Memb"/> Beda Bahan Beda Cara Membersihkan Kemudi Mobil, Intip Caranya Yuk!

Beda Bahan Beda Cara Membersihkan Kemudi Mobil, Intip Caranya Yuk!

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/26/Ay6TmsFs/a1-4ce6.jpg”>

Membersihkan kemudi mobil diperlukan karena setir mobil merupakan salah satu komponen yang paling sering mendapatkan sentuhan. Setir jadi lebih mudah kotor dan bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman di dalam mobil. Tapi sebelum membersihkan setir mobil, perhatikan terlebih dahulu material lingkar setir. Jika dikumpulkan, ada lima jenis bahan setir mobil. Mari kita lihat satu-satu.

1. Jenis plastik keras

Gunakan sabun, air, dan handuk untuk membersihkan kemudi dari plastik (Foto: Car From Japan)

Ternyata sangat mudah untuk membersihkan kemudi yang terbuat dari jenis plastik keras. Yang dibutuhkan adalah sabun, air dan handuk kering. Bersihkan roda dengan sabun secara hati-hati, lalu cuci dan gunakan handuk untuk mengeringkan roda. Disarankan untuk menggunakan semprotan air untuk mengontrol jumlah air agar tidak terlalu membasahi bagian lain.

2. Jenis kayu alami

Karena eksklusifitasnya, kemudi kayu juga lebih mahal untuk dibersihkan (Foto: Car From Japan)

Menurut Car from Japan, “Roda kayu alami mudah retak, jadi melakukan pembersihan roda kemudi untuk jenis ini biasanya tidak disarankan.” Namun, ada banyak trik untuk membersihkan kemudi jenis ini tanpa meninggalkan bekas di permukaan setir, salah satunya dengan menggunakan pembersih kayu, seperti produk cat kayu. Karena eksklusifitasnya, tentu saja penangannya jadi lebih mahal.

3. Jenis kulit imitasi

Bersihkan kemudi dengan produk pembersih dan air (Foto: Car From Japan)

Disarankan untuk menggunakan sikat gigi untuk pembersihan yang efektif. Jenis bahan ini juga disebut kulit palsu, kulit sintetis, atau plastik PVC. Kulit imitasi sangat halus dan bahkan lebih kuat dari kulit asli, sehingga Anda dapat membersihkan kemudi dengan produk pembersih biasa dan air. Ingat untuk mengeringkannya dengan handuk bersih sesudahnya.

4. Jenis resin sintetis

Jangan gunakan produk poles bodi untuk kemudi (Foto: Car From Japan)

Berhati-hati dengan kemudi jenis ini. Anda bisa mencuci kemudi jenis resin sintetis dengan air dan sabun biasa. Namun Anda harus tahu bahwa kemudi berbeda dengan komponen mobil lainnya. Jadi pastikan untuk tidak pernah menggunakan produk poles bodi karena akan membuat kemudi menjadi licin.

5. Jenis kulit asli

Butuh ketelitian, tapi membersihkan kemudi kulit tidak susah (Foto: Car From Japan)

Banyak pemilik mobil berfikir bahwa membersihkan kemudi kulit susah dan membutuhkan lebih banyak ketelitian. Sebenarnya membersihkan setir yang terbuat dari kulit asli cukup sederhana: gunakan pembersih kulit, produk pencuci dan pengering kemudi. Semprot dan bersihkan kemudi. Tunggu tiga menit sebelum mengeringkan dengan produk pengering khusus untuk kulit.

Membersihkan komponen kendaraan memang penting, tapi jangan lupa untuk membersihkan kemudi mobil. Karena menjadi komponen yang paling mendapatkan sentuhan, maka banyak kuman dan bakteri yang berkembang. Yang terpenting jangan lupa untuk membersihkan kemudi secara teratur.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”