Belanja di Shopee Kena Biaya Layanan Rp 1.000, Begini Hitung-hitungannya

ulinulin.com – Setelah Tokopedia, giliran Shopee menerapkan biaya layanan mulai 23 Oktober 2022 pukul 00.00 WIB. Biaya layanan ini untuk pengembangan teknologi agar bisa melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.

“Biaya Layanan sebesar Rp 1.000 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs maupun aplikasi Shopee,” dikutip dari laman resmi Shopee, Senin (24/10/2022).

Shopee menerapkan aturan, biaya layanan ini akan dikenakan kepada pengguna yang sudah empat kali transaksi terhitung sejak memiliki akun Shopee.

Misalnya pembeli A melakukan transaksi satu kali di satu toko sebesar Rp 100 ribu, maka biaya layanan Shopee adalah Rp 1.000. Total yang harus dibayarkan Rp 101.000 per transaksi.

Kemudian pembeli B melakukan satu transaksi dari dua toko, toko pertama Rp 100.000, lalu toko kedua Rp 300 ribu. Biaya layanan yang dikenakan adalah Rp 1.000, sehingga total yang harus dibayarkan adalah Rp 401.000.

Jika ada transaksi yang dibatalkan, maka biaya layanan akan dikembalikan secara penuh. Tapi jika ada transaksi yang dibatalkan sebagian maka biaya layanan akan dikembalikan secara prorata.

Shopee juga menyebutkan untuk biaya layanan ini berbeda dan belum termasuk biaya penanganan. Biaya penanganan ini biasanya diberlakukan untuk pembayaran dengan metode tertentu seperti kartu kredit.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”