak mudah rusak dibandingkan mobil lainnya.

Harga SUV memang cenderung lebih mahal. Maka banyak konsumen yang tidak memilih mobil ini dalam kondisi baru dan lebih mengincar kondisi bekasnya. Membeli mobil bekas SUV pun bisa dikatakan tidak terlalu mudah menemukan kondisi yang masih bagus. Pemilik sebelumnya bisa saja memakai mobil SUV seenaknya tanpa memikirkan kondisi jalan misalnya. Sehingga diperlukan ekstra teliti agar mendapatkan SUV bekas dengan kondisi baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Mobil SUV umumnya mampu melalui segala jenis medan jalan baik on-road maupun off-road

Seperti dijelaskan sebelumnya, karakter tangguh pada SUV membuat pemilik sebelumnya bisa saja sering melintasi jalanan rusak seperti lubang besar. Maka area kaki-kaki merupakan potensi masalah terbesar dari SUV bekas. Perhatikan secara mendetail kondisi komponen kaki-kaki. Cara paling mudah untuk memeriksanya adalah melakukan test drive. Pilih jalan rusak atau bergelombang dan dengar apakah ada suara berisik dari kaki-kaki saat melintasinya. Jika terdengar bunyi berisik maka ada potensi kerusakan pada komponen kaki-kaki seperti ball joint, tie rod, dan bearing.

Selain bunyi, perhatikan juga bantingan suspensi masih dalam kondisi normal. Salah satu cara termudahnya adalah melewati polisi tidur dan pastikan bodi mobil mengayun hanya sekali dan kembali ke posisi normal. Bila terasa ada ayunan yang berlebih, bisa jadi ada kerusakan pada sokbrekernya. Bila sokbreker sudah rusak bisa mempersingkat umur ban dan potensi bahaya pada keselamatan. Komponen as roda juga berpotensi rusak karena cukup banyak SUV yang dijual pabrikan berpenggerak roda depan. Untuk mengetes komponen as roda ini adalah dengan melakukan belok penuh. Bila Anda tes belok kanan secara penuh terdengar bunyi aneh, maka as roda sisi kiri ada kemungkinan rusak. Pun sebaliknya.

Selain dimensi bodi yang besar, yang membedakan mobil SUV dengan lainnya adalah ground clearance

Sementara sektor mesin, pengecekan sama dengan jenis mobil lainnya. Seperti ruang mesin pastikan tidak ada rembesan oli atau air sehingga tetap kering. Sedangkan untuk mesin bensin, Anda bisa cek pada gas buangnya bila ada asap putih keluar ketika mobil belum jalan maka ada kemungkinan komponen seal valve rusak. Sedangkan bila asap putih selalu keluar dari knalpot, hati-hati karena kemungkinan komponen pada piston sudah aus dan harus segera diganti.

Namun untuk SUV dengan mesin diesel, satu hal yang harus dipastikan adalah suara khas mesin tidak terlalu kasar. Bila suara mesin lebih kasar dibandingkan mesin diesel serupa, ada kemungkinan dinding silinder sudah terkikir atau piston sudah mulai aus. Bila mesin diesel pada SUV yang Anda incar sudah menggunakan turbo, pastikan tidak ada rembesan oli pada komponen turbo. Bila terlihat ada, kemungkinan ada kebocoran pada seal cartridge dan perlu perbaikan pada komponen ‘rumah keong’ tersebut.

Transfer Case 4×4

Cara terbaik untuk mengujinya juga lewat tes jalan

Saat ini sudah banyak SUV yang mengadopsi penggerak roda 4×4. Perhatikan lebih teliti perpindahan mode penggerak ini baik melalui tuas transfer case maupun kenop elektrik bila mobil tersebut sudah menggunakan tipe elektrik. Untuk menguji penggerak ini juga bisa melalui test drive. Ciri-ciri fitur 4×4 ini rusak adalah ada kesulitan untuk berpindah misal dari 2H ke 4H. Umumnya kesulitan berpindah ini karena mata gigi pada komponen transfer case ada yang patah atau sudah tergerus seiring pemakaian. Namun bila menggunakan sistem elektrik, bisa jadi ECU atau motor pengubah mode penggerak yang mengalami kerusakan.

Bodi

Bodi juga wajib diperhatikan saat membeli SUV bekas karena kemungkinan sering dipakai off-road

Selain itu perhatikan area bodi mobil, karena ada pemilik SUV yang kurang memperhatikan kondisi sekitar saat melintasi jalanan rusak. Pastikan area seperti bumper depan dan kolong mobil tidak baret parah dan penyok. Area sepatbor juga dicek karena bisa jadi ada karat atau endapan lumpur. Bila mobil SUV incaran Anda memakai over fender berwarna hitam dof juga perhatikan masih dalam kondisi baik, misal tidak pecah. Tidak hanya itu, warna juga bisa memudar akibat usia pemakaian.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”