Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?

ulinulin.com

Buat Anda disarankan untuk menggunakan lampu sein saat kendaraan berada sekitar 150 meter sebelum berbelok. Namun itu juga ditentukan dengan kecepatan yang Anda tempuh, jika mengemudi di kecepatan minimal 60 km/jam, memberi tanda lampu sein dengan jarak 150 meter itu dirasa tepat.

Nyalakan lampu sein sekitar 150 meter sebelum berbelok

Jika Anda telah tepat menerapkan jarak ideal nyalakan lampu sein, sudah pasti ini akan berdampak positif dengan cara pengereman. Sehingga saat berbelok tidak akan gegabah atau melakukan rem mendadak dan mengemudi akan lebih aman. Otomatis kecelakaan bisa dihindari, pengendara atau pejalan kaki yang berada di belakang bisa mengetahui keberadaan kita. Karena kita sebagai pengemudi lebih baik melakukan pengereman dengan lembut dan aman.

Lalu bagaimana saat kita tengah mencari jalan lalu jalan tersebut telah terlewat? Jika bertemu situasi demikian, disarankan jangan langsung memberi tanda lampu sein lalu langsung berbelok. Pastikan dahulu di belakang kita tidak ada pengendara atau pejalan kaki, jika dirasa sudah aman hidupkan penanda lampu sein lalu dahului jalanan yang sudah terlewat dan menepi dengan aman.

Perhatikan kondisi sekitar sebelum melakukan manuver berbelok

Selanjutnya Anda bisa melakukan putar balik kendaraan dan menuju jalanan yang dituju dengan perlahan dengan terus menghidupkan lampu sein untuk menuju jalanan tersebut. Artinya kita sebagai pengemudi tidak perlu terburu-buru mengambil keputusan untuk langsung berbelok ya. Nah jadi sudah paham kan jarak ideal nyalakan lampu sein mobil? Semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”