Berbagai Cara Ampuh Mencegah Rambut Beruban Sejak Dini

ulinulin.com – Kemunculan rambut putih di antara rambutmu yang hitam memang tidak berbahaya. Fenomena rambut beruban tidak akan menghilangkan nyawa seseorang. Akan tetapi, rambut beruban pasti akan menimbulkan kesan “tua” meskipun usia kita belum setua yang orang lain pikirkan.

Rambut beruban bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Bahkan, saat ini uban tidak hanya muncul di rambut orang-orang yang usianya berada di kepala empat, tetapi juga anak-anak muda di usia belasan sampai dua puluhan.

Kamini akan memberikan sejumlah petunjuk untuk mencegah rambut beruban sejak dini. Dengan cara-cara yang akan kami bagikan berikut ini, kamu bisa melakukan pencegahan agar rambutmu tidak memutih terlalu banyak.

Perawatan Sehari-hari

Meskipun uban bukan suatu hal yang berbahaya tapi tetap saja kita merasa risih dengan keberadaannya. Jika kamu termasuk orang yang ingin mencegah uban secara serius, coba lakukan sejumlah perawatan sederhana.

Nggak perlu ke salon untuk melakukan perawatan mencegah uban, cukup lakukan sejumlah perawatan berikut ini:

    Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Apa hubungan antara kebersihan kulit kepala dengan tumbuhnya uban? Tentu saja kedua hal tersebut ada hubungannya. Kulit kepala yang tidak bersih akan memicu timbulnya ketombe. Nah, ketombe adalah salah satu faktor penyebab tumbuhnya uban. Jadi, keramas lah selambat-lambatnya dua hari sekali untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih.

    Pijat Rambut dengan Minyak Alami

Kalau kamu pernah merasakan kenikmatan creambath, kamu pasti tahu bahwa pijatan yang diberikan oleh si terapis sangat menenangkan. Ketenangan yang diperoleh saat creambath dapat menghindari stres yang notabene adalah penyebab rambut beruban.

Selain melakukan creambath di salon, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan produk yang terdapat dalam artikel merk creambath yang bagus. Opsi lain adalah menggunakan minyak alami, seperti minyak zaitun atau minyak kemiri.

    Lakukan Perawatan Rambut Rutin

Sebagian orang pasti malas jika harus melakukan perawatan rambut sendiri. Alhasil, mereka lebih memilih merogoh kocek besar untuk melakukan perawatan di salon. Padahal, perawatan rambut di rumah juga bisa mencegah tumbuhnya uban, lho.

Bagi kamu yang ingin melakukan home treatment untuk rambutmu, mulailah dengan memilih shampo yang tepat, conditioner, dan rutin memakai vitamin rambut. Temukan vitamin rambut terbaik dalam artikel merk vitamin yang bagus.

Semua perawatan sehari-hari ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selain lebih ekonomis, perawatan di rumah juga memudahkanmu memilih produk atau bahan yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Makanan untuk Mencegah Rambut Beruban

Tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang diklaim dapat menjadi makanan pencegah rambut beruban? Meskipun tidak seratus persen mencegah uban, makanan-makanan ini dapat menghambat pertumbuhan uban, lho.

Ingin mulai mengkonsumsi makanan untuk mencegah uban? Yuk, langsung simak daftar makanannya di bawah ini:

    Makanan Kaya Zat Besi dan Tembaga

Menurut sebuah penelitian yang terdapat dalam jurnal Biological Trace Element Research tahun 2012, kemunculan uban di usia dini terjadi pada orang-orang yang memiliki kandungan zat besi dan tembaga yang rendah di dalam tubuhnya.

Tembaga berperan sebagai pembantu berbagai jenis enzim di dalam tubuh. Sementara itu, zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah. Seseorang yang kekurangan asupan dua jenis mineral ini memiliki risiko rambut beruban yang lebih banyak.

Makanan yang mengandung tembaga antara lain adalah kerang, tiram, hati sapi, hati ayam, dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan yang tinggi zat besi adalah lentil, bayam, dan daging sapi.

    Makanan Tinggi Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang bisa mencegah risiko rambut beruban. Setiap hari, remaja dan dewasa membutuhkan 2,4 mikrogram Vitamin B12.

Kamu bisa memperoleh asupan Vitamin B12 dari sejumlah makanan, seperti jeroan ayam atau sapi, telur, dan kerang. Namun, konsumsi lah dalam porsi yang secukupnya agar makanan-makanan tersebut tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

    Makanan dengan Kandungan Vitamin B9

Fungsi Vitamin B9 di dalam tubuh adalah membantu Vitamin B12 memproduksi DNA dan RNA untuk membentuk sel darah merah. Akan tetapi, selain itu fungsi Vitamin B9 juga memproduksi metionin, asam lemak yang menjaga warna rambut alamimu.

Kekurangan asupan Vitamin B9 sudah jelas dapat meningkatkan jumlah uban di rambutmu. Jadi, kalau tidak ingin rambutmu beruban sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan Vitamin B9, seperti asparagus, kacang-kacangan, nasi putih, bayam, buncis, dan sereal.

Makanan-makanan ini tidak mutlak mencegah kemunculan uban pada rambutmu. Namun setidaknya makanan-makanan ini akan menghambat pertumbuhan uban atau mengurangi jumlah uban di rambutmu.

Kebiasaan untuk Mencegah Uban

Meskipun faktor penyebab terbesar kemunculan uban adalah genetika, tetapi kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari turut berpotensi meningkatkan pertumbuhan uban. Tanpa kita sadari, kebiasaan yang nampak lumrah dan nikmat sudah ikut menyumbang jumlah uban di rambutmu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”