Begini Cara Mengoperasikan Fitur T Intouch di Toyota Veloz Baru

ulinulin.com – BALI – Salah satu upgrade yang dilakukan pabrikan terhadap Avanza dan Veloz terbaru adalah adanya fitur layanan T Intouch. Fitur ini juga menarik selain teknologi anyar lainnya yang dibenamkan pada kedua model yang kini dipisah itu yaitu transmisi CVT dan suspensi.

Untuk diketahui, fitur T Intouch adalah sistem telematika kendaraan yang memungkinkan pengguna melacak posisi mobil dan mengetahui informasi-informasi berguna lain dari jarak jauh menggunakan telepon genggamnya.

Bagaimana mengoperasikan T Intouch? Sangat mudah. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengakses T Intouch melalui aplikasi mobile mTOYOTA. Saat ini ada dua menu tersedia terkait sistem telematika kendaraan ini.

Pertama ialah menu dengan nama T Intouch itu sendiri. Di dalamnya pengguna bisa melihat informasi status mesin kendaraan (on atau off), waktu terakhir kali mobil diparkir, lokasi terakhir mobil diparkir, dan total jarak tempuh odometer.

Kedua adalah menu bernama Find My Car yang bisa menunjukkan posisi kendaraan. Pengguna bisa mengetahui posisi mobil berada melalui peta dan alamat yang terdiri dari nama jalan, kecamatan, kabupaten, hingga provinsinya.

Di menu Find My Car ini, pengguna juga bisa menjumpai fungsi Geofencing. Fungsi ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi ketika mobil keluar atau memasuki suatu area yang telah ditentukan sebelumnya.

Caranya, pertama pengguna mesti menentukkan dulu titik yang menjadi pusat areanya, kemudian tinggal menentukan jarak radiusnya. Terpantau radius maksimum yang bisa dipilih ialah 500 km. Selanjutnya pengguna tinggal memilih kapan notifikasi akan muncul. Pilihannya terdiri dari ketika mobil memasuki area, keluar dari area, atau keduanya.

Fitur-fitur yang terdapat dalam T Intouch antara lain: Find my car, Geofencing, Stolen vehicle tracking, Vehicle Info, E-Care (maintenance), Trip Driving Update, Inquiry and support center, Road Assistance dan Reward Program.

Head of Public Relations TAM, Dimas Aska, mengatakan teknologi ini pada dasarnya bukanlah teknologi baru. Namun, TAM melihat bahwa pasar Indonesia sudah siap karena semua orang ingin merasa lebih terhubung dan hidup lebih sederhana.

Bahasa simplenya, T Intouch ini mengkoneksikan antara mobil dan pemiliknya, melalui perangkat telematika yang dipasang di kendaraannya. Perangkat telematika ini dapat membaca data dari kendaraan tersebut.

T Intouch bekerja dengan memanfaatkan sebuah modul di dalam mobil yang juga dilengkapi GPS. Dirinya menambahkan layanan T Intouch bersifat langganan. Pembeli mobil baru Toyota bisa menggunakannya secara gratis selama tiga tahun pertama setelah pembelian. Tetapi mesti membayar biaya langganan jika ingin tetap menikmati layanannya pada tahun-tahun berikutnya. “Itu gratis selama tiga tahun. Biaya selanjutnya tak mahal, sekitar Rp 1 jutaan,” katanya.

Oh ya, saat ini teknologi telematika T Intouch hadir pada seluruh type New Camry dan All New Veloz type Q & Q TSS, dan All New Avanza type G TSS. Ke depannya, guna memberikan solusi mobilitas total bagi pelanggan, T Intouch akan semakin diperluas penggunaannya baik dari sisi penambahan model kendaraannya maupun penambahan fitur-fiturnya. (RAJU FEBRIAN/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”